Tips Merawat Sepatu Harian!

Jakarta, Shoes and Care - Setelah kemarin kita membahas bagaimana memilih sepatu harian, sekarang saatnya membahas bagaimana merawat sepatu harian tersebut agar tetap awet dan nyaman digunakan. Sebenarnya, cara merawat sepatu yang biasa kita gunakan itu hampir mirip dengan cara merawat sepatu pada umumnya. Namun karena ini sepatu yang tiap hari kita gunakan mungkin ada perawatan-perawatan yang perlu kita perhatikan lebih detail dalam merawat sepatu ini. Apa saja tips nya? Simak penjelasannya berikut ini!

Apa yang Harus Dilakukan Tiap Hari?

Mencegah lebih baik daripada memperbaiki, hal itu sangat berlaku jika kamu ingin sepatu harianmu tetap awet. Maka itu, yang harus dilakukan tiap hari agar sepatu harian tetap awet ialah:

Menggunakan Kaus Kaki

Faktanya, ada sekitar dua ribu kelenjar keringat pada kaki kita lho! Maka itu mau musim apapun juga kaki cenderung banyak berkeringat, terutama saat memakai sepatu yang tertutup. Memakai lapisan kain seperti kaus kaki dapat membantu menyerap keringat dari kaki yang akan berpotensi merusak inner dari sepatu. Selain itu, kaus kaki dapat mengurangi tingkat kelembapan di sekitar kaki dapat menurunkan terjadinya berbagai penyakit dan infeksi.

Lepas Sepatu dengan Benar

Pasti ada nih diantara kamu yang suka melepas sepatu asal-asalan, entah dilepas paksa pada saat tali masih terikat kencang ataupun melepas sepatu dari belakang dengan ujung kaki. Hal ini sepenuhnya salah karena akan merusak sepatu dan membuat sepatu menjadi aus. Jika ingin sepatu tetap awet dan tetap pada bentuknya semula, lepaslah sepatu dengan sebagaimana mestinya. 

Jika Basah, Segera Keringkan!

Jika sepatu harianmu basah terkena hujan ataupun terkena cipratan air yang kotor, segera bersihkan dan keringkan sepatu kamu. Cuci secukupnya saja apabila ingin digunakan lagi, kecuali ingin disimpan di waktu yang lama. Kemudian, kamu bisa menjemurnya. Ingat! Mau sepatu harian ataupun simpanan hukumnya haram jika dijemur dibawah sinar matahari langsung. Sinar matahari akan menyebabkan pemudaran warna pada sepatu semakin cepat. Bahkan, bahan dari sepatu kamu juga akan lebih cepat rusak. Cukup keringkan dengan cara diangin-anginkan saja ya!

Melakukan Rotasi Sepatu

jika kamu sering memakai sepatu yang sama, membiarkannya “istirahat” untuk sesaat sepertinya perlu kamu terapkan. Hal ini diperlukan agar sepatu mampu menghilangkan semua kelembapan yang terkumpul selama digunakan. Atau mungkin agar sepatu punya waktu untuk mengering dengan baik jika tiba-tiba turun hujan. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk memiliki sepatu yang berbeda sebagai opsi rotasi sepatu harian kamu. 

Bersihkan secara Berkala

Jika konteksnya adalah sepatu harian, rasanya tidak perlu dibersihkan secara benar-benar bersih mendalam. Periksa saja apakah solnya bersih dan tidak ada bekas-bekas aneh di bagian atas atau di antara celah karet. Terkadang, kamu cukup mengocok sepatunya saja untuk menghilangkan atau menjatuhkan debu yang terkumpul selama penggunaan sehari-hari.

Jauhkan dari Debu

Meskipun judulnya sepatu harian, namun jangan sampai dikesampingkan dibanding sepatu sepatu yang lain ya! Rak sepatu merupakan tempat terbaik untuk menyimpan sepatu harian kamu. Rak sepatu yang bersih membuat sepatu tidak terkena debu dan zat lain yang dapat menyebabkan penuaan dini dan kehilangan warna aslinya. 
Itulah beberapa tips bagaimana merawat serta menjaga kualitas dari sepatu harian kamu. Sebenarnya, merawat sepatu harian bukanlah hal yang sulit. Namun, perlu kedisiplinan dan niat yang lebih agar sepatu harian kamu dapat dirawat dengan baik. If you love your shoes as yourself, then take care of your shoes with all your heart. Semoga informasi ini bisa diterapkan dengan baik!

Postingan terbaru