4 Strategi Marketing Untuk Usaha Kecil Dan Menengah
Digital Marketing Shoes and Care| 6 months ago |

4 Strategi Marketing Untuk Usaha Kecil Dan Menengah

Strategi Marketing Untuk Usaha Kecil Dan Menengah - Jika berbicara soal bisnis tentunya tidak terlepas dari usaha kecil dan menengah (UKM) sebelum menjadi sukses banyak pebisnis yang memulai usaha mereka dari bawah atau bisa juga dibilang usaha kecil dan menengah. Kesuksesan suatu bisnis berkaitan erat dengan bagaimana strategi pemasaran suatu produk bisnis. Berikut ini akan dijelaskan strategi pemasaran untuk usaha kecil menengah yang menjanjikan.

1. Penggunaan website untuk pemasaran produk

Strategi pemasaran pertama ialah dengan menggunakan website untuk promosi produk, melalui website anda dapat memberikan informasi pada calon pelanggan tentang jenis dan kriteria produk yang akan dipasarkan secara spesifik. Hal ini dikarenakan lebih dari setengah persen konsumen menggunakan internet untuk mencari informasi terkait produk yang dipasarkan. Saat ini hampir semua bisnis kecil dan menengah memiliki website sendiri untuk tujuan pemasaran produk dan iklan. 

2. Memanfaatkan sosial media marketing

Media sosial marketing merupakan strategi pemasaran yang paling banyak digunakan saat ini, terutama pada saat pandemi covid-19. Populernya bisnis online menyebabkan para pebisnis untuk melakukan pengiklanan, pemasaran dan penjualan produk dengan memanfaatkan berbagai platform sosial media. Karena kebanyakan konsumen berada di media sosial sehingga lebih memudahkan interaksi antara konsumen dengan penjual serta lebih hemat biaya untuk kegiatan pengiklanan. Adanya sosial media marketing prakerja membantu para pebisnis untuk mendapatkan pengalaman dalam pemasaran via media sosial. 

3. Membuat branding produk

Pembuatan branding produk menjadi salah satu hal penting yang harus diperhatikan dalam strategi marketing khususnya untuk usaha kecil dan menengah. Branding produk dapat berupa gambar atau logo dengan nama produk yang sesuai dan dibuat sederhana namun menarik dan unik. Tujuan dari branding produk ini adalah untuk memudahkan identifikasi produk serta menggambarkan citra dari bisnis atau perusahaan penghasil produk tersebut. Maka dari itu branding produk harus dibuat sebaik mungkin.

4. Lakukan promosi dan periklanan

Yang terakhir ialah dengan melakukan promosi dan periklanan untuk meningkatkan awareness terhadap produk yang dijual. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa platform media sosial dapat digunakan untuk promosi dan periklanan produk. Anda bisa menggunakan berbagai macam layanan mulai dari facebook ads, instagram ads, twitter ads hingga google ads. Strategi pemasaran menggunakan platform sosial media dan website sudah terbukti mampu meningkatkan jumlah prospek penjualan suatu produk. Selain itu anda dapat menggunakan mobile marketing untuk menunjang bisnis online.

Demikian beberapa strategi marketing yang dapat digunakan untuk pemasaran produk khususnya bagi usaha kecil dan menengah. Saat ini, banyak sekali jenis usaha kecil menengah dengan modal kecil namun mempunyai keuntungan yang menjanjikan. Sehingga bagi anda yang tertarik mencoba membangun bisnis dari kecil dapat mencoba strategi marketing diatas.