3 Cara Mudah Bakar Kalori

Jakarta, Shoes and Care - Belakangan semenjak peraturan terkait PPKM sudah dicabut oleh Pemerintah. Kegiatan masyarakat juga mulai menggeliat bangkit kembali dan kuliner enak banyak bertebaran di segala penjuru. Banyak dari kita berdasarkan asas balas dendam memenuhi hasratnya yang selama ini tertunda. Sehingga berat badan pun naik. 

Untuk dapat membakar kalori secara efektif, olahraga seperti apa yang dapat membantu agar kalori dalam tubuh dapat terbakar dengan cepat. 

Berdasarkan sumber pada https://www.healthline.com/ Berlari berada pada urutan pertama untuk dapat membakar sebagian besar kalori per jam. Bersepeda, joging dan berenang juga merupakan pilihan yang sangat baik. High Intensity Interval Training (HIIT) adalah jenis olahraga intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi 10 hingga 30 menit. Latihan HIIT ini juga baik untuk membakar kalori. Setelah latihan HIIT, tubuh akan terus membakar kalori hingga 24 jam. Namun, perlu untuk selalu diingat bahwa selalu lakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga kardio. Dengan pemanasan dapat meningkatkan temperature tubuh, sirkulasi darah yang bertujuan mempersiapkan tubuh kalian sebelum berolahraga. Selain itu juga dapat mengurangi resiko cedera.

Berikut penjelasan lebih detail 3 cara mudah membakar kalori dengan cepat :

  • Lari : Perkiraan rata-rata kalori terbakar per menit 10.8 hingga 16 

Berlari adalah olahraga terbaik untuk membakar kalori, meninkatkan fleksibilitas dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena berlari memerlukan peralatan apa pun, cukup nyaman untuk dilakukan dimana saja. Semakin cepat berlari, seakin banyak kalori yang akan terbakar per menit.

  • Berenang : Perkiraan rata-rata kalori terbakar dalam 30 menit  198 hingga 294

Renang adalah olahraga yang membakar energi sekaligus meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan aliran darah, serta meningkatkan kapasitas paru-paru dan jantung. Berenang santai selama 30 menit dapat membakar jumlah kalori yang sama dengan jogging selama 30 menit. Bagi yang memiliki permasalahan pada persendian atau mobilitas yang terbatas, renang dapat menjadi pilihan yang tepat. Untuk meningkatkan pembakaran kalori saat berenang, kalian dapat melakukan beberapa putaran atau aerobik air.

  • Sepeda Statis : Perkiraan rata-rata kalori terbakar dalam 30 menit  210 hingga 311

Jika kalian memiliki sepeda statis atau memiliki akses untuk menggunakan sepeda statis, mulailah dengan pemanasan selama 5 menit dan bergantian antara kecepatan selama 1 menit dan interval pemulihan 2 menit. Pada skala dari 0 hingga 10, sebaiknya inerval kecepatan anda harus di 7 hingga 9. Dan interval pemulihan sebaiknya di 5 hingga 6. Untuk hasil yang maksimal cobalah bersepeda dengan intensitas tinggi secara berkala. Sebagai latihan kardio yang kuat, bersepeda statis dapat membakar kalori dalam 30 menit. 

Semoga info ini dapat bermanfaat dan dapat memilih olahraga mana yang sesuai bagi kalian dan kondisi tubuh kalian. 

Postingan terbaru