6 Sepatu Adidas Paling Ikonik Versi Shoes and Care!

Jakarta, Shoes and Care - Adidas merupakan salah satu brand sepatu legendaris yang mempunyai basis penggemar yang sangat besar di seluruh dunia. Brand sepatu dan olahraga asal Herzogenaurach, Jerman, ini selalu bersaing ketat dengan brand rivalnya dari Amerika Serikat, Nike. Meskipun di masa sekarang ini banyak orang mengatakan bahwa Nike dan Jordan merupakan “King of Sneakers”, tapi jangan lupa bahwa selalu ada Adidas yang menjadi pesaing terkuat brand tersebut. Pada awal tahun 1980-an, Adidas menjadi brand sepatu yang sangat digandrungi dalam budaya hip-hop dan semakin populer berkat grup hip-hop legendaris Run-D.M.C. Bahkan, Michael Jordan adalah penggemar berat brand Adidas sebelum ia menandatangani kontrak dengan Nike pada tahun 1984. Sepak terjang Adidas dalam dunia sneakers juga sangat panjang, dan dalam perjalanannya selalu ada beberapa sepatu yang menyandang status “legend” atau “OG”. Maka itu, pada artikel ini akan dipaparkan 6 sepatu legendaris sepanjang masa versi Shoes and Care!

Adidas Superstar

Urutan pertama dalam list kali ini, sudah pasti Adidas Superstar. The classic of all classics, baby. Adidas Superstar diperkenalkan ke khalayak publik pada tahun 1970 dan memulai debutnya sebagai sepatu basket low-top dengan bagian atas seluruhnya terbuat dari kulit dengan bagian ujung karet yang ikonik. Superstar mendapatkan cinta dari para atlet karena daya cengkeramannya yang luar biasa dan fleksibilitas yang ringan. Bahkan dimasa ketenarannya, 75% pemain bola basket profesional di AS mengenakan Superstar. Puncaknya ketika sneaker ini dipopulerkan oleh Run-D.M.C ketika mereka berada di puncak karier. Lagu mereka di tahun 1986, “My Adidas”, membuat setiap penikmat hip-hop ingin memiliki sepasang superstar lengkap dengan tracksuit Adidas. Pokoknya, ini sepatu sangat berpengaruh di era 80-an dari segi kebudayaan dan olahraga.

Adidas Stan Smith

Adidas Stan Smith menjadi urutan kedua dari list artikel ini. Secara lengkap sejarah sepatu ini sudah pernah dituliskan di blog Shoes and Care. Namun yang pasti, sepatu ini awalnya disebut “Robert Haillet” setelah pemain tenis Perancis dengan nama yang sama. Setelah Haillet pensiun, mereka dijuluki “Stan Smith” karena Adidas berhasil menjadikan Stanley Smith, seorang pemain tenis Amerika, menjadi wajah ikonik terbaru di bagi sepatu Adidas. Hingga saat ini, sneaker ini ikonik dan dikenal sebagai “clean sneaker” bagi mereka yang hanya ingin tampil simpel dan rapih.

Adidas Samba

Urutan ketiga, yang lain dan tidak bukan adalah Adidas Samba. Sekarang-sekarang ini, Adidas Samba sedang naik daun nih! Bahkan, tidak jarang ada yang ‘digoreng’ harga jualnya. Sepatu ini awalnya dirilis pada era tahun 40-an untuk olahraga sepakbola dalam ruangan, sebut saja futsal. Desainnya yang klasik, perpaduan kulit premium dan sol karet yang bergelombang bikin sepatu ini populer di kalangan atlet dan penggemar fashion. Gen Z approved!

Adidas The Kobe

Mungkin ada beberapa pembaca artikel yang masih asing dengan Adidas ini, “Emang Adidas pernah bikin sepatu untuk Kobe Bryant?” jawabannya, pernah! Sebelum ke Nike, Kobe Bryant pernah menjalin kolaborasi penting bersama Adidas dengan membuat Adidas The Kobe. Pertama kali dirilis tahun 2000 dengan desain yang termasuk futuristik di zamannya. Meskipun awalnya kontroversial karena penampilannya yang unik dan nyeleneh, sepatu ini menjadi ikonik di kalangan penggemar basket dan sneakerhead. Sayangnya, Kobe mengakhiri kontraknya bersama Adidas setelah memenangkan gelar juara ketiga berturut turtu. Alasannya? Kobe dikabarkan kecewa dengan desain Adidas. Dia tidak suka para desainer tidak pernah menerima masukannya, mungkin karena dia lebih muda dari kebanyakan pemain profesional NBA. But anyway, sepatu ini menjadi salah satu 'holy grail' di dunia sneakers!

Adidas Ultraboost

Memasuki era 2010-an, Adidas mengandalkan dua lini sneaker terbaru mereka dan salah satunya adalah Adidas Ultraboost. Adidas Ultraboost itu aslinya adalah sepatu lari yang diluncurkan pada tahun 2015, hingga sekarang masih suka ada yang pakai untuk lari juga. Sepatu ini dikenal karena nyaman dan empuk, bahkan terkenal sebagai sepatu paling nyaman pada saat itu. Ultraboost ini menjadi permulaan Adidas dalam menggunakan teknologi Boost yang memberi karakteristik bantalan responsif. Desainnya menggabungkan upper Primeknit, jagoannya Adidas dalam hal fleksibilitas dan dukungan kepada kaki. 

Adidas Yeezy 750

Last but not least, kalian pasti sudah bisa menebak dari namanya. Sepatu signature dari rapper Kanye West yang pertama dari Adidas, Adidas Yeezy 750. Yeezy 750 kolaborasi ini pertamak kali dirilis pada tahun 2015. Desainnya mencolok dengan bahan suede, ritsleting samping, dan menggunakan Boost. Yeezy 750 menjadi sangat populer dan sering dianggap sebagai salah satu sepatu sneaker paling ikonik. Lahirnya sepatu ini menandai dimulainya kolaborasi sukses antara Kanye West dan Adidas yang melahirkan berbagai model Yeezy terkenal lainnya.

Itulah 6 sepatu Adidas paling ikonik sepanjang masa. Mengapa ikonik? Kembali lagi, sepatu sepatu diatas merupakan sebuah permulaan dari kesuksesan sepatu Adidas lainnya. Sebagai contoh, Adidas Yeezy 750 melahirkan Yeezy 350 hingga kini, Adidas Samba menciptakan berbagai model serupa dengan nama berbeda seperti Handball Spezial dan City Series, dan lainnya lagi. That’s what we call, iconic. Jadi, sepatu Adidas mana yang jadi kesukaanmu?

 

Postingan terbaru