5 Manfaat Fitness Bagi Kesehatan

Jakarta, Shoes and Care - Fitness adalah gaya hidup sehat dan tidak hanya sebatas angkat beban saja. Didalamnya ada banyak aktivitas fisik seperti sit up, push up, pull up atau olahraga lain seperti berenang, bersepeda, treadmill dan masih banyak lagi.

Kebanyakan orang berpikir kalau manfaat fitness hanya untuk membentuk tubuh. Namun, sebenarnya banyak sekali manfaat fitness bagi kesehatan, sedangkan bentuk tubuh yang indah merupakan bonus dari kegiatan olahraga yang dilakukan. 

Berikut manfaat fitness bagi kesehatan:

  • Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Sangat penting untuk memahami pengaruh berolahraga terhadap penurunan berat badan. Tubuh menghabiskan energi dengan tiga cara yaitu mencerna makanan, berolahraga, seta menjaga fungsi tubuh seperti detak jantung dan bernafas. 

Dengan berdiet, pengurangan asupan kalori akan menurunkan tingkat metabolisme yang dapat menunda penurunan berat badan untuk sementara waktu. Sebaliknya, dengan olahraga teratur terbukti meningkatkan laju metabolisme yang dapat membakar lebih banyak kalori per hari untuk membantu menurunkan berat badan. Ini juga membantu dalam mempertahankan massa otot.

  • Dapat Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Dengan melakukan aktivitas olahraga teratur telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin, kesehatan jantung dan komposisi tubuh. Ini juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Lebih khusus lagi, olahraga dapat membantu mengurangi atau mencegah kondisi kesehatan seperti diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, berbagai tipe kanker, penyakit jantung dan hipertensi.

  • Dapat Meningkatkan Kesehatan Kulit

Kulit dapat dipengaruhi oleh jumlah stres oksidatif dalam tubuh. Stres oksidatif terjadi ketika pertahanan antioksidan tubuh tidak dapat sepenuhnya memperbaiki kerusakan sel yang disebabkan oleh senyawa yang dikenal sebagai radikal bebas. Ini dapat merusak struktur sel dan berdampak negatif pada kulit. 

Dengan berolahraga dengan intensitas yang sedang dan teratur dapat meningkatkan produksi antioksidan alami tubuh kalian yang dapat membantu melindungi sel. Olahraga juga dapat merangsang aliran dara dan menginduksi adaptasi sel kulit yang dapat membantu menunda munculnya penuaan kulit.

  • Dapat Membantu Relaksasi dan Kualitas Tidur

Saat berolahraga tentunya kita mengeluarkan banyak energi yang merangsang tubuh untuk melakukan proses pemulihan yang dapat dilakukan sewaktu kita tertidur. Selain itu peningkatan suhu tubuh yang terjadi saat berolahraga diduga dapat meningkatkan kualitas tidur karena dengan tidur membantu proses penurunan suhu tubuh. 

Dengan berpartisipasi dalam program latihan olahraga membantu meningkatkan kualitas tidur karena terbukti dapat mengurangi latensi tidur yang merupakan jumlah waktu yang dibutuhkan untuk tertidur.

  • Dapat Meningkatkan Kehidupan Seks Yang Lebih Baik

Olahraga dapat membantu meningkatkan hasrat, fungsi dan kinerja seksual pada pria dan wanita. Ini juga dapat membantu mengurangi resiko disfungsi ereksi pada pria.

Yuk kita olahraga! Mari kita biasakan hidup sehat agar hidup kita berkualitas !

Postingan terbaru