Customer dan Consumer: Definisi, Jenis, dan Perbedaannya

Jakarta, Shoes and Care - Ketika sedang membangun atau meningkatkan produktivitas bisnis, sangat penting untuk mengetahui dan memahami lebih lanjut perbedaan antara Customer dengan Consumer. Pada dasarnya, Customer adalah Consumer. Namun, terdapat beberapa kasus di mana ada perbedaan yang mencolok antara keduanya. Mempelajari perbedaan antara Customer dengan Consumer lebih lanjut dapat membantu bisnis menyusun strategi yang lebih matang, komunikasi yang lebih baik, aktivitas pemasaran yang efisien, dan lain sebagainya.

 

Siapa itu Customer dan Consumer?

 

Pertama, mari kita pelajari arti dari Customer dan juga Consumer. Customer atau pelanggan adalah setiap individu yang membeli suatu produk dari penjual. Bisa dikatakan, Customer membeli suatu produk atau layanan dari penjual dan berpotensi menjadi pengguna akhir (end user). Keberadaan Customer tentu memiliki nilai yang sangat penting bagi keberlangsungan bisnis. Selain sebagai sumber pendapatan, Customer merupakan sebuah paramater penilaian kepuasan terhadap produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan. Dengan begitu, perusahaan bisa meningkatkan kualitas dari produk atau layanan yang mereka berikan kepada Customer.

Sedangkan Consumer atau konsumen merupakan mereka yang menggunakan atau mengkonsumsi suatu produk atau layanan. Dengan kata lain, Consumer adalah pengguna akhir dalam rantai distribusi barang dan jasa yang membeli atau menyewa suatu produk untuk penggunaan pribadi dan tidak untuk dijual kembali. 

 

Jenis-Jenis Customer

 

Berdasarkan laman byjus.com, disebutkan bahwa jenis-jenis Customer adalah sebagai berikut:

  1. Loyal Customer (Pelanggan Setia): Pelanggan yang membeli produk atau jasa secara berulang karena puas dengan produk atau jasa tersebut.
  2. Discount Customers (Pelanggan Diskon): Pelanggan yang membeli ketika ditawari diskon atau hanya membeli barang-barang jika harganya sedang murah.
  3. Need-Based Customers (Pelanggan Berbasis Kebutuhan): Pelanggan yang hanya membeli produk yang mereka butuhkan.
  4. Wandering Customers (Pelanggan yang Berkeliaran): Pelanggan yang tidak tahu apa yang harus dibeli.
  5. Impulsive Customers (Pelanggan Impulsif): Pelanggan yang sulit diyakinkan karena cenderung tidak memilih produk tertentu. Pelanggan ini akan membeli produk atau jasa yang menurut nya bermanfaat pada saat itu.

 

Jenis-Jenis Consumer

 

Selain Customer, Consumer juga memiliki beberapa jenis sebagai berikut:

  1. Commercial Consumer (Konsumen Komersial): Konsumen yang membeli barang dalam jumlah yang besar.
  2. Extroverted Consumer (Konsumen Ekstrovert): Konsumen yang lebih suka merek yang unik dan tidak pasaran.
  3. Inferior Goods Consumer (Konsumen Barang Inferior): Konsumen yang memiliki keterbatasan pendapatan dan membeli barang dengan harga murah.
  4. Discretionary Spending Consumers (Konsumen Pengeluaran Diskresi): Konsumen yang memiliki kebiasaan membeli sesuatu unik dan kemudian membeli dengan jumlah yang banyak.

 

Perbedaan Customer dan Consumer

 

Mari kita ulas beberapa perbedaan antara Customer dengan Consumer. Biasanya, Customer atau pelanggan membeli produk untuk jual kembali atau nantinya dapat menjadi pengguna akhir dari produk atau layanan (end user). Hal ini berbeda dengan Consumer atau konsumen yang tidak menjual kembali suatu produk atau layanan, melainkan untuk digunakan untuk kepentingan pribadi sesuai dengan kebutuhannya.

Customer membayar harga produk atau jasa yang ia dapatkan, namun ia juga bisa memperolehnya kembali dari pihak lain dengan menjualnya kembali. Sebaliknya, Consumer tidak akan membayar harga produk seperti jika barang tersebut diberikan untuknya. Contohnya seperti mainan atau makanan yang dibelikan oleh orang tua ke seorang anak. Dalam contoh ini, orang tua merupakan bagian dari Customer, sedangkan sang anak adalah Consumer. Terakhir, berdasarkan dalam kelompok target pasar. Customer bisa berupa perorangan atau perusahaan, sedangkan Consumer bisa berupa individu, keluarga atau kelompok.

Dapat disimpulkan bahwa perbedaan utama antara Consumer dan Customer adalah setiap orang yang membeli produk atau layanan disebut sebagai Customer, sedangkan orang yang menggunakan atau mengkonsumsi produk atau layanan disebut Consumer

Semoga bermanfaat ya!

Postingan terbaru