5 Tips Memilih Sepatu Lokal Berkualitas

Jakarta, Shoes and Care - Jika bicara soal trend sepatu, saat ini banyak bermunculan model baru dari berbagai brand. Mulai dari pembaruan dari segi warna sampai materialnya. Para produsen berlomba-lomba untuk selalu memanjakan pelanggannya lewat sebuah sepasang sepatu.

Tak dipungkiri Demand yang tinggi dari masyarakat saat ini membuat beberapa pabrik yang dulunya hanya menerima produksi dari orang atau pihak lain akhirnya melihat peluang untuk menjualkan sepatu produksi sendiri dan membuat sebuah brand baru.

Dari berbagai banyak brand sepatu saat ini tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, yang tentu berpengaruh pada kualitas sepatu tersebut. Karena itu kami akan memberikan 5 Tips memilih sepatu lokal berkualitas. Simak dibawah ini!

Bahan Yang Digunakan

Tips yang pertama dan yang harus diperhatikan yaitu ketahui jenis bahan yang digunakan pada sepatu tersebut. Apakah menggunakan canvas, suede, berbahan leather atau denim. Tentu masing-masing bahan ini memiliki keunggulannya masing-masing. Meski begitu sepatu lokal yang berkualitas sering kita jumpai sepatu berbahan canvas 12 oz dan suede, yang saat ini mudah diterima market Indonesia.

Kerapihan Eksekusi

Memproduksi sepasang sepatu memang tak mudah, namun sudah sepantasnya pihak produsen memperhatikan kerapian sepatu yang dibuat. Mulai dari jahitan, lem yang tidak belepotan hingga bentuk yang simetris dan kokoh. Semua aspek ini harus diperhatikan karena akan mempengaruhi dari kualitas sepatu itu sendiri. 

Desain Unik dan Menarik 

Walau terbilang subjektif, sebuah sepatu bisa dikatakan berkualitas jika memiliki desain yang unik dan menarik, terlihat beda dari merk sepatu lain dan memiliki identitas desain sendiri. Jika kamu hanya beli yang penting bisa dipakai tidak masalah, namun ada beberapa point yang harus diperhatikan jika tidak ingin dianggap penjiplak.

Kemasan

Kalau tadi bahas dalamnya, sekarang luarnya. Packaging atau kemasan saat ini juga menjadi perbincangan seru dikalangan Sneakerheads. Sepatu dengan kemasan yang niat akan menjadi value lebih dari sebuah brand. Packaging niat yang dimaksud adalah pakai kardus yang hardbox ditambah desain yang Eye Catching, bukan sekedar kardus murahan yang gampang penyok, lalu ditambah kartu ucapan, sticker, atau bisa ditambah bonus-bonus lain yang membuat pembeli nagih dan merasakan experience lebih ketika mendapatkan sepatu tersebut.

Branding

Jika kamu melihat konten sebuah brand di sosial media, kamu enak melihat gambar yang bagus dan terkonsep atau yang asal-asalan yang penting kelihatan? normalnya jelas pilih yang bagus dan terkonsep. Sebuah sepatu lokal bisa dilihat kualitasnya dari branding yang dia bawa. Walau hanya sepasang sepatu, branding akan mempengaruhi pandangan customer terhadap sebuah brand. Campaign yang dia angkat, segment yang dia targetkan dan Unique Selling Point yang dia punya akan sangat mempengaruhi kualitas dari sepatu tersebut.

Semoga 5 tips ini membantu kalian untuk menemukan sepatu lokal berkualitas ya! Ngga susah kok, sepatu lokal sekarang banyak yang sudah memenuhi 5 point yang disampaikan diatas. Bangga lokal!

Postingan terbaru