Tips Memilih Sepatu Olahraga Bulu Tangkis

Jakarta, Shoes and Care - Olahraga bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang digemari oleh segala umur dengan beragam tingkat kebolehan. Karena olahraga ini cukup menyenangkan untuk dilakukan. Namun dalam bermain bulu tangkis tidak hanya membutuhkan keterampilan untuk melakukannya tapi butuh ditunjang juga dengan peralatan seperti raket dan sepasang sepatu bulu tangkis. 

Pada kesempatan ini kita akan membahas beberapa tips untuk memilih sepatu bulu tangkis yang tepat, Adapun tipsnya adalah sebagai berikut:

  • Memahami Tipe Kaki 

Ada tiga tipe kaki yang perlu kalian ketahui yaitu tipe kaki lengkungan datar, netral dan tinggi. Kaki datar membutuhkan lebih banyak bantalan dan penyangga, sedangkan kaki netral membutuhkan lebih banyak fleksibilitas dan kaki dengan lengkungan tinggi membutuhkan stabilitas dan penyangga lebih. Dengan memahami tipe kaki akan membantu dalam mempersempit pilihan sehingga dapat menentukan sepatu terbaik yang dibutuhkan.

  • Mengetahui Jenis-Jenis Sepatu Bulu Tangkis

Ada beberapa jenis sepatu bulu tangkis yang dirancang untuk gaya bermain dan permukaan lapangan yang berbeda. Jika kita ingin mencari sepatu yang sifatnya serbaguna maka court shoe adalah pilihan terbaik. Court shoe dirancang untuk permainan di semua jenis lapangan, artinya dapat digunakan di lapangan indoor atau lapangan outdoor. Tapi jika kalian ingin mencari sepatu khusus lapangan indoor, maka control shoe adalah pilihan terbaik. Sepatu ini dirancang khusus dengan menampilkan sol yang lebih tahan lama yang lebih cocok untuk perubahan arah cepat dalam bermain bulu tangkis dalam ruangan.

  • Perhatikan Bahan Upper dan Solnya

Bahan upper sepatu bulu tangkis sama pentingnya dengan solnya. Bahan upper harus ringan dan bernafas, karena hal ini untuk memastikan agar kaki tetap kering dan nyaman selama pertandingan yang intens. Bahan yang paling umum digunakan untuk bagian upper sepatu bulu tangkis adalah kulit sintetis, mesh dan suede. Kulit sintetis adalah salah satu pilihan jika kalian mencari sepatu yang tahan lama dan suportif, sedangkan mesh dan suede keduanya ringan dan dapat menunjang kaki untuk dapat bernafas.

Sol sepatu bulu tangkis adalah salah satu fitur terpenting karena mempengaruhi daya cengkeram dan traksi sepatu. Sol yang baik harus memberikan cengkeraman dan traksi yang baik tetapi juga harus fleksibel dan ringan. Bahan terbaik untuk sol sepatu bulu tangkis adalah karet, karena memberikan cengkeraman dan traksi yang baik tetapi juga ringan dan fleksibel. Namun, jika mencari sol yang lebih tahan lama, maka busa EVA adalah pilihan yang bagus.

  • Pastikan Ukuran Pas

Ukuran yang pas pada sepatu bulu tangkis sama pentingnya dengan bahan dan desainnya. Jika sepatu terlalu longgar atau terlalu ketat, maka sepatu tersebut tidak akan memberikan support dan kenyamanan yang diperlukan. Saat mencoba sepatu bulu tangkis, pastikan ukurannya pas tetapi masih memberi ruang yang cukup untuk jari-jari kaki bergerak. Perlu dipastikan kaki tidak terpeleset atau kaki tidak bergesekan di bagian tumit atau sisi sepatu. Karena gerakan dalam bermain bulu tangkis sangatlah dinamis. Bersumber dari https://badmintonace.com/.

Tetap semangat berolahraga untuk menjaga stamina tubuh kita fit selalu. Salam olahraga ! 

Postingan terbaru