Cara Menjaga Kesehatan Jantung Dengan Baik

Jakarta, Shoes and Care - Jantung merupakan organ tubuh kita yang sangat vital. Jantung memiliki fungsi untuk mengalirkan darah yang penuh dengan oksigen menuju seluruh tubuh. Tidak hanya oksigen, jantung juga akan mengalirkan darah yang berisi dengan segala jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu jantung yang sehat dan normal akan membantu kelangsungan hidup menjadi lebih baik. Jantung bekerja terus-menerus di dalam tubuh manusia untuk memompa darah dan mengalirkan darah menuju seluruh tubuh. Jantung mengalirkan 14.000 liter darah pada orang dewasa setiap hari. Walaupun ukurannya tidak terlalu besar, jantung menjadi organ yang vital dalam tubuh. 

Jika kita ingin menjaga kesehatan jantung kita dengan baik, alih-alih melakukan perubahan besar, kalian dapat meningkatkan dan menjaga kesehatan jantung dengan serangkaian perubahan kecil. Bersumber dari https://www.health.harvard.edu/ berikut beberapa caranya:

  • Jalan Kaki

Jika kalian tidak pernah berolahraga sama sekali, jalan kaki singkat adalah cara yang bagus untuk memulainya. Jalan kaki selama 10 menit merupakan cara yang baik untuk mengawali kegiatan olahraga sederhana yang sebelumnya kalian tidak pernah lakukan. Sehingga secara sederhana kalian melakukan perubahan gaya hidup dengan memasukkan kegiatan ini sebagai aktivitas olahraga ringan untuk dilakukan setiap harinya. 

  • Makan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran tidak mahal, rasanya enak dan baik untuk seluruh organ dari otak hingga usus kalian. Dibandingkan dengan cemilan berpengawet, akan lebih baik jika kalian mengkonsumsi satu buah atau sayuran ekstra setiap harinya. 

  • Mulai Menghitung Jumlah Kalori Saat Sarapan

Mulailah hari dengan beberapa buah, satu porsi biji-bijian seperti oatmeal atau roti gandum panggang.

  • Stop Minum-minuman Tinggi Kalori

Dengan tidak lagi meminum minuman berkalori tinggi seperti satu kaleng soda atau pun latte dalam satu hari sama saja seperti mengurangi 100 kalori atau lebih per harinya. Jika selama satu tahun dilakukan itu sama seperti mengurangi berat badan sebanyak 4,5 Kg.

  • Makan Segenggam Kacang

Memakan segenggam kacang seperti kenari, almond, kacang tanah dan kacang-kacangan lainnya baik untuk jantung. Kalian dapat menjadikan kacang-kacangan sebagai pengganti daging dalam pasta atau pun hidangan lainnya.

  • Makan Ikan

Makanlah ikan atau jenis makanan laut lainnya sebagai pengganti daging merah satu minggu sekali. Karena ini baik untuk jantung, otak dan lingkar pinggang.

  • Menarik Napas Dalam, Bernapas Perlahan dan Dalam

Cobalah untuk bernapas perlahan dan dalam selama beberapa menit dalam sehari. Hal ini dapat membantu kalian untuk rileks. Pernapasan yang lambat juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  • Relaksasi dan Bersyukur

Luangkan waktu setiap hari untuk bersyukur atas berkah dalam hidup adalah salah satu cara untuk memanfaatkan emosi positif. Ini berkaitan dengan kesehatan yang lebih baik, umur yang lebih panjang, kesejahteraan yang lebih baik. Sedangkan kebalikannya, emosi negatif seperti kemarahan kronis, kekhawatiran dan permusuhan berkontribusi pada tekanan darah tinggi dan penyakit jantung.

Semoga kita semua senantiasa tetap dalam keadaan sehat dan bugar ya

Postingan terbaru