Jenis Bahan Sepatu yang Perlu Kamu Ketahui!

Jakarta, Shoes and Care - Jika kita membahas tentang tren fashion yang sedang ramai sekarang,  rasanya kurang lengkap jika tidak dilengkapi dengan sepatu yang sesuai. Sepatu merupakan fashion item yang sering kita gunakan untuk melindungi kaki ketika sedang berjalan maupun berlari. Nah, jenis-jenis sepatu pun juga bervariatif. Contohnya seperti sneakers, loafers, derby, wedges, dan lain sebagainya. Selain jenis yang bervariatif, bahan yang digunakan untuk membuat sepatu pun bermacam-macam. Berikut beberapa jenis bahan-bahan sepatu yang harus ketahui!

Kulit 

Bahan kulit untuk sepatu dibedakan menjadi dua, yaitu kulit asli (genuine leather) dan kulit sintetis (faux leather). Bahan kulit biasanya terbuat dari bahan kulit hewan, seperti kulit kambing, sapi, babi atau domba. Jika dilihat secara sekilas, tidak terlalu terlihat perbedaan antara kulit asli dengan kulit sintetis. Namun, kulit asli memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan kulit sintetis. Berbeda dengan kulit sintetis yang lebih halus dan memiliki tekstur yang rata. Dari segi daya tahan, jenis bahan kulit asli memiliki daya tahan yang sangat lama dan lebih kuat dibandingkan dengan bahan kulit sintetis.

Suede 

Bahan suede merupakan bagian dari jenis bahan kulit, namun memiliki tekstur permukaan yang lebih lembut. Tekstur lembut ini didapat dari bagian belakang kulit yang dipisahkan dari permukaannya. Sepatu yang terbuat dari suede memiliki kesan yang menarik dan dapat digunakan untuk acara non formal dan casual. Asal sumber bahan suede juga memiliki kesamaan dengan bahan sepatu kulit, seperti babi, domba, kambing hingga sapi.

Nubuck

Bahan nubuck sekilas memiliki bahan dasar yang sama dengan bahan kulit suede, namun perbedaannya bahan nubuck memiliki tekstur yang lebih halus dari bahan suede. Permukaan Nubuck yang lembut membuat warna sepatu lebih solid yang secara signifikan membuatnya berbeda dengan sepatu mengkilat karena menggunakan bahan kulit jenis Full Grain atau Brush-Off.

Karet

Bahan karet merupakan jenis bahan sepatu yang sintetis dan non kulit. Kita tentu sudah mengetahui bahwa karet berasal dari getah pohon karet yang diolah sedemikian rupa hingga menghasilkan bahan karet yang bisa dijadikan bahan pembuatan sepatu. Sepatu terbuat dari yang bahan karet memiliki daya tahan yang kuat, lentur dan tahan air.

Kanvas

Sepatu berbahan dasar kanvas sangat sering kita jumpai sebagai sepatu lukis atau sepatu sekolah pada umumnya. Bisa dikatakan bahwa sepatu yang memiliki bahan kanvas sangat nyaman, ringan dan juga sangat kasual sehingga cocok dipakai untuk bersantai. Selain ringan, sepatu ini memiliki tekstur yang berserat dan mudah menyerap sehingga sangat mudah untuk berkreasi lukis menggunakan sepatu berbahan ini. Untuk saat ini, merk sepatu yang konsisten menggunakan bahan kanvas adalah brand Converse.

Denim

Bahan denim merupakan bahan yang sekilas menyerupai bahan kanvas, namun memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar. Biasanya kita mengenal denim untuk membuat celana jeans, namun denim juga dipakai dalam pembuatan sepatu, khususnya sneakers. Sepatu yang memiliki bahan denim umumnya berwarna biru, abu-abu dan hitam.

Mesh

Bahan mesh yang merupakan sejenis kain sintetis dengan lubang-lubang kecil untuk aliran udara masuk sehingga membuat kaki bisa bernapas dan nyaman. Bahan mesh terbuat dari kombinasi bahan mesh sintetis, kulit dan karet. Bahan mesh biasanya digunakan beberapa jenis alas kaki seperti sepatu lari, sepatu jalan, sepatu atletik, sepatu kasual, cross-training shoes yang biasa digunakan pada aktivitas angkat berat atau aerobic, sendal hingga high-tops. Sepatu berbahan mesh menggunakan bahan sintetis yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kulit atau bahan turunan hewani lainnya.

 

Seperti halnya merawat kulit, merawat sepatu pun memiliki cara yang berbeda-beda tergantung pada bahannya. Nah bagi kamu yang belum mengerti cara merawat sepatu dengan bahan-bahan diatas, langsung saja bawa sepatumu ke Shoes and Care terdekat!

Postingan terbaru