Mengenal Bahan Nubuck Pada Sepatu

Jakarta, Shoes and Care - Seringkali kita sulit membedakan antara sepatu berbahan suede atau berbahan nubuck. Karena sepintas terlihat sama. Supaya kita tidak lagi keliru untuk membedakan antara keduanya, mari kita mengenal bahan nubuck pada sepatu.

Berdasarkan sumber https://bestleather.org/ Nubuck memiliki rasa yang mirip dengan suede tetapi lebih tahan lama karena berasal dari bagian atas kulit. Bahan satu ini memiliki tampilan dan nuansa yang bagus dan digunakan untuk berbagai macam produk. Ini menyatukan beberapa kualitas terbaik di antara berbagai jenis kulit.

Dalam proses pembuatan nubuck, menggunakan lapisan luar (top-grain) dari kulit anak sapi. Lpisan  butirab atas lebih keras dan lebih tangguh daripada lapisan dalam, sedangkan suede menggunakan lapisan bagian dalam dari kulit sapi. Namun, karena mungkin memiliki tanda dan cacat yang terlihat, butiran atas diampelas dan digosok di bagian luar untuk memberikan tampilan yang konsisten. Proses pengamplasan menyisakan sedikit serat protein pendek, memberikan hasil akhir seperti beludru pada kulit. Untuk menyembunyikan cacat yang tersisa di permukaan nubuck, nubuck diwarnai.

Bicara mengenai kualitas, karena nubuck terbuat dari top-grain leather atau lapisan luar dari kulit anak sapi, maka lebih tahan lama dan tangguh dibandingkan dengan suede. Nubuck juga lebih tahan lama daripada kulit bicast atau boned leather yang tidak mempergunakan bagian atas kulit. Namun, lebih rentan terhadap kotoran dan noda dibandingkan dengan kulit lainnya karena permukaannya yang kasar. 

Untuk perihal tampilan, setelah proses penyikatan atau pengaplasan untuk memberikan kesan dan tampilan seperti beludru, kulit nubuck dapat diwarnai dengan warna apa saja. Lembut saat disentuh dan mudah tergores. Menggosok permukaan nubuck dapat membuat warna berubah seiring dengan perubahan arah serat pendek. Terkadang nubuck dapat mengembangkan patina atau perubahan warna pada lapisan kulit yang terjadi seiring waktu, dengan penggunaan yang lama. 

Nubuck dan suede memiliki rasa dan tampilan yang sama, tetapi dalam hal daya tahan dan ketebalan, nubuck lebih unggul. Nubuck lebih tebal dan kuat karena terbuat dari sisi luar kulit, itulah sebabnya harganya lebih mahal dari suede. Bukan hanya untuk sepatu, nubuck juga ideal untuk digunakan pada jaket, dompet, tas bahkan furniture.

Semoga informasi di atas dapat menambah pengetahuan kalian. Bagi kalian yang memiliki sepatu berbahan nubuck atau pun suede jangan ragu untuk cuci di Shoes And Care, karena sepatu kalian akan diperlakukan secara profesional ! Have a good day.

Postingan terbaru