Cara Membedakan Kuilt Sintetis dan Kulit Asli
Bagus Adhitama| 3 weeks ago |

Cara Membedakan Kuilt Sintetis dan Kulit Asli

Cara Membedakan Kuilt Sintetis dan Kulit Asli - Sebagian orang pasti memiliki produk berbahan kulit, entah itu tas, dompet ataupun sepatu. Produk berbahan kulit menjadi pilihan tepat untuk kalian yang ingin terlihat elegan. Mungkin banyak dari kita berpikir bahwa produk berbahan kulit biasanya hanya dapat dipakai untuk kegiatan formal. Tetapi untuk saat ini produk berbahan kulit sudah berganti zaman, bahkan pada saat ini produk berbahan kulit sangat digandrungi oleh masyarakat dalam penggunaan keseharian maupun ketika digunakan saat bekerja. Bahan kulit terbagi menjadi dua, yaitu kulit sintetis dan kulit asli.

Bahan kulit sintetis adalah kulit imitasi atau buatan dan bukan berasal dari kulit hewan, kulit imitasi dibuat sedemikian rupa agar serupa dengan kulit asli. Mulai dari motif, warna atau perkembangan motif sesuai selera yang diinginkan. Penggunaan bahan kulit sintetis sudah banyak digunakan dalam menghasilkan berbagai macam barang seperti sepatu, dompet, tas, jaket, dan masih banyak lagi dalam bidang fashion. Karena dalam dunia fashion, bahan kulit sintetis sangat digemari perihal bahan kulit yang cukup murah dibandingkan kulit asli.

Bahan kulit asli adalah bahan yang dibuat dari beberapa jenis macam kulit binatang. Misalnya hewan seperti sapi, domba, ular, buaya, kuda dan sebagainya. Ciri dari kulit asli tidak bisa mengelupas, karena bahan ini terbuat dari bahan organik. Walaupun berbahan organik, kulit asli bisa mengalami penjamuran jika tertera air atau menempatkannya di tempat yang lembab dan kurangnya sirkulasi udara. Serta bahan kulit asli memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan kulit sintetis.

Jadi dengan cara apa membedakannya? Periksa Label Produk, cara membedakan antara kulit asli dan sintetis cukup dengan memeriksa label yang tertera pada produk. Jika pada label produk tertulis genuine leather maka dapat dipastikan bahwa produk tersebut terbuat dari kulit asli. Namun, jika yang tertulis pada produk adalah syntetic leather maka produk tersebut terbuat dari kulit sintetis.

Meraba Tekstur Produk, perbedaan kulit asli dan sintetis dapat kalian rasakan dengan meraba tekstur produk dengan seksama. Bahan kulit asli memiliki tekstur yang lebih kasar karena memiliki pori-pori alami. Sedangkan kulit sintetis cenderung lebih lembut dan tidak memiliki guratan. Mencium Aroma Produk, biasanya aroma pada kulit asli dan kulit sintetis memiliki perbedaan yang berbeda. Produk kulit sintetis cenderung mengeluarkan aroma bahan kimia. Sedangkan kulit asli tetap akan mengeluarkan aroma alaminya yang tidak dapat ditiru oleh kulit sintetis. Dengan membiasakan diri untuk mengenali kulit asli atau kulit sintetis, kalian akan dapat dengan mudah mengetahui perbedaannya dengan sedikit panduan di atas