Tips Mengurangi Kadar Makanan dan Minuman Terlalu Manis

Jakarta, Shoes and Care - Makanan atau minuman manis pasti sering menggiurkan bagi kita semua. Kalian harus berhati-hati dengan minuman kemasan selain air mineral karena mengandung gula yang tinggi. Tidak hanya bicara minuman kemasan, minuman-minuman kekinian yang memiliki gerai pun memiliki rasa yang manis.  Tidak hanya pada minuman kemasan atau minuman kekinian, tetapi gula juga terdapat pada makanan yang mungkin kalian tidak anggap manis seperti roti, daging yang diawetkan dan saus tomat. Bayangkan jika kita mengkonsumsinya setiap hari, berapa banyak gula yang masuk ke dalam tubuh kita setiap harinya. Selain obesitas dan diabetes terlalu banyak gula dapat menjadi ancaman besar bagi kita untuk dapat terkena penyakit kardiovaskular. 

Menurut American Heart Association menyarankan wanita untuk mengkonsumsi tidak lebih dari 100 kalori atau setara dengan sekitar 6 sendok teh atau seberat 24 gram untuk 1 harinya. Sedangkan untuk pria mengkonsumsi tidak lebih dari 150 kalori atau setara dengan 9 sendok teh atau seberat 36 gram per hari. 

Pada kesempatan ini berikut beberapa cara mengurangi kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis.

  • Perhatikan jumlah gram gula per porsi serta jumlah total porsi.
  • Catat gula tambahan yang kalian tambahkan pada makanan atau minuman kalian.
  • Perhatikan juga makanan olahan tambahan yang dapat meningkatkan kadar glukosa dan tinggi lemak jenuh seperti roti putih, nasi atau gorengan yang di konsumsi di luar jam makan kalian.  Dikutip dari https://www.health.harvard.edu/.

Dengan mengetahui kebutuhan kalori yang sehat bagi tubuh serta menghitung asupan gula yang dikonsumsi akan membantu kita untuk dapat hidup lebih sehat sekaligus menjaga kesehatan jantung kita. 

Rasa manis yang paling baik untuk dikonsumsi adalah rasa manis yang berasal murni dari sayur-sayuran, buah-buahan atau rempah-rempah itu sendiri tanpa tambahan gula dan tanpa proses fermentasi. Serta tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Jika kita telah dapat mengkontrol asupan gula dengan baik, akan lebih baik jika diimbangi dengan pola hidup sehat dan olahraga. 

Yuk kita hidup sehat !

Postingan terbaru