Tips Mudah Merawat Sepatu Bahan Suede

Jakarta, Shoes and Care - Saat ini bahan suede tidak hanya digunakan pada model sepatu formal seperti sepatu pantofel, bahan suede juga dipergunakan pada sepatu sneaker. Tampilan dari bahan suede membuatnya fleksibel untuk dipergunakan pada acara formil maupun kasual. 

Memang sebagian orang ragu untuk membeli sepatu berbahan suede karena khawatir perawatannya sulit dan ketika kotor tidak mudah untuk dibersihkan. Namun jika kita mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk dapat merawatnya, maka tidak akan begitu sulit.

Pada kesempatan ini mari kita bahas bagaimana tips merawat sepatu dengan berbahan suede

  • Perawatan Sebelum Sepatu Berbahan Suede Digunakan

Saat akan mengenakan sepatu berbahan suede, pastikan kalian selalu menggunakan shoe horn. Ini dapat memudahkan kalian untuk menyelipkan kaki kalian tanpa menyebabkan kerusakan pada lapisan pergelangan kaki pada sepatu. Ini juga akan mencegah kerutan pada permukaan sehingga memungkinkan sepatu untuk mempertahankan bentuknya. 

Satu-satunya pengecualian untuk menggunakan shoe horn adalah dalam kasus sepatu boot berbahan suede. Karena pada jenis sepatu ini kalian tidak memerlukan alat bantu.

Sikat sepatu berbahan suede kalian dengan menggunakan sikat kasar untuk menghilangkan kotoran atau debu yang mungkin menumpuk pada bahan pada bagian upper. Suede merupakan bahan yang tahan terhadap gesekan yang kuat, dan ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan penumpukan kotoran atau pun debu yang dapat merusak tampilan sepatu dari waktu ke waktu. Sikat khusus sepatu berbahan suede tentunya adalah sikat yang paling tepat untuk kalian pilih, dibandingkan menggunakan sikat sepatu biasa lainnya. 

  • Perawatan Sepatu Berbahan Suede Setelah Digunakan

Perawatan sepatu berbahan suede setelah kalian gunakan sama dengan perawatan sebelum sepatu berbahan suede digunakan yaitu mengulangi proses menyikat sepatu seperti yang kalian lakukan sebelum kalian mengenakan sepatu kalian. Proses yang sama ini dilakukan untuk menghilangkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam bahan. 

Sikat dengan kuat untuk membuatnya terlihat bersih seperti sebelum digunakan dan bersihkan secara menyeluruh. Kemudian tinggalkan sepatu di tempat yang lapang serta berventilasi baik untuk sepatu dapat bernapas. Ini juga dapat menghilangkan bau lembab dan keringat yang tertinggal pada sepatu. 

Akan lebih baik lagi jika memasang shoe-trees pada sepatu, karena dengan memasukkannya ke dalam sepatu setelah sepatu digunakan, dapat membantu mempertahankan bentuk sepatu. Ini akan mencegah kerutan pada permukaan sepatu dan menjaga bentuk sepatu lebih lama. 

Jika kalian berencana tidak untuk menggunakan sepatu berbahan suede kalian lagi pada sementara waktu, tutupi sepatu kalian dengan kain atau masukkan ke dalam dustbag untuk menjauhkannya dari debu dan faktor lingkungan hingga penggunaan selanjutnya. 

Semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian dalam memperlakukan sepatu berbahan suede kalian agar lebih tahan lama. Jangan pernah ragu mempercayakan perawatan sepatu berbahan suede kalian pada Shoes And Care yang selalu memberikan garansi pada setiap pelayanannya.

Postingan terbaru