3 Tips Menjalankan Usaha UMKM saat Pandemi

Tips Menjalankan Usaha UMKM saat Pandemi - Saat pandemi tidak memungkiri banyak bisnis yang mulai beralih ke arah bisnis online, namun juga banyak bisnis yang mengalami kebangkrutan. Untuk itu ada baiknya untuk menyusun strategi baru untuk bisnis Anda selama pandemi hingga setelah pandemi. Berikut tipsnya.

1. Lakukan Inovasi dan Analisa SWOT

Membuat inovasi penting dalam bisnis, bukan hanya produk tapi juga terkait strategi promosi dan pemasaran, dengan platform digital banyak cara untuk melakukannya seperti melalui Facebook, Instagram, bahkan Youtube. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang ada dari usaha yang kita jalankan saat ini. Dengan analisis SWOT ini, bisa jadi bekal kita untuk menentukan langkah dan strategi dan inovasi selanjutnya.

2 Bergabung dengan Komunitas

Bergabung di komunitas bisa sangat membantu kita untuk terus berkembang. Selain bisa meningkatkan pengetahuan, dengan bergabung di komunitas, antar pelaku UMKM bisa saling menguatkan, membantu dalam memenuhi bahan produksi, termasuk mempromosikan usaha.

3. Cek Efektivitas Anggaran

Merencanakan ulang anggaran adalah hal yang sangat penting. Cek apakah pengeluaran yang tidak perlu masih sering dilakukan. Selain itu, perlunya beradaptasi dan bertransformasi dari operasional bisnis offline ke online wajib untuk dilakukan saat ini. Dengan beralih ke digital, akan banyak banget keuntungan yang bisa kita dapat. 

Pada akhirnya, kreativitas merupakan kunci utama dalam mempertahankan bisnis selama pandemi. 

 

Postingan terbaru