Tips Memilih Sepatu Saat Menghadiri Acara Formal

Jakarta, Shoes and Care - Sering sekali dialami oleh banyak orang bingung menentukan sepatu seperti apa yang akan kita gunakan pada suatu acara formal. Khususnya pria, terkadang merasa lebih cuek untuk berpenampilan. Karena pria senang sesuatu yang simple. Namun ternyata, ada cara mudah untuk dapat memahaminya.

Berdasarkan sumber https://www.mrkoachman.com/ untuk dapat memutuskan sepatu apa saja yang perlu dimiliki sehingga dapat dipergunakan dalam beberapa kesempatan, maka ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, seperti :

  1. Apakah jenis, model dan warnanya telah tepat ?
  2. Apakah sepatu ini dapat mempercantik pakaian yang telah saya kenakan ?
  3. Apakah sepatu model apa saja yang cocok untuk berbagai kesempatan, baik dari acara formal hingga informal ?

Berikut Panduan Sepatu Formal : Berdasarkan Jenis Sepatu 

  • Most Formal Occasion

Pump ‎‎-> Oxfod -> Derby -> Monkstrap -> Chelsea -> Boot -> Brogue

  • Semi- Formal

Venetian Loafer -> Penny Loafer -> Belgian Loafer -> The Horse Bit or Gucci Loafer -> Tassel Loafer -> Chukka Boot

Berikut Panduan Sepatu Formal : Berdasarkan Warna Sepatu

  • Most Formal Occasion

Sepatu berwarna hitam untuk kesempatan yang sangat formal. Karena warna hitam selalu serasi jika dipadukan dengan Tuxedos dan business suits seperti setelan jas formil. 

  • Semi- Formal

Dark brown atau cokelat tua. Bisa dikatakan warna cokelat tua sedikit memberikan kesan kurang formal jika dibandingkan dengan sepatu berwarna hitam. Warna cokelat tua dapat dipakai di segala musim.

Cordovan yaitu warna cokelat yang sedikit ada perpaduan warna burgundy atau warna merah anggur. Walaupun sekilas hampir sama dengan warna cokelat tua, namun karena warnanya yang sedikit lebih cerah memberikan kesan lebih sedikit santai walaupun tetap formal.

Navy Blue atau biru tua, walaupun warna satu ini termasuk warna yang jarang pada sepatu tetapi relatif masih memberikan kesan yang stylish atau bergaya karena warnanya yang gelap. Dalam situasi sepatu resmi, sepatu biru tua dapat berpasangan dengan baik dengan celana panjang biru tua dan abu-abu. Jangan lupa untuk mengenakan sabuk berwarna biru tua yang tepat.

Charcoal Grey atau abu-abu arang. Ini juga merupakan warna yang sangat jarang, warna ini sama dengan warna biru tua memberikan kesan yang sedikit kurang formal Namun sangat baik jika dipadu-padankan dengan celana panjang berwarna biru tua atau pun abu-abu.

Semoga tips di atas dapat bermanfaat. Jangan lagu untuk selalu merawat dan mencuci sepatu formal kesayangan kalian di Shoes And Care yaa… kami tunggu..

Postingan terbaru