Tips Latihan Half Marathon

Jakarta, Shoes and Care - Half Marathon merupakan lari jalan raya yang berjarak setengah dari Marathon. Sebagian penggiat lari juga mengungkapkan Half Marathon dapat mengukur seberapa baik ketahan tubuh saat berlari. Jarak Half Marathon tidak bisa dikatakan atau dianggap mudah, pasalnya akan sulit untuk anda mendapatkan kecepatan Anda lebih dari 13,1 mil. Maka dibutuhkan latian sebelum anda memastikan mendaftar Half Marathon.

Namun ada beberapa hal akan terjadi bila terlalu berlebihan dalam sesi latihan rutin Half Marathon, salah satunya yakni akan cepat merasa bosan dan merasa jenuh. Kemudian akan ada kemungkinan terhentinya kemajuan yang signifikan dikarenakan tubuh telah terbiasa dengan rutinitas yang serupa.

Kali ini kita akan membahas beberapa tips khususnya untuk Half Marathon

  • Lari Dengan Jarak yang Panjang

Lakukan hal ini seminggu sekali. Dengan kecepatan stabil, tubuh anda akan terbiasa dengan jarak tempuh yang akan dituju. Dan tentunya akan bermanfaat juga bagi mental dan fisik Anda.

  • Mengatur Tempo

Mengatur tempo sangatlah penting, karena melewati batas ketahanan fisik sangat tidak dianjurkan demi menjaga kesehatan anda. Ini keseimbangan yang bagus. Selain itu dengan mengatur tempo anda juga dapat lebih berkonsentrasi pada pernapasan.

  • Pelatihan Interval

Pelatihan Fartlek yakni variasi populer pada pelatihan interval. Dengan latihan ketahanan dan tempo yang sudah Anda lakukan, latihan semacam ini dirancang untuk meningkatkan kecepatan kaki Anda dan mengangkat lutut Anda.

  • Latihan Lebih di Bukit

Berlari di tempat yang cukup curam dengan kecepatan tetap akan membantu kemampuan tubuh untuk membersihkan penumpukan asam laktat, dengan manfaat tambahan untuk memperkuat otot-otot kaki. Namun disarankan tidak memaksakan diri melakukan sprint. Anda harus memilih kecepatan yang memungkinkan Anda mempertahankan kecepatan yang konsisten untuk seluruh interval bukit.

  • Memaksimalkan Nutrisi

Ini bertujuan untuk memberikan kecukupan kalori dan memastikan bahwa sebagian besar kalori tersebut berasal dari makanan bergizi. Makanan pokok meliputi karbohidrat untuk pelepasan energi yang stabil, protein untuk pembentukan dan lemak sehat untuk meningkatkan cadangan energi.

  • Istirahat

Istirahat juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Dengan banyaknya variasi program pelatihan anda harus memberikan peran istirahat pada fisik. Agar tetap seimbang dengan latihan-latihan yang sedang dijalani.

Kecepatan yang ditingkatkan akan datang secara alami sejalan dengan pola dan porsi latihan yang konsisten. Semoga bermanfaat ya

Postingan terbaru