Tips Agar Warna Sepatu Kanvas Tidak Pudar!

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu dengan bahan kanvas emang enak banget buat dipake harian. Selain mudah dipakai, sepatu kanvas juga mudah untuk dikreasikan dengan berbagai macam warna. Tidak heran kalau sepatu kanvas tetap digemari hingga saat ini, meskipun sepatu dengan bahan yang lebih kuat seperti mesh, kulit dan bahan lainnya bermunculan. Namun, menjaga warna sepatu kanvas agar tetap awet membutuhkan perhatian khusus dan perawatan yang tepat. Salah satu kelemahan dari sepatu kanvas adalah cenderung rentan terhadap noda dan mudah rusak karena bahan yang terbuat dari kain. Maka itu, penting untuk merawatnya secara rutin agar tetap terlihat bagus. Nah, ada beberapa tips dari Shoes and Care agar warna sepatu kanvas kamu tetap awet. Simak artikel dibawah ini!

Bersihkan Secara Rutin

Salah satu kunci menjaga warna pada sepatu kanvas adalah melakukan pembersihan sepatu secara berkala. Disarankan untuk menggunakan sikat lembut atau kain bersih yang sudah dicelupkan ke dalam air sabun dengan intensitas ringan untuk membersihkan permukaan sepatu. Jangan menggunakan deterjen karena sifatnya yang keras dapat merusak serat pada kanvas. 

Take note: jangan pernah cuci dalam mesin cuci! Proses mencuci yang kasar seperti dengan mesin cuci dapat merusak serat kanvas dan mengakibatkan warna memudar atau bahkan rusak. Lebih baik kamu membersihkannya secara manual daripada semakin rusak. Lebih baik capek mencuci sepatu namun hasilnya terjaga daripada ingin cepat tapi berpotensi sepatu cepat rusak.

Keringkan dan Simpan dengan Benar

Setelah membersihkan sepatu kanvas, jangan keringkan dengan mesin pengering atau di bawah sinar matahari langsung ya. Lebih baik biarkan mereka mengering dengan sendirinya di tempat yang teduh. Agar prosesnya lebih cepat, bisa masukkan kertas koran atau kain kering ke dalam sepatu untuk menyerap kelembabannya. Hindari menggunakan pengering rambut atau sumber panas lainnya, karena bisa bikin kanvas jadi rusak. Dengan begitu, sepatu kanvas favorit kamu tetap awet dan warnanya nggak pudar, tanpa repot-repot harus pakai teknik yang ribet. 

Untuk menyimpan sepatu kanvas dengan benar, pastikan mereka ditempatkan di tempat yang kering dan terlindungi dari sinar matahari langsung. Gunakan rak atau kotak penyimpanan agar sepatu tetap teratur dan terhindar dari debu. Hindari menyimpan sepatu di tempat yang lembab atau panas yang bisa merusak kualitas kanvasnya. 

Jangan Simpan Dekat Zat Pewarna

Masih berkaitan dengan tempat penyimpanan sepatu, hindari kontak sepatu kanvas dengan zat-zat berwarna seperti tinta, cat, atau bahan kimia lainnya yang dapat menyebabkan perubahan warna permanen. Selalu berhati-hati saat menggunakan sepatu kanvas di sekitar bahan-bahan berbahaya dan hindari kontak langsung dengan bahan-bahan tersebut. 

Solusi yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan pelindung warna atau semprotan perlindungan untuk bagian permukaan kanvas. Lapisan pelindung ini akan membantu mencegah noda dan memudarnya warna pada kanvas. 

Hindari Penggunaan Bahan Pembersih yang Tidak Tepat

Kembali lagi pada proses mencuci sepatu, pilihlah produk pembersih yang tepat untuk sepatu kanvas. Gunakan bahan-bahan yang lembut dan bersifat tidak keras untuk membersihkan sepatu. Jangan malas untuk membaca petunjuk penggunaan dengan cermat sebelum mengaplikasikannya ke permukaan sepatu. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras seperti pemutih atau pembersih berbasis asam untuk membersihkan sepatu kanvas. Bahan-bahan ini dapat merusak serat kanvas dan menyebabkan perubahan warna yang permanen.

See? Merawat sepatu kanvas tidaklah rumit, tidak seperti bahan-bahan sepatu lainnya. Jika kamu masih ragu untuk melakukan teknik-teknik perawatan sepatu, percayakan saja sepatu kanvas mu ke Shoes and Care! Semoga informasi ini bermanfaat. 

Postingan terbaru