5 Julukan Kota Terkenal Indonesia yang Ada di Pulau Jawa

5 Julukan Kota Terkenal Indonesia yang Ada di Pulau Jawa - Ada beragam julukan kota terkenal Indonesia yang ada di wilayah Pulau Jawa. Julukan ini diberikan kepada beberapa daerah bukanlah tanpa alasan. Setiap sebutan memiliki penyebab dan latar belakang mengapa akhirnya disebut demikian.

Sebutan ini juga menjadi pembeda antara wilayah satu dengan lainnya. Julukan bisa diberikan karena daerah tersebut memiliki sejarah fenomenal. Atau karena daerah tersebut mempunyai produk terkenal entah itu makanan, buah, pakaian dan lain sebagainya.

Meskipun julukan yang diberikan sudah sangat popular, masih banyak orang belum mengetahuinya. Simak beberapa julukan untuk wilayah terkenal yang ada di Pulau Jawa berikut.

Inilah 5 Julukan Kota Terkenal Indonesia yang Berada di Wilayah Pulau Jawa

Wilayah Pulau Jawa memiliki banyak kota terkenal. Tidak hanya sejarah atau tempat wisatanya saja, tapi juga julukannya. Di Pulau Jawa ada banyak julukan daerah terkenal, 5 di antaranya sebagai berikut.

1.    Surabaya - Pahlawan

Pertama adalah Surabaya dengan sebutan Kota Pahlawan. Sebutan ini sangat erat kaitannya dengan peristiwa bersejarah yaitu pertempuran Surabaya, terjadi tepat pada tanggal 10 November 1945.

Kala itu arek-arek Suroboyo bertempur melawan para sekutu. Peristiwa ini tidak hanya membuat Surabaya dijuluki Kota Pahlawan saja. Tapi, pada tanggal 10 November setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Pahlawan.

2.    Malang - Apel

Berikutnya adalah Malang yang dijuluki sebagai Kota Apel. Apa alasan di baliknya? Karena wilayah ini merupakan produsen buah apel terbesar di Indonesia. Inilah yang membuat Anda akan menemukan oleh-oleh khas berbahan dasar apel ketika mampir di Malang.

3.    Yogyakarta - Gudeg dan Pelajar

Julukan kota terkenal Indonesia selanjutnya yaitu Yogyakarta sebagai Kota Gudeg dan Kota Pelajar. Pasalnya ada banyak kuliner khas Yogyakarta yang terkenal bahkan dicari-cari oleh para wisatawan, salah satunya gudeg.

Sebenarnya tidak hanya gudeg saja, ada juga bakpia, sate klatak dan masih banyak lainnya. Sedangkan julukan Kota Pelajar diberikan karena terdapat banyak kampus di wilayah Yogyakarta.

4.    Pekalongan - Batik

Seperti yang kita ketahui, salah satu warisan budaya yang harus senantiasa dilestarikan yaitu batik. Apakah Anda sudah tahu wilayah mana yang disebut sebagai Kota Batik? Jawabannya adalah Pekalongan yang ada di daerah Jawa Tengah.

5.    Banyuwangi - The Sunrise of Java

Terakhir yaitu dijuluki sebagai The Sunrise of Java, Banyuwangi. Hal ini karena lokasi wilayahnya yang ada di bagian paling timur. Selain itu, karena adanya pemandangan matahari terbit yang bisa Anda temukan dibanyak spot Banyuwangi.

Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi daerah dengan julukan unik tersebut? Ketika akan menuju ke sana, tentu saja diperlukan persiapan outfit mendukung, salah satunya sepatu. Sebelum berangkat, cuci sepatu Anda supaya bersih di Shoes and Care.

Tempat ini sudah melayani hingga ratusan produk sepatu. Selengkapnya, kunjungi akun instagramnya di @shoesandcare sebagai persiapan sebelum mendatangi julukan kota terkenal Indonesia.

Postingan terbaru