Tips dan Trik Memilih Sepatu Futsal

Jakarta, Shoes and Care - Olahraga futsal merupakan olahraga yang digemari oleh banyak orang dari anak remaja hingga orang dewasa. Olahraga satu ini dalam satu timnya terdiri dari 5 orang pemain yang nantinya memiliki peran yang berbeda. Unsur paling penting dalam olahraga ini selain lapangan futsal dan bola adalah sepatu yang digunakan para pemain.

Ternyata sepatu futsal merupakan elemen penting didalam performa pemain, selain memang olahraga satu ini memerlukan keahlian gerak kaki dalam mengontrol bola, gerakan kaki harus ditunjang dengan sepatu sesuai. 

Didalam menentukan sepatu seperti apa yang dibutuhkan untuk bermain futsal, kita perlu mengetahui posisi apa di dalam tim futsal yang akan kita perankan. Berikut beberapa tips dan trik dalam memilih sepatu futsal :

  • Keeper (Penjaga Gawang)

Sebagai seorang penjaga gawang tentunya kita membutuhkan kecepatan dan ketangkasan dalam mengahalau bola masuk ke dalam gawang. Di dalam aktifitas menghalau bola seorang penjaga gawang seringkali melakukan manuver dengan seluruh anggota badannya baik tangan, badan, kepala atau pun kakinya, namun selalu diawali oleh gerakan kaki. Gerakan yang dilakukan oleh seorang penjaga gawang sering kali gerakan-gerakan spontan. Sehingga sepatu futsal yang dibutuhkan adalah sepatu yang dapat memberikan kenyamanan dalam bergerak (elastis), dapat melindungi pergelangan kaki jadi butuh sisi sepatu bagian belakang yang kokoh, memiliki insole yang empuk dan memiliki grip pada sisi luar kanan serta luar kiri sepatu yang dapat menahan gesekan atau benturan antara sepatu dengan permukaan lantai lapangan futsal. Sebagai referensi Lotto Energia atau Umbro Vision Plus memiliki spesifikasi yang telah disebutkan sebelumnya.

  • Anchor 

Posisi anchor pada tim futsal adalah posisi yang memiliki peran ganda yaitu sebagai pemain bertahan sekaligus pemain yang tugasnya mengatur serangan. Secara tidak langsung posisi ini kalau di dalam sepak bola adalah perpaduan antara back dan midfielder. Seorang anchor membutuhkan sepatu yang memiliki midsole yang tinggi, karena dengan midsole yang tinggi seorang anchor dapat melakukan teknik passing bola yang akurat dan presisi serta mengontrol bola. Selain itu jangan lupa posisi ini pun tetap memerlukan kenyamanan dalam melakukan gerakannya. Adapun sepatu yang dapat menjadi referensi kalian adalah Metasala Rival, Nike Tiempo atau Adidas X Tango.

  • Flank 

Posisi flank adalah posisi dimana sorang pemain harus memiliki kemampuan mengontrol bola dengan sempurna. Kecepatan dalam bermain pun juga harus baik. Pemain pada posisi ini sering diandalkan untuk mencetak gol. Biasanya posisi ini diisi dua orang pemain yang umunya ada di sisi kanan dan kiri lapangan. Tugas dari posisi flank tidak hanya melakukan serangan namun juga menjadi penghubung antara anchor dan pivot atau pemain depan. Oleh karena itu sepatu yang dibutuhkannya adalah sepatu yang didesain bagian upper yang nyambung langsung dengan bagian sol nya, tidak memiliki midsole, sehingga sepatu nya sangat elastis dan ringan. Sebagai referensi kalian dapat memilih Specs Illuzion atau Specs Lightspeed.

  • Pivot

Dalam futsal posisi pivot merupakan pemain depan atau berperan sebagai penyerang.  Tugas dari pemain ini adalah memaksimalkan atau menyelesaikan peluang, sehingga dapat mencetak gol bagi timnya. Seorang pivot harus memiliki body balance yang baik. Karena hal ini sangat berguna untuk menghadapi dan menembus sistem pertahanan lawan dengan mudah. Selain itu juga harus memiliki insting serta keberanian yang tinggi dalam mengeksekusi peluang secara kuat dan akurat. Sama dengan anchor, posisi pivot juga dapat mengendalikan permainan. Pivot menadi pemain pertama yang dapat membendung serangan lawan sebelum tim lawan sampai ke area bermain tim kita. Maka dengan perannya, sepatu sangat memberikan kontribusi yang kuat dalam permainan seorang pivot. Sepatu seorang pivot harus memiiki grip yang nyaman yang kuat pada bagian belakang sepatu tepat pada sisi ankle untuk menopang keseimbangan tubuh pemain, lalu sebaiknya memiliki bagian outsole yang terbuat dari karet/rubber yang berkualitas baik, sehingga dapat dengan mudah mengontrol bola yang berada di bawah kaki. Selain itu membutuhkan insole dan midsole yang empuk. Jika kalian seorang pivot, sebagai referensi sepatu dapat kalian intip Pan Vigor LTD.

Nah, apakah kalian sudah tau nih posisi apa yang kira-kira sesuai dengan kemampuan kalian dalam bermain futsal ? Semoga artikel ini dapat membantu kalian ya.. Apapun olahraga yang kalian suka yuk bersihkan sepatu futsal kalian di Shoes And Care.

 

Postingan terbaru