Tips Merawat Tas Agar Awet dan Terjaga Warnanya!

Jakarta, Shoes and Care - Selain sepatu, tas merupakan salah satu benda aksesoris yang sangat layak untuk dikoleksi untuk beberapa merk tertentu. You named it, ada Hermès, Chanel, Prada, Saint Laurent, dan tas tas mewah lainnya. Selain itu, tas menjadi salah satu aksesoris penting yang perlu dirawat agar tetap awet dan warnanya tidak luntur. Kan sayang-sayang, sudah spend uang yang banyak untuk membeli tas impian, eh malah rusak karena tidak dirawat dengan metode yang tepat. Intinya, semakin tas dirawat dengan benar maka semakin tas tersebut awet dan tetap terjaga warnanya. Biar kamu ga bingung, berikut enam tips untuk merawat tas agar warnanya tetap cerah dan tahan lama.

1. Penyimpanan yang Tepat

Langkah pertama dan yang paling penting: simpan tas kesayanganmu di ruang penyimpanan yang baik. Seperti apa? Ruang penyimpanan tas yang baik itu harus tempat yang kering dan sejuk serta jauh dari sinar matahari langsung. Jika kamu belum mempunyai tempat penyimpanan khusus yang memadai, kamu bisa menggunakan dust bag atau kantong penyimpanan khusus tas terlebih  untuk melindunginya dari debu dan kotoran. Jika tidak memiliki dust bag, alternatifnya kamu bisa menggunakan kantong kain biasa. Yang penting, tas sudah dilapisi dulu dengan media penyimpanan yang baik sehingga terhindar dari debu yang berpotensi merusak lapisan warna pada tas. 

2. Bersihkan Secara Rutin

Membersihkan tas secara rutin sangat penting untuk mencegah kotoran dan noda menumpuk. Gunakan kain lembut yang sedikit dibasahi untuk membersihkan permukaan tas. Hindari penggunaan air berlebihan karena dapat meresap ke dalam bahan tas dan menyebabkan kerusakan. Khusus tas yang berbahan kulit, gunakan pembersih khusus kulit yang dapat menjaga kelembutan dan warna asli kulit.

3. Hindari Kontak dengan Cairan dan Bahan Kimia

Jauhkan tas dari cairan seperti parfum, lotion, dan bahan kimia lainnya yang bisa menyebabkan noda dan merusak warna tas. Beberapa cairan tersebut kadang memiliki kandungan yang dapat merusak bahan tas apabila tidak dibersihkan secepatnya. Nah, jika tas terkena cairan wajib untuk segera keringkan dengan kain lembut dan hindari menggosok terlalu keras.

4. Gunakan Semprotan Pelindung Tas

Produk semprotan pelindung tas dapat membantu melindungi tas dari noda dan cairan dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan tas. Pastikan untuk memilih produk yang sesuai dengan bahan tas kamu agar efektif dalam melindungi tanpa merusak tas. Namun ada baiknya kamu membaca kandungannya dan apakah aman untuk bahan tas kepunyaanmu. Jangan sampai kamu membeli dan mengaplikasikan semprotan pelindung yang tidak tepat dan mengakibatkan justru tas kamu rusak dan warnanya rontok. 

5. Jaga Bentuk dan Hindari Beban Berlebih

Untuk menjaga bentuk tas, isi dengan kertas atau bantal kecil saat tidak digunakan, hindari penggunaan kertas koran karena tinta cetaknya bisa meninggalkan noda. Beban berlebih dapat merusak bentuk tas dan menyebabkan warna luntur karena gesekan. Selain itu, tali tas juga bisa cepat aus dan warnanya memudar. Bawa barang sesuai kapasitas tas untuk menjaga bentuk dan keawetannya. Hindari menumpuk barang terlalu banyak agar tas tetap terlihat bagus dan awet digunakan.

6. Tangani Noda dengan Cepat

Jika tas terkena noda, segera bersihkan sebelum noda meresap dan menjadi sulit dihilangkan. Gunakan pembersih yang sesuai dengan bahan tas, seperti pembersih khusus kulit untuk tas kulit, dan kain lembut yang sedikit dibasahi untuk bahan lainnya. Hindari penggunaan bahan kimia keras yang dapat merusak warna dan tekstur tas. Penting untuk menangani noda secepat mungkin agar tidak menyebar atau menimbulkan kerusakan permanen. Dengan penanganan yang cepat dan tepat, tas akan tetap terjaga kebersihan dan tas tetap enak dilihat. 

Dengan mengikuti enam tips diatas, kamu bisa menjaga tas agar tetap awet dan warnanya tidak luntur. Perawatan yang tepat akan memperpanjang usia pakai tas kesayangan kamu, serta menjaga penampilannya tetap menarik dan fungsional. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru