5 Tips Aman Bertransaksi Digital

Jakarta, Shoes and Care - Saat ini banyak pihak khususnya pelaku ekonomi yang memodifikasi cara mereka bertransaksi dengan masyarakat. Salah satunya adalah bertransaksi secara digital. Namun di tengah kemudahan dalam bertransaki, transaksi digital juga turut sering dijadikan tempat untuk melakukan penipuan, penurian data, pencurian uang, dan berbagai tindak kejahatan lainnya yang dapat terjadi karena tidak harus bertatap muka oleh orang/oknum jahat.

Dengan adanya kemungkinan terjadinya tindakan kejahatan dalam kegiatan transaksi online, maka kita perlu bersikap hati-hati serta menjaga keamanan atas setiap transaksi online yang kita lakukan. Berikut beberapa tips yang dapat kita terapkan agar transaksi online yang kita lakukan lebih aman dari segala bentuk kejahatan yang mungkin terjadi.

  • Hindari Penggunaan WiFi Publik Untuk Transaksi Keuangan

Karena pihak OJK menyatakan bahwa menggunakan WiFi public memiliki resiko tinggi untuk terjadinya pencurian data pribadi. Maka lebih baik jika kita menggunakan jaringan internet pribadi yang lebih aman. 

  • Selalu Perhatikan Notifikasi Transaksi

Jangan lupa untuk selalu memantau notifikasi dari setiap transaksi yang anda terima. Apakah notifikasi yang anda terima adalah benar transaksi yang anda lakukan atau bukan. Jika bukan maka anda dapat langsung melakukan tindakan pelaporan kepada pihak-pihak terkait seperti pihak Bank, pihak penyelenggara aplikasi dan pihak berwajib.

  • Lakukan Transaksi Digital Pada Situs dan Aplikasi Resmi

Banyaknya bentuk promo yang sering kita terima pada pesan singkat dalam hal ini SMS atau pun Whatsapp dari nomer yang tidak dikenal mengatasnamakan Institusi, merk dagang atau pun produk tertentu. Kita jangan sampai terkecoh. Selalu pastikan transaksi digital yang anda lakukan adalah benar pada situs resmi atau aplikasi resmi dari sebuah platform. Perhatikan penggunaan tanda titik (.), koma (,), underscore (_), atau strip (-) yang tertera pada sebuah link yang anda terima pada pesan singkat tersebut. Apakah sama dengan link yang dimiliki oleh situs resmi.

  • Rutin Mengganti Password

Usahakan untuk rutin mengganti password yang anda gunakan. Secara berkala PIN/ password sebaiknya diganti dengan angka, tanda baca, dan huruf yang unik. Selain itu, gunakan PIN/password berbeda untuk rekening atau akun yang berbeda. 

  • Jangan Pernah Memberitahu PIN?Password atau OTP Pada Orang Lain Yang Tidak Dikenal

Hindari mengirimkan data pribadi anda melalui aplikasi percakapan digital atau media sosial. Selain itu sangat berbahaya jika anda memberitahukan PIN, password, atau OTP kepada orang lain yang anda tidak kenal. Hal tersebut sangat berbahaya karena mereka dapat mengakses rekening atau pun akun pribadi anda

Semoga bermanfaat

Postingan terbaru