3 Merek Gitar Lokal yang Sudah Mendunia

Merek Gitar Lokal yang Sudah Mendunia - Salah satu instrumen yang populer di dunia musik adalah gitar. Peranannya yang vital dalam membentuk ritme dan melodi pada sebuah lagu. Salah satu merek gitar terkenal adalah Gibson. Gitar ini digunakan pada video klip Guns and Roses yang Sweet Child o' Mine, pasti langsung teringat gitar Gibson Les Paul yang dipakai Slash. Terlepas dari merek gitar dari luar ternyata ada pabrikan gitar lokal yang berhasil menarik perhatian dunia lewat kecanggihan gitar yang mereka buat.  Berikut gitar lokal yang sudah mendunia

1.  Radix Guitar

Memiliki sound yang tebal adalah karakteristik dari brand ini, brand yang berasal dari Tangerang ini berhasil menembus pasar Eropa secara masif. Bisnis ini pun menjadi menguntungkan untuk terus dilakukan. Produksi Radix semakin tinggi, walaupun menurut Toien belum terlalu besar, tapi angka produksi 50 unit per bulan bukan suatu angka yang mudah dicapai bila tanpa adanya konsistensi yang mereka lakukan. Untuk harga, rata-rata gitar Radix dijual dengan harga Rp4.750.000. Harga yang sangat bersahabat.

2. Sjuman Instrument

Pada 4 April 2015, gitar pertama di bawah bendera Sjuman Instruments lahir. Gitar yang dibuat khusus untuk Nikita Dompas tersebut memiliki spesifikasi yang apik: kombinasi mahogany dan ironwood untuk bodi, Macassar Ebony untuk fretboard, dan ironwood pada bagian neck. Nikita Dompas, gitaris Tomorrow People Ensemble dan Potret, menamai gitar custom-made tersebut LC-1, sesuai nama putrinya, Luca.

Hasil karya maestro musik Aksan Sjuman juga menawarkan produk gitar, bass, dan piano yang sangat berkualitas. Bahkan sudah banyak banget musisi top kelas dunia yang bekerja sama dengan brand ini, mulai dari Elizabeth Cannon (Amerika Serikat) hingga Magdalena Kowalczyk (Polandia).

3. Batiksoul

Batiksoul Guitar berdiri sejak tahun 2011 oleh Guruh Sabdo Nugroho. Waktu itu, Guruh dibantu dengan rekan dan para pengrajin batik lainnya lebih banyak melakukan riset produk selama kurang lebih dua tahun. Kebanyakan, riset tersebut lebih mencari tahu cara mengaplikasikan kerajinan batik tulis ke dalam instrumen musik, khususnya gitar akustik. Menariknya, gitar ini sudah dijual lebih dari 20 negara dunia seperti Singapura dan Jepang. Juga, beberapa negara Eropa, seperti Belanda dan Rusia.

Musisi mancanegara yang pernah membeli gitarnya pun tidak sedikit. Seorang musisi asal Rusia bernama Dimitriy Murin pun sempat membeli salah satu produk batik gitar. Juga, band asal Kanada, Savage Playground, yang memesan salah satu produk batik gitar.

Itulah 3 produk gitar merek lokal. Bagaimana? Tertarik untuk membelinya?

 

Postingan terbaru