Tips dan Cara Menghitamkan Sepatu Kain yang Pudar dengan Mudah

Sepatu dengan warna hitam dan merupakan salah satu jenis sepatu yang sangat populer di Indonesia. Selain digunakan untuk fashion, sepatu hitam seringkali digunakan sebagai standar sepatu untuk anak-anak di bangku sekolah. Sayangnya untuk beberapa material tertentu, warna sepatu hitam ini sangat mudah memudar. Untuk membuat sepatu layak digunakan kembali, pastinya kamu akan membutuhkan cara untuk mengembalikan warna hitam pada sepatu kamu tersebut bukan? Bagi kamu yang ingin tahu cara menghitamkan sepatu kain yang pudar, berikut ini adalah ulasannya.

Penyebab warna hitam pada sepatu mudah memudar

Sebelum membahas cara mengembalikan warna hitam pada sepatu, hal yang perlu kamu ketahui sebelumnya adalah mengenai penyebab warna hitam di sepatu kamu memudar. Ada dua hal yang menjadi penyebab utama mengapa warna sepatu hitam kamu memudar. Salah satunya adalah karena kerusakan yang disebabkan karena air. 

Air merupakan salah satu penyebab utama mengapa warna hitam di sepatu kamu memudar terutama untuk bahan kulit dan juga bahan Suede. Hal lain yang sering menyebabkan terjadinya kerusakan warna hitam pada sepatu adalah cahaya. Jika sepatu kamu disimpan pada area yang memiliki sengatan sinar matahari langsung, maka sepatu kamu akan kehilangan warna hitamnya.

Cara mengembalikan warna hitam pada sepatu 

Setelah mengetahui apa saja yang menyebabkan warna sepatu hitam menjadi memudar, kita akan belajar mengenai bagaimana cara menghitamkan sepatu kain yang pudar tersebut. Untuk mengembalikan warna hitam pada sepatu hitam yang sudah memudar cara yang paling efektif untuk dilakukan adalah dengan menggunakan pengecatan.

Untuk mengecat kembali sepatu hitam kamu, maka kamu akan membutuhkan beberapa komponen-komponen berikut ini :

  • Sikat lembut atau katun wol untuk mengaplikasikan permukaan sepatu kamu
  • Isolasi yang digunakan untuk memblok area-area yang tidak ingin di warna
  • Pewarna hitam
  • Sikat kering untuk menghilangkan debu
  • Dan juga protective spray

Setelah mempersiapkan alat-alat di atas, kamu bisa memulai mengecat sepatu kamu. Untuk mengecat sepatu kamu, mulailah dengan memblok area-area yang tidak ingin kamu warnai. Setelah itu aplikasikan pewarna hitam dengan menggunakan sikat lembut atau kapas yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Setelah itu biarkan kering dan pulang kembali pengaplikasian warna yang dilakukan pada sepatu. Setelah kering sikat kembali sepatu dengan menggunakan sikat halus yang kering untuk menghilangkan debu. Yang terakhir adalah semprotan protektif untuk menjaga agar pewarna tidak mudah luntur.

Memang akan dibutuhkan kesabaran dan juga persiapan yang tinggi untuk kamu yang ingin mengecat kembali sepatu kamu. Selain itu, terkadang hasil yang kamu inginkan tidak sesuai dengan yang kamu harapkan karena kurang pengalaman. Oleh karena itu untuk mendapatkan cara menghitamkan sepatu kain yang pudar yang paling baik dilakukan dengan menggunakan jasa shoesandcare.com jasa ini merupakan salah satu jasa terbaik dan bisa ditemukan di banyak kota di Indonesia. Untuk tahu apakah jasa cara mencuci sepatu sneaker ini membuka outlet di ko ta kamu atau tidak, kamu bisa mengunjungi halaman berikut ini shoesandcare.com/lokasi-workshop

Postingan terbaru