5 Penyebab Tubuh Terasa Sakit Pasca Olahraga

Jakarta, Shoes and Care - Kita semua sepakat, setelah masa pandemi berakhir, demi menjaga imunitas tubuh banyak orang yang mulai mengubah cara hidup mereka dengan menjadikan olahraga sebagai gaya hidup. Namun, tidak sedikit kita mendengar dari orang-orang sekeliling kita, badan mereka terasa sakit-sakit setelah mereka berolahraga. Sehingga ada beberapa orang yang menjadi enggan atau menunda untuk melakukan olahraga. 

Ada sebagian orang yang lebih menyukai melakukan olahraga di pagi hari. Namun ada juga yang lebih menyukai berolahraga di waktu sore atau malam hari. Ada yang gemar melakukan olahraga lari, ada juga yang lebih menyukai mengangkat beban, ada pula yang lebih menyukai renang atau bersepeda. Biasanya rasa sakit-sakit di badan akan mulai terasa keesokan pagi, setelah kita berolahraga. Tidak hanya di badan yang terasa sakit, namun terkadang terasa pada kaki dan tangan kita juga. Banyak dari kita merasakan seperti sensasi terbakar, kaku atau lemas pada kaki dan tangan. Hal ini bisa kita alami berjam-jam lamanya atau bahkan berhari-hari. Tapi bagaimana awalnya dan mengapa selalu muncul beberapa hari setelah latihan tertentu ?  

Dikutip dari https://www.livescience.com/it isn’t indication that you’ve done something wrong, said Dr. Michael Jonesco, a sports medicine physician at The Ohio State University Wexner Medical Center. It indicates ypu’ve stretched your body to the point that you’ve caused some muscle changes”

Yang dapat diartikan bahwa menurut Dr. Michael Jonesco seorang dokter kedokteran olahraga di Pusat Medis Wexner Universitas Negeri Ohio. Rasa sakit yang kita rasakan pada tubuh kita bukanlah indikasi bahwa kalian telah melakukan sesuatu yang salah, namun hal ini terjadi karena adanya beberapa perubahan pada otot.

Tapi jika yang kalian rasakan rasa sakitnya sangat berlebihan baik saat itu juga pada saat kalian berolahraga atau pada hari-hari selanjutnya setelah kalian berolahraga. Tandanya itu merupakan sebuah indikasi bahwa ada yang perlu diubah. Nyeri hebat yang dimaksud di sini adalah misalnya dengan nyeri ini membuat kalian memiliki gerak yang sangat terbatas jauh dari normal. Sebagai contoh jika membuat jalan kalian menjadi pincang atau menjadi sulit untuk duduk di toilet. Dan juga disaat kalian menjabarkan apa yang kalian rasakan sebagai sangat sakit dibandingkan kurang nyaman, itu dapat termasuk indikasi sangat sakit. Secara tidak langsung tubuh kita berupaya untuk berkomunikasi kepada kita ingin menjelaskan ada sesuatu yang salah. Hal-hal itu bisa saja karena beberapa penyebab seperti :

  • Berolahraga terlalu berlebihan
  • Kurangnya pemanasan sebelum olahraga
  • Adanya cedera
  • Adanya simpul otot
  • Tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup sehingga tubuh tidak dapat pulih secara maksimal.

Tetap sehat dan salam olahraga!

Postingan terbaru