Alasan Mengapa Tujuan Pemasaran Media Sosial Dibutuhkan UMKM
Digital Marketing Shoes and Care| 6 months ago |

Alasan Mengapa Tujuan Pemasaran Media Sosial Dibutuhkan UMKM

Alasan Mengapa Tujuan Pemasaran Media Sosial Dibutuhkan UMKM - Bagi para pelaku bisnis UMKM, membuat sebuah bisnis perlu perhitungan dan perencanaan yang cukup matang, supaya anggaran yang digunakan tidak terbuang sia-sia tanpa hasil. Pemilik UMKM harus tau persis anggaran yang akan dikeluarkan dan perhitungan hasil yang akan diterima seharusnya mencapai hasil yang sesuai dan maksimal. Salah satu caranya menggunakan sosial media sebagai strategi pemasaran. Tujuan pemasaran media sosial yaitu:

1. Mempermudah berinteraksi dengan customer

Sosial media menjadi akses digital yang paling mudah mendapat pelanggan, para pengguna sosial media hampir setiap waktu mengakses sosial medianya untuk mencari informasi ataupun hanya sebagai hiburan. Sosial media mempunyai daya tarik tersendiri bagi konsumen untuk berbelanja, daya visual manusia melihat gambar-gambar yang menarik dapat membangkitkan gairah konsumen untuk mendapatkan barang yang disukainya. Kemudahan dalam berinteraksi dengan penjual dapat membangun koneksi dengan pelanggan, cara tersebut merupakan tujuan pemasaran media sosial. Cara mengelola sosial media sebagai media pemasaran bisa Anda dapatkan dari sosial media marketing prakerja. 

2. Meningkatkan visibilitas brand produk

Manfaat dari platform yang Anda gunakan yakni untuk mendapatkan pengakuan dan kepercayaan dari pelanggan terhadap produk Anda. Jika bisnis yang Anda bangun masih terbilang baru dan belum ada kompetitornya, Anda bisa memulai dari mengenalkan brand dengan konten yang menarik dan mudah diingat semua orang. Sehingga Anda perlu serius dalam mengelola profil dan kepribadian dari produk Anda. Para konsumen akan langsung mempelajari produk yang Anda tawarkan di sosial media melalui profil dan konten-konten yang telah Anda buat. 

3. Meningkatkan target konsumen dan penggunaan biaya yang efektif

Media sosial dapat membantu meningkatkan target konsumen melalui konten-konten yang Anda upload. Dengan bantuan sosial media, Anda dapat mengetahui siapa saja konsumen Anda, seperti riwayat pembelian, lokasi, tingkat pendidikan, dan sebagainya. Selain itu menghemat biaya pemasaran, Anda cukup bermodalkan internet sudah bisa melakukan promosi pemasaran di sosial media, kecuali jika Anda memutuskan untuk menambah fitur iklan, tentunya memerlukan biaya tambahan. 

4. Memanfaatkan beberapa jenis platform

Penjualan tidak cukup dilakukan hanya dengan berjualan offline, dunia digital juga besar pengaruhnya untuk mendapatkan keuntungan yang banyak. Beberapa jenis platform memiliki keunggulan dan keunikannya masing-masing, pelajari dan analisis tipe-tipe konsumen dari beberapa platform tersebut dengan tujuannya menjangkau customer yang lebih luas.

5. Meningkatkan target penjualan

Sosial media membantu kemampuan penjualan bisnis Anda melalui data statistik yang tersedia. Sosial media cukup menguntungkan bagi pengusaha UMKM jika dikelola dengan hati-hati dan perencanaan yang matang. Biaya yang cukup efektif lebih rendah dan memperoleh hasil maksimal merupakan target UMKM. Tujuan pemasaran media sosial adalah mencapai target penjualan yang maksimal yang mencapai 70 % lebih penjual.