5 Wisata Kuliner Favorit Khas Kota Semarang

Jakarta, Shoes and Care - Kota Semarang merupakan salah satu kota dengan berbagai macam wisata kuliner yang tersebar di seluruh wilayah kota nya. Pada tahun 2015, ibukota dari provinsi Jawa Tengah ini ditetapkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu kota dengan destinasi kuliner terbaik di Indonesia. Maka itu, sudah tidak diragukan lagi bahwa kota Semarang memiliki beragam makanan dan minuman yang memiliki ciri khas tersendiri dibanding kota-kota lainnya. 

Saking banyaknya kuliner yang tersebar di seluruh Semarang, mungkin kamu akan bingung kuliner khas Semarang apa saja yang patut dicoba. Nah, kami rangkum beberapa kuliner khas Semarang yang patut dicoba. Simak ulasannya berikut ini!

Soto Bangkong Semarang

Soto Bangkong Semarang merupakan kuliner khas Semarang yang sudah terkenal di benak wisatawan dan warga lokal. Soto Bangkong aslinya merupakan soto ayam kampung khas Semarang Ciri khas soto bangkong terletak pada kuahnya yang berwarna bening kecokelatan. Uniknya lagi, kecap yang digunakan itu homemade dari pemilik warungnya lho! Nama “Bangkong” sendiri berasal dari lokasi kedai yang berada di Jalan Bangkong, meskipun sekarang sudah berubah menjadi Jalan Brigjen Katamso. Bangkong sendiri merupakan bahasa jawa dari kodok. Kamu bisa mencicipi soto khas Semarang ini di Ruko Bangkong Plaza, Jalan Brigjen Katamso No.1, Peterongan, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Es Puter Cong Lik

Kalau mampir ke Semarang, rasanya kurang afdol kalo tidak mencoba es puter ini. Menurut cerita, es puter ini pertama kali dijual oleh Sukimin yang sering berjualan disekitar Pecinan. Sukimin biasa berkeliling sambil membawa gerobak sedari kecil dan dijuluki pelanggannya dengan Cong Lik yang merupakan kepanjangan Kacung Cilik (pembantu kecil). Seporsi es puter Cong Lik berisi beberapa scope es puter, dua buah irisan roti, biji mutiara dan kelapa. Selain itu juga tersedia beberapa varian rasa yang menarik untuk dicoba, seperti cokelat, alpukat, durian dan kelapa. Namun jika menjelang puasa tersedia juga rasa lainnya seperti nangka, sirsak, kacang hijau, blewah hingga leci. Lokasi kedai es puter ini berlokasi di Jalan K.H. Ahmad Dahlan A No. 11, Semarang Tengah, Karangkidul.

Lumpia Gang Lombok

Lumpia adalah salah satu kudapan khas kota Semarang yang banyak sekali kita jumpai ketika sedang berada di kota itu. Semarang juga dijuliki sebagai kota lumpia karena keduanya bagaikan tak terpisahkan. Salah satu lumpia legendaris di kota Semarang bernama Loenpia Gang Lombok. Kedai Lunpia ini tidak memiliki cabang, melainkan hanya ada di kawasan Pecinan Semarang, tepatnya di Gang Lombok, Nomor 11, Purwodinatan, Kota Semarang. Lunpia Gang Lombok menyediakan 2 jenis lunpia, yaitu lumpia basah dan lumpia goreng. Isian dari lumpia sendiri terdiri dari rebung dan saus petis, namun juga ada isian lain seperti udang dan ayam. Lumpia disajikan juga dengan acar timun dan saus cocolan. 

Tahu Gimbal H. Edy

Tahu gimbal merupakan salah satu kudapan khas kota Semarang yang berisi lontong, kol, telur goreng, dan gimbal atau gorengan yang terbuat dari udang tepung. Sekilas fakts, ‘gimbal’ itu sendiri adalah sebutan orang semarang untuk ‘udang’. Kemudian, penyajian makanan ini dengan siraman kuah kacang. Jika kamu tertarik, kamu bisa mengunjungi kedai nya di Jalan Pandanaran belakang STM 7 Nomor 2, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Nasi Goreng Babat Gongso Pak Karmin Mberok

Bagi kamu yang sedang mengunjungi kota Semarang sekaligus pecinta nasi goreng, cocok banget nih untuk mencoba nasi goreng babat ini. Penyajian nasi goreng babat dan babat gongso tergolong sederhana. Tapi, rasanya yang pedas manis menggugah selera. Untuk nasi goreng babat, adonan jeroan itu dicampur dengan nasi dalam panci kecil. Sedangkan, babat gongso ditumis dengan bumbu yang sedikit berair atau dikenal dengan nyemek. Tingkat kepedasan bisa diminta dan bakal diatur sesuai selera saat dimasak. Bagi kamu yang belum tau lokasinya, kedai nasi goreng ini berlokasi di Jalan Pemuda No.2, Dadapsari, Semarang Utara, Kota Semarang.

Nah itu dia 5 rekomendasi wisata kuliner khas kota Semarang. Biar makin kece, pastinya sambil pake sepatu yang bersih dan wangi dong. Shoes and Care turut hadir di kota Semarang lho! kamu bisa cuci dan rawat sepatu kamu di Shoes and Care Semarang di alamat Jl. Banjarsari No.55, Tembalang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Selamat berburu kuliner!

Postingan terbaru