Mengapa Sepatu Air Jordan Sangat Populer?

Jakarta, Shoes and Care - Air Jordan merupakan salah satu sneakers yang sangat digemari belakangan ini. Selama 38 tahun, Air Jordan berhasil mendominasi pasar sneakers Amerika Serikat hingga seluruh dunia. Sepatu dengan siluet Swoosh besar di setiap sisinya ini kerap digunakan sebagai salah satu penunjang status sosial dalam masyarakat, khususnya bagi yang memiliki hobi mengoleksi sneakers. Produk Air Jordan membuat orang yang memakainya merasa bangga dan percaya diri meskipun harus di beli dengan harga yang tidak murah. Hebatnya lagi, tren sepatu ini tidak pernah surut termakan zaman meskipun semakin banyaknya brand dan model sneakers lainnya yang mengisi persaingan pasar sneakers

 

Sebenarnya, mengapa Air Jordan begitu populer? Mari kita bahas.

 

Michael Jordan Effect

 

Mari kita bahas sedikit sejarah awal dari Air Jordan. Semua bermula dari pemain basket bernomor punggung 23 dari tim Chicago Bulls bernama Michael Jordan yang menjadi ikon dunia dalam industri bola basket dan dinobatkan sebagai salah satu pemain terhebat yang pernah ada. Pada tahun 1984, Nike mendaftarkan Michael Jordan, yang pada saat itu menjadi rookie di NBA, untuk kesepakatan sponsorship sebesar $500.000 dengan kontrak selama satu tahun. Nike ingin memperluas kehadirannya di pasar olahraga bola basket, dan Michael Jordan “MJ” merupakan pemain yang dianggap cocok dengan filosofi dan ambisi Nike. 

 

Air Jordan 1 pertama kali dirilis pada tahun 1985 dan langsung mendorong Air Jordan menjadi primadona dunia sneakers dan sepatu olaraga, khususnya olahraga bola basket. Sebelum terjadinya kontrak kerja sama antara Nike dengan Michael Jordan, Converse merupakan brand yang terdepan dalam urusan sepatu basket dan olahraga lainnya. Namun publik sudah mulai bosan karena semuanya serba putih atau serba hitam, tanpa warna atau desain unik untuk menarik perhatian publik. 

 

Memiliki Kualitas yang Tinggi

 

Air Jordan juga terkenal akan kualitas dan material yang digunakan sebagai konstruksi sepatunya. bahan berkualitas sangat tinggi seperti kulit anak sapi full-grain dan bagian atas menggunakan kulit premium seperti yang digunakan pada sepatu boot. Bahkan, Air Jordan 1 memilki bantalan ekstra dan penyangga kaki agar orang yang menderita taji tumit dan plantar fasciitis merasa nyaman menggunakan sepatu ini. Meskipun Air Jordan memiliki harga yang tidak murah, banyak orang beranggapan bahwa kualitas yang ditawarkan sangat sebanding dengan harga yang diberikan. Sepatu ini dirancang dengan mempertimbangkan gaya dan performa, menjadikannya menarik bagi para atlet dan konsumen yang sadar akan tren fashion.

 

Tren yang Tidak Termakan Zaman

 

Banyak selebriti, atlet, aktor maupun orang-orang terkenal lainnya mengenakan sepatu ini sebagai bagian dari gaya berpakaian mereka. Dengan demikian, Air Jordan menjadi sepatu yang akan selalu diingat dan dicari orang ketika seseorang yang terkenal membeli sepasang sneakers yang bagus. Selain itu, sepatu ini menjadi tren yang tidak pernah surut bersamaan dengan desainnya yang tidak termakan oleh zaman. Air Jordan secara konsisten merilis versi baru dan versi edisi terbatas sepatu yang berhasil menciptakan budaya hype dan eksklusivitas dalam dunia sneakers. Kita masih bisa melihat orang-orang dari segala usia dan budaya mengenakan Air Jordan ini dengan tren fashion yang berbeda - beda, bahkan orang yang bukan penggemar bola basket pun mungkin akan sulit menolak sepatu yang keren dan stylish ini. Dengan kombinasi kualitas, reputasi, pemasaran, dan dampak budaya telah menjadikan Air Jordan sebagai simbol status dan kesuksesan bagi banyak konsumen yang semakin meningkatkan popularitas mereka.

 

Gimana? Tertarik untuk membeli sneakers keren ini?

Postingan terbaru