7 Olahraga Kardio Terbaik Beserta Manfaatnya

Jakarta, Shoes and Care - Beberapa tahun belakangan ini olahraga menjadi lifestyle yang seringkali dipertunjukkan oleh banyak orang pada social media yang mereka miliki. Olahraga saat ini telah dipahami oleh masyarakat luas sebagai salah satu cara untuk dapat mempertahankan imunitas tubuh dan cara untuk memiliki bentuk tubuh yang ideal. 

Olahraga kardio adalah jenis olahraga yang memiliki begitu banyak manfaat bagi tubuh. Adapun beberapa manfaatnya adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi orang yang aktif melakukan olahraga kardio memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dibandingkan orang yang tidak aktif olahraga kardio. Hal ini terbukti oleh beberapa penelitian yang mengakui jika orang aktif olahraga kardio tidak rentan terserang penyakit.

  • Menjaga Kesehatan Jantung 

Jantung memiliki fungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Fungsi dari olahraga kardio adalah untuk dapat menjaga kesehatan otot-otot pada jantung, sehingga dapat menurunkan resiko tekanan darah tinggi.

  • Menurunkan Stress

Olahraga kardio dapat menjadikan tubuh lebih rileks dan tenang. Selain itu olahraga kardio juga dapat meningkatkan suasana hati anda dan mengurangi gejala depresi.

  • Menurunkan Berat Badan

Dengan melakukan olahraga kardio dapat meurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Hal ini dikarenakan olahraga kardio adalah olahraga fisik yang dapat menjaga metabolisme tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan. Selain itu olahraga kardio juga dapat membantu berat badan tetap ideal.

  • Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga kardio dapat membantu anda meningkatkan kualitas tidur apabila anda memiliki gangguan pada tidur malam. Akan tetapi hindari berolahraga kardio berdekatan dengan waktu tidur, setidaknya dua jam sebelum waktu tidur.

  • Menjaga Kadar Gula Rendah

Penelitian mengungkapkan jika rutin melakukan olahraga kardio secara rutin dapat mencegah diabetes tipe 2.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Olahraga kardio rutin dapat melatih daya ingat dan fungsi kognitif. Hal ini karena melatih bagian otak, mencegah resiko mengecilkan oak, menjadi lebih fokus terutama lansia.

Olahraga kardio adalah olahraga yang dilakukan berulang-ulang secara teratur, dianjurkan 20-30 menit, 3-6 hari hari dalam satu minggu. 

Berikut 7 olahraga kardio terbaik :

  1. Jogging
  2. Bersepeda
  3. Berenang
  4. Naik turun tangga
  5. Senam aerobik/Zumba
  6. Lompat tali
  7. Burpees

Semoga bermanfaat ya..

Postingan terbaru