Cara Memulai Jasa Bisnis Cuci Sepatu Bagi Pemula

Cara Memulai Jasa Bisnis Cuci Sepatu Bagi Pemula - Jasa cuci sepatu terdekat untuk sekarang ini masih susah ditemukan, tetapi dengan semakin banyaknya tren dengan mengoleksi sepatu kebutuhan dalam memberikan perawatan juga semakin mengalami peningkatan. Sesungguhnya peluang bisnis yang satu ini sangat layak untuk dipertimbangkan. 

Masyarakat untuk sekarang ini sudah banyak yang tergugah untuk menjalankan bisnis yang satu ini. Pertanyaan untuk saat ini adalah bagaimana cara membuka jasa laundry sepatu yang paling tepat. Sebenarnya membuka bisnis cuci sepatu ini tidak jauh berbeda dengan bisnis laundry, jasa cuci tas. Tetapi supaya lebih jelas maka Anda bisa melakukan beberapa hal seperti di bawah ini. 

Hal – hal yang Harus dipersiapkan untuk Membuka Tempat Laundry Sepatu

Walaupun jasa pencucian sepatu ini tidak akan jauh berbeda dengan jasa cuci pakaian, tetapi masih terdapat beberapa hal yang berbeda. Misalnya seperti jenis mesin cuci yang akan dipakai beserta deterjen yang akan digunakan nantinya. Berikut adalah cara sukses untuk membuka jasa cuci sepatu terdekat :

1.Melakukan analisis dari prospek bisnis tersebut

Sebelum kita memutus untuk membuka tempat repaint sepatu akan lebih jika melakukan analisis secara sederhana lebih dahulu apa bisnis tersebut mempunyai prospek yang baik di tempat Anda tinggal. Supaya mendapatkan data yang akurat, analisis prospek bisnis ini dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, mengumpulkan data, survei lapangan, dan mengumpulkan data menggunakan berbagai metode yang lainnya. Sebagai seorang pebisnis yang masih pemula dari segi kemampuan serta modal yang masih sangat terbatas, maka cara paling mudah adalah melakukan pengamatan dan observasi langsung di sekitar tempat tinggal Anda. Para pelanggan dari tempat laundry sepatu terdekat umumnya adalah mahasiswa, para siswa, pekerja kantoran, dan berbagai profesi lainnya yang sangat sering dalam menggunakan sepatu ini. Jika di tempat Anda tinggal jumlahnya banyak, maka dapat disimpulkan jika membuka bisnis sepatu di lokasi tersebut cukup potensial. 

2. Mempersiapkan berbagai perlengkapan usaha

Tahap selanjutnya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai persiapan, seperti mempersiapkan lokasi usaha, perlengkapan, serta berbagai peralatan yang dibutuhkan. Sebagai awal Anda bisa terlebih dahulu menggunakan rumah yang Anda miliki untuk digunakan sebagai tempat usaha. Luas dari tempat jasa cuci sepatu ini harus bisa mencakup, mesin cuci, lokasi pengeringan dan penjemuran, tempat lemari sepatu maupun rak, tempat menyimpan peralatan usaha seperti detergen, pewangi dan lain sebagainya. 

3. Persiapkan peralatan dan perlengkapan untuk cuci sepatu

Ada beberapa perlengkapan dan peralatan lainnya untuk bisa menjalankan bisnis cuci sepatu ini, yaitu detergen dan juga pewangi. Proses pencucian sepatu ini akan mempunyai setidaknya tiga tahapan yaitu wet clean, dry clean, dan wet and dry. Pada tahapan wet clean dan dry clean akan membutuhkan berbagai jenis bahan kimia seperti antibacterial. Terakhir adalah proses wet and dry yang akan memerlukan sikat halus, kuas, sikat kasar, penghapus karet, kain microfiber, botol semprot dan juga suede sponge. 

Kelebihan dan Kekurangan dari Menjalankan Bisnis Cuci Sepatu

Kelebihan bisnis cuci sepatu

  1. Mudah untuk dijalankan karena tidak harus mempunyai kemampuan yang khusus. 
  2. Pasar yang luas terutama pada daerah perkotaan. 
  3. Memiliki tingkat persaingan yang rendah. 
  4. Mempunyai potensi keuntungan yang cukup besar. 

Kekurangan bisnis cuci sepatu

  1. Masih banyak orang yang tidak tahu akan keberadaan jasa cuci sepatu. 
  2. Proses dalam mencuci sepatu ini harus disesuaikan dengan bahan yang digunakan sehingga akan membutuhkan waktu yang relatif lama. 
  3. Jika salah dalam mendirikan tempat cuci sepatu murah bisa berakibat pada usaha yang tidak bisa berkembang dan mengalami banyak kerugian.

Tips Memilih Jasa Cuci Sepatu Terpercaya

Hadirnya layanan jasa cuci sepatu Shoes and Care yang sudah berdiri sejak tahun 2013 dan sudah melayani lebih dari 700.000 pair sepatu yang sudah dicuci di shoes and care. Pastinya Anda akan lebih memilih untuk menggunakan jasa tersebut, jika dibandingkan membersihkan sendiri apalagi terkadang banyak promo cuci sepatu. 

Sebelum Anda memakai jasa cuci sepatu ini lebih baik jika mengikuti tips dan trik yang ada di bawah ini :

Bahan dan alat yang dipakai

Selain harus memilih jasa tukang cuci sepatu terdekat, nantinya bahan dan juga alat yang akan digunakan menjadi bagian yang penting untuk diperhatikan. Setiap layanan jasa laundry cuci sepatu yang sudah sangat berpengalaman akan menyesuaikan dengan alat serta bahan yang dipakai dengan produk yang dibersihkan. 

Harga jasa cuci sepatu yang ditawarkan

Bagian selanjutnya adalah lihat terlebih dahulu kisaran harga yang akan ditawarkan oleh jasa layanan laundry. Setiap layanan akan memberikan untuk penawaran harga yang berbeda-beda. Itulah pentingnya untuk memperhatikan harga mana yang sekiranya paling tepat dengan budget yang Anda miliki. 

Layanan yang diberikan

Perhatian dengan baik layanan yang akan diberikan oleh jasa cuci sepatu terdekat. Perhatian apa jasa tersebut akan menerima berbagai jenis macam sepatu dengan bahan yang begitu beragam atau hanya menerima dengan bahan yang tertentu saja. 

Cari yang memberikan garansi

Perhatikan keberadaan dari layanan garansi ini, layanan yang satu ini merupakan bagian yang paling penting dan tidak boleh untuk Anda lewatkan. Jika misalnya Anda membersihkan jenis sepatu yang memiliki harga nilai yang tinggi tetapi ketika dalam proses pencucian terdapat kerusakan, maka pihak layanan tersebut bisa memberikan pertanggungjawaban. Baik itu hanya sekedar memperbaikinya atau memberikan pergantian. 

Lokasi

Lokasi ini menjadi salah satu yang harus Anda pertimbangan untuk memilih jasa cuci sepatu terdekat, supaya lebih memudahkan Anda ketika mengambil dan mengantarnya nanti sehingga tidak harus memakan banyak waktu. Walaupun lebih mudah jika Anda memilih lokasi yang paling dekat dari rumah tetapi harus tetap memilih jasa yang bisa dipercaya dan memberikan kualitas terbaik. Jangan sampai ketika Anda sudah membayar dengan harga yang mahal tetapi mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan harapan Anda nantinya. 

Apabila hal yang disiapkan terlalu repot. Alangkah baiknya untuk bermitra dengan Shoes and Care untuk memulainya. Hubungi nomor kemitraan Shoes and Care pada Whatsapp berikut +628995550079

Postingan terbaru