4 Tips Hidup Sehat yang Mudah Diterapkan Setiap Hari

Jakarta, Shoes and Care - Untuk memiliki kualitas hidup yang baik tentunya harus didukung dengan pola hidup yang sehat. Jika kita tidak menyadari sedari dini akan manfaat dari pola hidup yang sehat, maka kita akan menyesal di masa depan kita tidak lagi dapat beraktivitas dengan leluasa. Karena benar kalimat ”men sana in corpore sano” di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Bahwa jika kita memiliki pola hidup yang sehat, tentunya akan berdampak juga pada kesehatan tubuh, pikiran dan juga mental yang sehat. 

Berikut 5 tips hidup sehat yang mudah diterapkan pada kehidupan kita sehari-hari:

  • Mulai Hari Anda Dengan Sarapan Sehat

Makan sesuatu yang tinggi serat serta mengandung protein untuk dapat mengenyangkan dan menambah energi. Jika kalian makan dengan kandungan nutrisi yang baik dapat menurunkan risiko diabetes serta meningkatkan kesehatan jantung. Tidak hanya itu, sarapan juga membantu mengurangi kabut otak, sehingga dapat membuat diri kalian lebih siap untuk menghadapi kegiatan awal di pagi hari seperti rapat pagi atau pun ujian semester. 

  • Minum 1 Gelas Air Ekstra Setiap Hari

Bukan hal yang baru bahwa manfaat dari minum air lebih banyak adalah hal yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan meminum air dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap normal, melumasi dan melindungi sendi, melindungi sumsum tulang belakang dan jaringan sensitive lainnya serta membuang limbah melalui buang air kecil, keringat dan buang air besar. Karena 50 hingga 75% dari berat tubuh adalah air. Minum H2O biasa sangat penting untuk menjaga tubuh bekerja sebaik mungkin dan tetap menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi. 

  • Jalan Kaki Selama 10 Menit Setiap Hari

Bagi kalian yang tidak pernah berolahraga atau jarang berolahraga. Kalian dapat memulai kebiasaan berolahraga dengan meluangkan 10 menit setiap harinya untuk berjalan kaki. Kegiatan ini sangat sederhana dan sangat mudah untuk dilakukan. Jangan biarkan faktor cuaca menghalangi kalian. Kegiatan ini harus tetap dilakukan setiap harinya, kalian dapat mengatur waktu kalian sesuai dengan yang kenyamanan kalian.

  • Tidurlah ½ Jam Lebih Awal

Banyak dari  kita tidak memiliki tidur nyenyak selama 7 atau 8 jam setiap harinya. Tidur nyenyak tidak hanya memberi lebih banyak energi, tetapi juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi makanan dengan lebih baik. Cobalah tidur ½ jam lebih awal dari waktu biasanya. Matikan ponsel kalian atau jangan bermain gadget disaat mau tidur, dengan cara ini kalian dapat tidur lebih cepat. Ketika kalian kurang tidur, dapat mengurangi produksi hormon tubuh dan dapat mengurangi nafsu makan, yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan. Penambahan berat badan dapat memiliki risiko terhadap penyakit jantung, obesitas, dan tekanan darah tinggi. 

Bagi kalian yang menderita insomnia atau sleep apnea segera mencari solusi untuk mengatasinya dengan bantuan tenaga profesional agar tidak berdampak buruk terhadap kesehatan tubuh kalian serta menurunkan kualitas hidup kalian.

Jika kalian pada siang hari terasa mengantuk, kalian dapat tetap melakukan tidur siang namun perlu dibatasi menggunakan alarm hanya selama 30 menit untuk tidak tidur terlalu lama. Dikutip dari https://health.clevelandclinic.org/.

Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Dibutuhkan kesadaran, kemauan yang kuat serta komitmen untuk mengubah kebiasaan hidup kita yang kurang baik. Mulai dari sekarang dan ke depan buat komitmen dengan diri sendiri untuk hidup lebih baik dengan memulai hidup sehat.

Postingan terbaru