Tips Memilih Sepatu Basket yang Pas Buat Kamu!

Jakarta, Shoes and Care - Memilih sepatu basket yang tepat dapat menentukan kepribadian dari para penggunanya, salah satunya seperti gaya permainan saat di lapangan. Jika kamu lihat pemain-pemain basket di NBA, hampir semua sepatu basket yang dipakai oleh para pemain dibuat dengan desain yang mewah, nyentrik dan berbeda antar sepatu dengan sepatu lainnya. Menurut situs Jr. NBA Asia, sepatu untuk bermain basket terbagi menjadi tiga komponen dasar dengan masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Bagian upper sepatu sebagai penopang, sedangkan midsole berfungsi sebagai bantalan, sedangkan bagian outsole akan memberikan traksi ketika digunakan. Apabila salah cara memilih sepatu basket tersebut, maka risiko cedera juga bisa cukup tinggi.

Para pemain basket sejatinya memiliki daya jelajah tinggi lapangan yang kecil, jika dibandingkan dengan lapangan sepakbola. Nah, karena itulah kaki mengalami tekanan yang tidak sedikit. Hal tersebut yang menjadi perhatian para pemain basket, khususnya untuk menghindari cedera pada kaki. Jadi kemewahan dan branding itu memang pasti, namun untuk soal kenyamanan dan keamanan kaki tetap menjadi faktor utama. Maka itu, kami rangkum lima tips untuk memilih sepatu basket yang tepat.

Pastikan Ukuran Kaki Sebelum Membeli

Hal yang pertama kali dilakukan ialah mengetahui ukuran kaki sebelum nantinya membeli sepatu basket.

Meskipun sepele, namun ini bertujuan untuk mengetahui ukuran dan bentuk kaki yang nantinya sangat membantu untuk menentukan sepatu basket yang pas.

Perhatikan Ketinggian Upper Sepatu

Menurut Sepatu basket sendiri dapat dibedakan ke dalam tiga tipe upper: High Top, Mid-Top, dan Low Top. Ketinggian upper ini biasanya ditentukan oleh gaya permainan dan pilihan pribadi dari pemain. Berikut ini penjelasan tiap tipe uppernya:

High Top: Upper ini memiliki ciri khas, yaitu melindungi bagian ankle dan memiliki tingkat stabilitas yang bagus. Akan tetapi, karena material penyusunnya lebih banyak dibanding tipe lainnya, model ini memiliki bobot yang lebih berat.

Mid-Top: Model ini mempunyai tinggi hanya sebatas angkel. Selain itu, menggunakan sepatu basket dengan upper model ini bisa menambah agility dan speed saat bermain. Hal ini disebabkan bobot sepatu basket Mid-Top lebih ringan dari pada High Top.

Low Top: Memiliki keuntungan bobot yang paling ringan diantara model upper lainnya. Sepatu basket ini sangat membantu untuk permainan yang lincah dan cepat di lapangan. Meskipun begitu, sepatu ini tidak dapat banyak memberikan perlindungan terhadap ankle.

Ketahui Cara Bermainmu

Masih berhubungan dengan Upper sepatu, dari sini kamu sudah harus tau gaya bermain mu. Apakah kamu seseorang yang suka melakukan cut and drive melewati pemain? Atau kamu adalah seorang big man? Nah, coba cek penjelasannya berikut ini:

A. Power Player. Pemain ini paling banyak mengandalkan post-up, beradu badan di area low post atau di bawah ring adalah hal yang biasa untuk tipe ini. Seorang power player membutuhkan sepatu dengan stabilitas dan perlindungan extra. Oleh karena itu, sepatu basket yang paling tepat untuk digunakan adalah High Top atau Mid Top.

B All Around Player. Pemain bisa segalanya selama pertandingan. Baik itu post-up, cutting dan mencetak poin. Oleh karena itu, tipe pemain seperti ini membutuhkan dukungan sepatu dengan kelenturan dan perlindungan yang baik. Mid Top adalah sepatu basket yang tepat untuk pemain tipe ini.

C. Speedster. Pemain ini memiliki karakter bermain yang cepat mengandalkan kelincahan dan kecepatan di lapangan. Low Top adalah sepatu basket yang paling cocok di pakai dengan pemain tipikal speedster.

Perhatikan Midsole dan Outsole

Memilih sepatu basket yang memiliki bantalan tambahan di bagian midsole juga akan memberi kenyamanan ekstra saat digunakan. Bantalan yang cukup populer biasanya terbuat dari bahan EVA, compressed EVA, polyurethane atau kombinasi dari ketiga bahan tersebut. Jangan lupakan juga untuk memperhatikan bagian outsole. Menurut DICK'S Sporting Goods, outsole sepatu basket rata-rata terbuat dari karet atau bahan sintetis untuk membantu memaksimalkan traksi dari sepatu saat digunakan.

Ada baiknya memilih sepatu basket dengan bagian outsole yang cukup datar dan lebar supaya memberi daya keseimbangan yang lebih maksimal. Perhatikan pula bentuk atau alur dari outsole sepatu, Baiknya memilih outsole dengan pola herringbone atau heksagonal yang dirancang untuk membantu mengamankan kaki dan mencegah dari risiko tergelincir saat digunakan bermain.

Sesuaikan Dengan Budget

Pada akhirnya, semua akan kembali ke budget masing-masing. Meskipun banyak yang harus diperhatikan dalam meminang sepatu basket, tapi bukan berarti harus memilih sepatu basket dengan harga yang fantastis.

Bahkan, mulai banyak sepatu yang memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang affordable. Ada pula brand sepatu basket lokal yang bisa jadi pilihan alternatif kamu, seperti Spotec, Ardiles, League dan Precise. 

 

Nah, itulah lima tips untuk memilih sepatu basket yang tepat untuk kamu. Selamat bermain!

 

Postingan terbaru