3 Langkah Mencuci Sepatu yang Benar

3 Langkah Mencuci Sepatu yang Benar  - Sepatu yang dibiarkan terlalu lama kotor bisa menjadi tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Tak hanya mengundang penyakit, hal ini juga bisa memicu bau tak sedap pada kaki. Sebelum mencuci sepatu ada baiknya untuk mengetahui langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Berikut 3 langkah tangguh untuk mencuci sepatu Anda

1. Perhatikan bahan dan jenis sepatu 

Pasalnya, masing-masing jenis dan bahan sepatu mungkin memerlukan perlakuan yang berbeda. Tidak semua jenis sepatu memiliki cara perawatan serta metode mencuci yang sama. Perhatikan instruksi membersihkan sepatu yang tercantum di label atau kotak sepatu Anda. Kemudian cuci sepatu berdasarkan bahannya, ambil contoh seperti jika Anda ingin mencuci sepatu dengan bahan suede, Anda perlu mempersiapkan sikat gigi bekas dan cairan khusus pembersih bahan suede. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan sol bagian dalam dan talinya.

2. Tidak menjemur sepatu langsung di bawah sinar matahari

Langkah mencuci sepatu selanjutnya adalah tahap mengeringkan. Namun, hati-hati karena tidak semua jenis sepatu bisa dijemur langsung di bawah sinar matahari. Beberapa bahan sepatu, seperti kulit, justru berisiko rusak jika dibiarkan terlalu lama di bawah matahari.

3. Simpan dengan benar

Simpanlah sepatu pada rak yang tersedia atau pada box khusus sepatu. Sebaiknya simpan pada box khusus sepatu agar tidak mudah dihinggapi kuman. Penelitian dari International Journal of Indoor Environment and Health menyatakan bahwa jamur dapat berkembang 27,5 kali lebih banyak jika berada ditempat yang lembab. Untuk mencegah jamur tumbuh di sepatu, pastikan Anda menyimpannya dalam keadaan benar-benar kering.

Apabila Anda kerepotan dalam merawat sepatu, Anda juga bisa menitipkan perawatan pada gerai Shoes and Care terdekat di kota Anda. 

Cuci Sepatu di Shoes and Care

Shoes and Care telah berdiri sejak tahun 2013, dan telah melayani lebih dari 700.000 pair sepatu yang telah dicuci di Shoes and Care.

 

Postingan terbaru