Seberapa Penting Leg Day?

Jakarta, Shoes and Care - Semakin banyak orang yang menyadari pentingnya melatih tubuh mereka dengan lebih giat dan konsisten. Ada yang pergi ke gym, ada yang sekedar berlari pada pagi atau sore hari, ada yang melakukan kegiatan aerobik di rumah, hingga ada yang sampai kreatif membuat alat-alat gym sendiri. Nah buat kamu yang hobi melakukan olahraga, kamu pasti pernah mendengar istilah ‘leg day’ kan? Atau mungkin kamu pernah sesekali mendengar jokes “he clearly skip leg days” teruntuk orang yang lebih sering melakukan olahraga upper body seperti bicep daripada squat. Jadi, apasih yang dimaksud dengan leg day? Dan mengapa penting bagi tubuh kamu? Simak alasannya berikut ini!

Apa Itu Leg Day? 

Latihan ini seringkali dilewati karena sebagian besar hanya berfokus untuk membesarkan tubuh bagian atas saja. Padahal, rutin melakukan leg day bisa membuat tubuh kamu menjadi lebih stabil. 

Jadi, apa itu leg day? Leg day sendiri adalah hari dalam seminggu ketika orang-orang melatih pada bagian kaki mereka. Ini merupakan istilah yang digunakan oleh atlet angkat besi, binaragawan, dan atlet lainnya untuk menunjukkan program latihan tubuh bagian bawah mereka. Banyak orang beranggapan bahwa latihan ini merupakan sesi yang paling melelahkan dan paling menyiksa, padahal faktanya bagian bawah tubuh memiliki kekuatan yang jauh lebih kuat daripada bagian atas sehingga bagian bawah tubuh mampu mengangkat beban lebih banyak dibanding tubuh bagian atas. Leg day merupakan aspek penting dari rutinitas kebugaran seluruh tubuh yang dapat meningkatkan kekuatan, kecepatan, dan stabilitas dari tubuh.

Ada beberapa latihan yang bisa dikategorikan sebagai latihan leg day, diantaranya:

  • Lunges
  • Deadlifts
  • Step-ups
  • Bulgarian split squats
  • Leg presses
  • Hip bridges

Mengapa Leg Day itu Penting?

Ada beberapa alasan mengapa leg day itu penting dan jangan pernah kamu sepelekan. Alasan tersebut antara lain?

Membakar Lebih Banyak Kalori

Semua orang memiliki titik pembakaran kalori yang berbeda-beda, of course. Namun, secara tidak sadar kamu membakar lebih banyak kalori dengan bagian tubuh bawah dibandingkan atas. Leg day sering kali melibatkan kelompok otot yang lebih besar yang  sangat berperan untuk meningkatkan pembakaran kalori pada tubuh. Dengan kata lain, leg day merupakan jenis latihan yang melibatkan beberapa gabungan otot ataupun kelompok otot secara keseluruhan sehingga menghasilkan pembakaran kalori yang lebih besar. Ingatlah: otot membakar lebih banyak kalori daripada lemak. Satu pon jaringan otot membakar sekitar enam kalori, sedangkan satu pon lemak membakar dua hingga tiga kalori pada saat kondisi tubuh sedang istirahat.

Menjaga Bentuk Tubuh Lebih Proporsional

Jika kamu lebih banyak menyisihkan porsi latihan untuk bagian atas tubuh kamu, tentunya yang akan muncul adalah bentuk badan yang kurang proporsional. Tenang, bentuk tubuhmu tentu tidak akan menjadi seperti wujud pensil kok. Pastinya, massa dan definisi otot akan berkurang sehingga bagian atas dan bawah terlihat tidak cocok. Jika ingin terlihat lebih proporsional, don’t skip the leg day!

Mencegah Resiko Cedera

Pada saat melakukan leg day, kamu membangun dua hal; membangun kekuatan otot dan meningkatkan mobilitas tubuh. Kedua hal ini yang dapat membantu tubuh kamu menghindari resiko cedera yang menyakitkan. Otot dan tulang yang kuat berarti tubuhmu memiliki fondasi yang lebih stabil. Leg day jug akan membangun beberapa otot terbesar di tubuh kamu. Selain itu, mobilitas yang buruk merupakan salah satu penyebab utama terjadinya cedera pada tubuh. Maka itu, leg day bisa membantu kamu dan tubuhmu membentuk postur, kekuatan tubuh dan kebiasaan mobilitas yang lebih baik.

More Strength!

Latihan kekuatan, bila dilakukan dengan benar, akan menimbulkan robekan kecil (disebut microtear) pada otot kamu. Saat robekan otot ini sembuh, jaringan otot akan tumbuh kembali dan akan menebal secara alami. Inilah sebabnya mengapa latihan kekuatan membantu otot kamu tumbuh dan membesar! 

Pada kenyataannya, leg day benar-benar merupakan latihan yang melibatkan keaktifan seluruh tubuh. Squat depan dan belakang merangsang otot pada kaki, pinggul, bokong, inti, dan bahkan punggung, bahu, dan lengan kamu. Selain melatih kekuatan otot, leg day juga membantu kamu untuk meningkatkan serta mengatur besaran tenaga yang dikeluarkan tubuh untuk menjaga mobilitas tubuh tetap stabil. Efeknya? Meningkatkan daya tahan tubuh lebih baik lagi. Keren bukan? Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Postingan terbaru