Fakta Menarik Sejarah Sepatu yang Jarang Diketahui

Jakarta, Shoes and Care - Sebagai pecinta sepatu tahukah kalian sejak awal sepatu mulai dibuat manusia hingga saat ini terhitung sepatu telah ada selama 40.000 tahun lamanya. Karena sejarahnya yang telah lama mengikuti perkembangan kehidupan manusia. Ternyata ada fakta-fakta menarik terkait dengan sejarah sepatu yang jarang diketahui oleh banyak orang. Bersumber dari https://rwrant.co.za/ dan https://allthatsinteresting.com/ berikut adalah fakta-fakta menarik tersebut :

  • Hingga tahun 1850 sepatu dibuat lurus, artinya tidak ada perbedaan antara sepatu kanan dan kiri. Menjelang abad ke-20, pembuat sepatu meningkatkan kenyamanan dengan membuat sepatu khusus kaki. 
  • Sepatu hak pertama dipakai oleh pria. Sepatu hak pertama dibuat di Persia kuno untuk para penunggang kuda yang ingin tetap aman dan stabil disaat menunggangi kuda di atas sadel, sewaktu mereka bertanding. Belakangan gaya alas kaki ini menjadi popular di kalangan kelas atas Eropa dan menjadi simbol status sosial (berkat penyebaran pengaruh Persia). Adalah fakta bahwa sepatu hak tidak umum dalam hal sepatu untuk pria akhir-akhir ini, tetapi pad satu titik mereka dikenakan oleh kedua jenis kelamin. 
  • Tali sepatu telah digunakan selama berabad-abad lamanya, jauh sebelumnya secara resmi ditemukan ketika dipatenkan oleh Harvey Kennedy pada tahun 1970 karena adanya contoh tali pada alas kaki abad pertengahan yang berasal dari abad ke-12. Kennedy juga penemu aglet yaitu benda plastic kecil di ujung tali sepatu.
  • Sepatu sneakers menjadi internasional pada tahun 1923 ketika seorang Jerman membuat sepatu sneakers dan menamainya dengan namanya sendiri. Sneakers itu adalah Adidas, singkatan dari Adi Dassler. Mereka ini telah menjadi penjual sepatu atletik terbesar di dunia. Adidas menjadi terkenal setelah Jessie Owens memenangkan 4 medali emas, saat mengenakan Adidas selama olimpiade 1936 di Berlin.
  • Sepatu Dr. Martens pada awalnya dianggap sebagai sepatu boot para pria pekerja yang praktis karena memiliki sol yang memiliki bantalan udara. Sepatu Dr. Martens dibuat oleh Dr. Maertens dan temannya yang bernama Dr. Funck. Mereka menemukan sol sepatu dengan bantalan udara. Produsen sepatu boot Inggris merilis sepatu tersebut pada tahun 1960. Sepatu ini dipasarkan kepada pekerja pria sebagai alas kaki yang dapat diandalkan dan menjadi popular pada tahun 1970-an diantara penentangan budaya Inggris dan gerakan musik punk.
  • Sepatu kulit tertua diketahui ditemukan pada tahun 2008 di Armenia. Sepatu itu disebut Areni-1 dan meskipun berusia sekitar 5.500 tahun, sebenarnya ditemukan dalam kondisi yang sangat baik.

Bagi kalian pecinta sepatu semoga semua hal di atas dapat menambah pengetahuan kita semua mengenai fakta menarik sejarah sepatu yang sangat panjang.

Postingan terbaru