Inilah Alasan Mengapa Brand Lokal Tidak Bisa Diremehkan!

Jakarta, Shoes and Care - Industri sepatu lokal di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir! Sebenarnya bukan hanya pabrikan sepatu lokal saja yang mengalami revolusi, namun hampir semua sektor produk dan industri kreatif lokal juga semakin terasa kemajuannya berkat kolaborasi antara entrepreneur dalam negeri dengan dukungan dari pemerintah. Nah, sekarang ini sepatu lokal sudah tidak bisa diremehin lagi nih! Brand sepatu lokal yang awalnya dianggap sebagai “pilihan kedua” bahkan lebih buruk lagi, kini bisa unjuk gigi menjadi pilihan utama para sneakerhead dan menjadi kekuatan baru dalam perkembangan perekonomian Indonesia. Tapi, kemajuan ini pun tidak bisa melangkah lebih jauh lagi tanpa dukungan teman-teman dan seluruh masyarakat Indonesia yang sudah pede dengan produk dalam negeri. Maka itu, kita sebagai masyarakat Indonesia harus mendukung penuh momentum ini dengan mulai membeli brand-brand lokal termasuk sepatu. Kalau belum yakin, berikut 4 alasan mengapa brand sepatu lokal sudah harus kamu pertimbangkan untuk dibeli!

Mendukung Perekonomian Dalam Negeri

Alasan utama dari kenapa kamu harus mempertimbangkan membeli sepatu brand lokal adalah kamu bisa mendukung kemajuan perekonomian dalam negeri. Dengan membeli dan beralih ke brand lokal, secara tidak langsung kamu memberdayakan para produsen lokal. Membuka peluang bisnis yang lebih maju, serta membantu mereka untuk membuka lapangan pekerjaan yang lebih besar. Semakin banyak orang yang membeli dan mendukung industri kreatif dalam negeri, maka semakin besar peluang industri lokal untuk terus maju hingga kancah internasional. Nah, sama saja kamu membela negara kamu ke arah yang lebih positif, bukan? 

Harga Lebih Murah, Tapi Berkualitas

Salah satu stigma negatif mengenai sepatu brand lokal yang saat ini masih melekat adalah “harga murah pasti kualitasnya jelek”. Hal ini sudah bisa terbantahkan sekarang sekarang ini bro! Seiring perkembangannya, industri sepatu lokal Indonesia semakin mampu meningkatkan kualitas dari produknya. Brand lokal sudah memahami pentingnya menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi dan mengadopsi standar produksi yang tinggi, jadi kualitasnya sangat bisa disandingkan dengan produk-produk luar. 

Meskipun harga yang ditawarkan terbilang lebih murah, namun kualitasnya sudah sangat bisa disandingkan dengan brand impor. Sebagai contoh Sepatu Kanky yang berada di range harga 150 sampai 300 ribuan. Dengan harga segitu, Sepatu Kanky tetap menawarkan kualitas yang “kelewat” bagus untuk harga segitu. Banyak brand lain yg sama bagusnya seperti Sepatu Kanky, macam Piero, Patrobas, dan lainnya. Beragam pilihan sepatu lokal dengan kualitas wahid ini, maka sudah seharusnya kamu untuk mendukung penuh kemajuan mereka dengan membeli produk yang mereka hasilkan.

Inovasi dan Desain

Jangan salah, poin ini sudah terjadi di produk-produk lokal kebanggaan kita. Sudah banyak sekali brand sepatu lokal yang mengeluarkan inovasi yang kreatif dan maju sehingga tidak kalah oleh produk dari luar. Begitu juga dengan desain yang mereka buat, meskipun masih ada beberapa yang menganut “ATM” (Amati, Tiru, Modifikasi) namun sebagian besar sepatu brand sepatu lokal telah menyadari bahwa penting sekali untuk memperhatikan tren mode terbaru dan keinginan konsumen sehingga mereka harus menciptakan sesuatu yang baru dan berpotensi mendatangkan persaingan yang kompetitif dalam hal desain dan inovasi pada produk.

Brand lokal mulai memperkenalkan teknologi canggih dalam desain sepatu mereka, seperti teknologi penyangga kaki yang lebih baik, sol yang lebih fleksibel, atau material yang lebih ringan namun tetap tahan lama. Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dari si pemakai produk, tetapi juga menciptakan sepatu yang lebih fungsional dan sesuai dengan kebutuhan sehari-hari. Lalu dalam hal desain yang unik dan beragam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi sepatu brand lokal. Mereka seringkali menampilkan karakter lokal dalam desain mereka, baik melalui motif, warna, atau bentuk yang terinspirasi dari budaya yang sedang tren atau bisa juga mengangkat budaya lokal. Prinsip desain ini menciptakan identitas yang kuat bagi merek lokal dan membedakan mereka dari pesaing internasional.

Rajin Menjalin Koneksi dengan Komunitas Lokal

Satu hal yang menjadi tren positif yang sekarang digeluti brand lokal ada mereka rajin membuat sebuah community dimana mereka bisa menjalin komunikasi dan koneksi yang kuat antara brand dengan konsumennya. Sekarang ini, brand lokal telah banyak melibatkan para konsumennya mereka untuk turut berkontribusi terhadap perkembangan mereka dan itu bagus sekali. Membangun koneksi yang kuat ini bertujuan untuk lebih memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, insight tentang tren yang sedang berjalan hingga saran mengenai tindakan apa yang bisa memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa kamu harus mulai beralih ke brand lokal. Sebenarnya, semua kembali lagi ke preferensi masing-masing ingin memakai brand apa. Namun ada baiknya jika kamu mau dan memiliki tekat mendukung kemajuan perekonomian negara, maka kamu mempertimbangkan membeli dan menggunakan produk hasil negeri. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru