Pentingnya UMKM Go Online dengan Cara Mudah dan Praktis
Digital Marketing Shoes and Care| 5 months ago |

Pentingnya UMKM Go Online dengan Cara Mudah dan Praktis

Pentingnya UMKM Go Online dengan Cara Mudah dan Praktis - Dalam mendaftar umkm tentu anda harus mengetahui bagaimana cara mendaftar ukm go online. UMKM Go Online ini merupakan salah satu kegiatan pemerintah yang berguna agar membantu umkm masyarakat untuk lebih dikenal luas.  Sehingga para umkm tetap bisa mendapatkan keuntungan walaupun di masa pandemi. Dalam mendaftarnya pun tidak sulit, hanya cukup mengikuti apa saja langkah yang diminta. Untuk itu, ada beberapa cara daftar yang bisa kamu coba di bawah ini:

Langkah Pertama: Buat Akun dan Masuk ke Situs

Langkah pertama yang harus dicoba adalah membuat akun dan masuk ke situs. Anda cukup mengunjungi situs https://oss.go.id untuk mendaftar usaha mikro kecil menengah. Di sana anda cukup melakukan registrasi saja bisa dengan menggunakan email atau nomor telepon.  Pastikan sebelum mengisi data di situs resmi, anda bisa memeriksa email atau nomor telepon apakah masih aktif atau belum. Karena setelah mengisi data di situs resmi, maka anda akan diminta untuk melakukan verifikasi.

Langkah Kedua: Menekan “Perizinan Berusaha”

Jika sudah memiliki akun, maka anda bisa langsung masuk saja ke akun tersebut. Nanti secara otomatis akan terlihat berbagai macam tombol yang anda disana. Selanjutnya cukup tekan saja tombol “Perizinan Berusaha” agar bisa melakukan cara mendaftar ukm online ini. 

Kalau sudah menekan, anda akan diminta untuk menekan tombol lain yaitu “Perseorangan”. Selanjutnya anda bisa menekan “Pendaftaran NIB (Nomor Induk Berusaha) Perseorangan Mikro”. Biasanya hal ini digunakan untuk mendaftar usaha mikro.

Langkah Ketiga: Menekan Tombol “Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil”

Jika anda memilih contoh usaha mikro kecil menengah, maka cukup tekan tombol saja pada “Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil”. Nanti anda akan ditujukan ke proses NIB dan melakukan izin usaha. Pada langkah ini, anda akan diminta untuk melengkapi berbagai kolom – kolom yang terdapat di dalam formulir. Anda cukup mengisi beberapa data pribadi yang masih kosong sesuai dengan perintahnya masing – masing. Jika sudah, anda bisa langsung tekan “Simpan”, dan tekan tombol “Lanjutkan”.

Langkah Keempat: Isi Formulir Data Usaha

Pada tahap ini, anda cukup mengisi data diri usaha dengan menekan tombol “Tambah Usaha”. Adapun contoh usaha mikro yang sukses seperti Cuci Sepatu di Shoes and Care. Tempat usaha ini merupakan salah satu usaha yang sudah berdiri sejak tahun 2013. 

Bahkan jenis usaha ini sudah melayani 700.000 pasang sepatu dan selalu memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggan. Pastikan mengisi data dengan teliti agar tidak ada data yang salah. Kalau sudah diisi bisa langsung tekan saja “Simpan”, dan tekan “Selanjutnya”.

Langkah Kelima: Isi UMKM Tambahan

Dalam mengisi data diri UMKM tidak perlu bingung sebab bagi anda yang memiliki UMKM lebih dari satu. Maka anda diperbolehkan mengisinya kembali hanya dengan menekan tombol “Tambah Usaha”. Selanjutnya anda bisa menekan tombol “Selanjutnya”. 

Selain itu, bagi anda yang ingin mengirimkan permohonan izin lokasi bisa langsung mengirimkannya saja. Lalu anda pun bisa langsung mengirimkan formulir izin lingkungan melalui Komitmen Prasarana Usaha. Dan bisa langsung tekan “selanjutnya” untuk mengirimkan formulir contoh ukm di desa. 

Langkah Keenam: Melihat Rangkuman Data

Setelah mendaftarkan contoh usaha umkm di desa, anda bisa memeriksanya melalui rangkuman data. Anda bisa melihatnya secara perlahan agar data yang diketik memang benar semuanya. Jika sudah yakin, maka bisa langsung mengeditnya saja. 

Untuk langkah selanjutnya, bisa langsung tekan tombol “Proses NIB”. Perlu diketahui jika sudah diproses maka izin usaha bisa dicetak dalam bentuk QR. Biasanya hal ini bisa melalui Preview Izin Usaha QR tersebut. 

Langkah Ketuju: Meminta Permohonan

Permohonan merupakan salah satu dokumen yang harus dikirimkan melalui situs resminya. Biasanya hal ini digunakan kepada usaha kecil menengah yang termasuk usaha mikro. Untuk langkahnya bisa dimulai dengan menekan tombol “Permohonan”. 

Selain itu, bisa langsung memilih tombol “IUMK” nanti secara otomatis anda akan diminta untuk memilih opsi “Izin Komersial/Operasional”. Selanjutnya bisa langsung memilih nomor NIB atau Nama Kegiatan Usaha, nanti anda bisa langsung menekan tombol “Pilih NIB”.

Langkah Kedelapan: Memilih Kegiatan Usaha

Setiap kegiatan usaha biasanya memiliki bidang yang berbeda – beda mulai dari kuliner, jasa hingga umkm lainnya. Untuk memilih kegiatan usaha, anda bisa langsung menekan tombol “Pilih Kegiatan Usaha”. Adapun contoh usaha mikro adalah usaha Shoes and Care. 

Lalu anda bisa langsung tekan saja tombol “Izin Komersial/Operasional”. Anda hanya diminta untuk melengkapi data yang diperlukan, nanti bisa langsung menekan tombol “Lanjut dan Simpan”. Jika sudah, anda bisa melihat sendiri seperti apa draft Izin Komersial tersebut. 

Langkah Kesembilan: Melihat Draft

Untuk melihat draft dari usaha kecil menengah adalah dengan menekan tombol “Preview Izin”. Lalu anda bisa langsung melanjutkan untuk menekan “Lanjut dan Simpan”. Setelah itu, anda hanya cukup untuk menekan tombol “Preview Izin Komersial/Operasional”.