4 Manfaat Pemanasan Sebelum Olahraga

Jakarta, Shoes and Care - Belakangan ini olahraga merupakan salah satu aktifitas yang telah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar orang pada era ini. Dalam melakukan olahraga ternyata ada sebuah persiapan yang ternyata sangat penting untuk dilakukan oleh kita semua meskipun kita bukanlah seorang atlet profesional.

Dikutip dari https://www.health.harvard.edu/ menurut David Nolan, seorang terapis fisik di Rumah Sakit Umum Massachusetts yang berafiliasi dengan Harvard mengatakan “Banyak orang tidak mengerti bahwa peregangan atau pemanasan harus dilakukan secara teratur dan itu harus dilakukan setiap hari”. Karena ternyata kita semua perlu melakukannya untuk melindungi mobilitas dan kemandirian tubuh kita. Hal ini terkait dengan aktifitas kita secara umum dan bukan hanya ditujukan bagi seorang pelari atau pesenam saja. 

Berdasarkan https://investohealth.com/ terdapat dua tipe peregangan yang perlu kita ketahui, yaitu pemanasan statis dan dinamis. Peregangan statis adalah cara yang efektif untuk meningkatkan fleksibilitas anda. Peregangan ini terutama digunakan sebagai bagian dari rutinitas pendinginan. Cara melakukannya adalah dengan menahan peregangan selama 10 hingga 30 detik. Peregangan dinamis, dalam peregangan dinamis kita tidak menahan peregangan tetapi menggerakkan otot dan persendian yang kita targetkan melalui rentang gerakan 10 hingga 12 kali. Tipe pemanasan atau peregangan satu ini dapat meningkatkan kecepatan dan membantu mengurangi kekakuan otot. Peregangan ini digunakan sebagai bagian dari rutinitas pemanasan. 

Berikut adalah 4 manfaat pemanasan sebelum berolahraga : 

  • Mengurangi Resiko Cedera

Pemanasan tidak dapat menghilangkan kemungkinan cedera, tetapi dapat mengurangi kemungkinan cedera. Peregangan dinamis sangat baik dilakukan pra Latihan dalam rutinitas berolahraga.

  • Meningkatkan Kekuatan Otot

Setiap otot, organ, dan pembuluh darah di tubuh kita dilapisi oleh lapisan tipis jaringan ikat yang disebut fascia. Fascia diperlukan untuk menjaga otot anda pada posisi yang tepat. Dengan peregangan memungkinkan fascia kita menjadi lebih fleksibel, memberikan ruang yang cukup untuk otot tubuh kita tumbuh dan menghasilkan kekuatan otot yang meningkat.

  • Meningkatkan Jangkauan Gerak

Kemampuan sendi untuk bergerak melalui seluruh jangkauan gerak disebut sebagai rentang gerak. Sendi harus digerakkan melalui jangkauan gerak penuh setiap hari agar tetap sehat. Tanpa jangkauan gerak secara penuh, cairan sinovial yang juga dikenal sebagai cairan sendi, cairan pelumas internal yang kaya nutrisi, tidak dapat bersikulasi dengan baik dan mengurangi gesekan antar sendi yang dapat mengakibatkan kekakuan dan disfungsi. Sebagai pemanasan, peregangan dinamis sebelum latihan membantu meningkatkan kinerja dan rentang gerak sendi.

  • Meningkatkan Sirkulasi Darah

Melakukan rutinitas peregangan dinamis sebelum berolahraga dapat membantu kita meningkatkan aliran darah ke otot. Selama peregangan dinamis, dengan melakukan gerakan terkontrol meningkatkan detak jantung kita. Dengan meningkatkan jangkauan gerak dapat turut meningkatkan aliran darah dan suhu tubuh. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Journal of Physiology menemukan bahwa peregangan kaki yang sederhana dapat membantu meningkatkan aliran daran dan menurunkan tekanan darah ke seluruh tubuh.  

Semoga Bermanfaat ya.

Postingan terbaru