5 Tips Belajar yang Efektif

Jakarta, Shoes and Care - Kata “belajar” terkadang membuat sebagian dari kita ingin langsung menghindar. Apalagi untuk kita yang sudah duduk di bangku kuliah. Karena pergaulan dan aktifitas bersama teman di luar kelas perkuliahan lebih menarik, banyak dari kita malas membuka buku untuk belajar. Untuk itu mari kita bahas bagaimana tips belajar yang efektif. 

  • Gaya Belajar

Kita harus menganalisa terlebih dahulu bagaimanakah gaya belajar yang sesuai dengan pribadi kita, sehingga kita dapat menentukan metode mana yang akan kita pergunakan. Apakah itu visual, auditori atau kinestetik. Dengan begitu kita dapat dengan tepat menentukan cara dalam memahami dan mengingat pelajaran.

  • Pengulangan Berkala

Agar mendapatkan hasil maksimal, belajarlah dalam kurun waktu singkat nemun dengan frekuensi lebih sering. Luangkan waktu 15 menit setiap harinya selama satu minggu untuk menguasai satu bab pelajaran. Karena adanya pengulangan informasi berulang, otak pun akan lebih mudah untuk menyimpannya. 

  • Fokus

Memang berselancar di dunia maya atau membaca komik adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun ketika sedang belajar, pastikan kamu fokus. Singkirkan gadget maupun komik atau apapun yang dapat merusak konsentrasimu dari sekitarmu.

  • Learning by heart atau Menghafal di Luar Kepala.

Learning by heart atau mempelajari dengan hati, maksudnya adalah dapat memahami tentang pelajaran yang secara teori tertulis pada buku dan memadukannya dengan apa yang diterangkan oleh pengajar, tidak hanya dihafal dengan begitu kita dapat mengingatnya lebih baik.

  • Gunakan Teknik Pomodoro

Pomodoro merupakan salah satu cara belajar efektif yang diciptakan oleh Franscesco Cirillo. Pomodoro merupakan bahasa Italia untuk tomat, yang merujuk kepada bentuk timer yang digunakan oleh Cirilo.  

Untuk melakukan teknik ini, siapkan timer dan atur waktu di angka 25 menit. Mulailah belajar, dan saat  waktu selesai, alokasikan 5 menit untuk mengistirahatkan otak. Setelah itu, lanjutkan lagi pelajaran selama 25 menit . Teknik ini dilakuan agar kamu bisa tetap fokus hingga proses belajar selesai.

Semoga bermanfaat dan tentunya dapat meningkatkan cara belajar yang efektif ya

 

Postingan terbaru