5 Tips Merawat Sepatu Trail Running!

Jakarta, Shoes and Care - Salah satu olahraga yang sangat digandrungi orang banyak saat ini adalah berlari, ada yang berlari di jalan raya atau trek, ada juga yang memilih berlari di pegunungan atau jalanan tanah dan menanjak. Setiap lintasan yang dilalui pastinya memiliki alatnya masing-masing, contoh saja jika kita melakukan trail running maka memakai sepatu trail running. Dengan medan yang tergolong ekstrim dan “agak laen”, terkadang sepatu trail running perlu mendapatkan perawatan yang ekstra dibandingkan sepatu pada umumnya. Nah, merawat sepatu trail running dengan metode yang benar bisa bikin sepatumu lebih awet dan tetap nyaman dipakai. Sepatu trail running pastinya sering terkena lumpur, pasir, dan kotoran lainnya, jadi perawatan yang tepat penting banget. Yuk, simak lima tips merawat sepatu trail running biar tetap prima!

1. Bersihkan Sepatu Secara Rutin

Jangan biarkan lumpur dan kotoran menempel terlalu lama di sepatu trail running kamu. Setelah digunakan, terutama di medan yang berlumpur atau berpasir, segera bersihkan sepatu. Caranya simpel:

- Lepaskan tali dan insole.

- Getok sepatu di permukaan keras untuk menghilangkan kotoran kasar.

- Gunakan sikat gigi bekas atau sikat sepatu untuk membersihkan sisa kotoran.

- Rendam sepatu dalam air hangat yang dicampur sabun cuci ringan selama 10-15 menit, lalu sikat perlahan.

- Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

2. Keringkan dengan Benar

Metode pengeringan sepatu yang benar bisa sangat berpengaruh dalam menjaga bentuk dan material dari sepatu trail running. Seperti yang telah banyak dijelaskan di banyak artikel mengenai perawatan sepatu, jangan pernah menjemur sepatu di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak materialnya. Maka itu solusi terbaiknya adalah sepatu bisa dikeringkan di tempat yang teduh dan berventilasi baik tanpa terpapar langsung sinar matahari. Selain itu, isi sepatu dengan kertas koran atau kain mikrofiber untuk menyerap lembab dan menjaga bentuknya agar tetap seperti semula. Terakhir, ganti kertas atau kain jika sudah terlalu basah.

3. Gunakan Produk Pelindung

Biar sepatu trail running kamu tetap terlindungi dari air dan kotoran, pakai semprotan pelindung yang tahan air dan noda. Semprotkan sebelum digunakan di medan berat, dan pastikan sepatu dalam kondisi bersih dan kering saat diaplikasikan. Produk pelindung ini bisa membantu sepatu tetap bersih lebih lama dan mempermudah kamu ketika pengen membersihkan sepatunya lagi.

4. Perhatikan Kebersihan Sol dan Upper

Sol dan bagian upper sepatu adalah bagian yang paling sering kena dampak dari medan trail yang ganas dan tidak bisa ditebak. Untuk bagian sol, pastikan selalu bersih dari lumpur dan batu kecil di sela-sela sol yang bisa mengurangi cengkraman grip, bahkan merusak grip sepatu itu sendiri. Gunakan sikat untuk membersihkan sela-sela sol. Untuk bagian upper, bersihkan dengan kain lembab atau sikat lembut. Jangan gunakan bahan kimia keras yang bisa merusak material.

5. Simpan dengan Baik

Teknik penyimpanan yang benar dan baik merupakan salah satu kunci utama memperpanjang umur sepatu trail running kamu. Yang pasti, jangan biarkan sepatu tergeletak sembarangan atau di tempat yang lembap. Pertama, simpan sepatu di tempat yang kering dan sejuk dan jangan simpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung atau terlalu panas. Akan lebih baik jika punya kotak sepatu, ya simpan saja sepatu di kotaknya saat tidak digunakan.

Merawat sepatu trail running sebenarnya nggak ribet, asal tahu caranya. Dengan lima tips diatas, kamu bisa memperpanjang umur sepatu kesayanganmu. Sepatu yang terawat baik nggak cuma awet, tapi juga lebih nyaman dipakai dan performanya tetap optimal saat dipakai di medan yang menantang. Yuk, rawat sepatumu dengan baik biar petualangan di alam bebas makin seru!

 

Postingan terbaru