Perbedaan Antara Material Suede dan Beludru

Perbedaan Antara Material Suede dan Beludru - Bahan suede merupakan jenis kulit yang di proses finishing sehingga menghasilkan tekstur lapisan halus. Namun, jenis kain ini kerap disamakan dengan bahan beludru. Apakah kedua jenis kain ini sama atau berbeda? Ketahui penjelasannya di sini.

Istilah suede diambil dari bahasa Prancis “Gants de Suede” dengan makna sarung tangan dari Swedia. Pada awalnya kain suede berasal dari kulit hewan, seperti rusa, kambing, domba, maupun sapi. Namun, sekarang sudah ada kain suede imitasi yang lebih mudah didapat dan cara merawatnya pun tidak sulit.

Perbedaan Bahan Suede dan Beludru 

Masih banyak orang yang menganggap kain jenis beludru dan suede ini kategori yang sama.Padahal, ada perbedaan mendasar dari kedua jenis bahan ini.Ini dia beberapa perbedaannya.

1.   Suede Itu Kulit, Beludru Itu Kain

Perbedaan mendasar dari bahan suede dan beludru adalah bisa kamu rasakan saat memegang tekstur keduanya. Kain suede adalah bahan yang berbahan dasar kulit hewan dengan proses dibalik dan disemak pada bagian dalamnya.Sedangkan kain beludru sendiri adalah bahan yang terbuat dari serat sutra

2.   Proses Pembuatan

Untuk bahan suede sendiri diproses dengan berbagai tahapan melalui cara tradisional. Tiap tahapannya pun lebih rumit sehingga menghasilkan produk yang cukup eksklusif.

Sedangkan, bahan beludru sendiri bisa diproses secara besar-besaran oleh pabrik kain. Jadi, seberapa lebar dan panjang ukurannya tidak akan menjadi masalah. Proses pembuatan kedua jenis kain inilah yang mempengaruhi nilai jual. Tentu kain suede harganya lebih mahal ketimbang beludru.

3.   Daya Tahan Terhadap Api

Untuk kain suede sendiri jika terkena api tidak akan terbakar bahkan serabutnya akan tetap utuh sampai bara api padam.Berbeda dengan bahan beludru yang akan terlebih dahulu terbakar hingga hangus.

4.   Perawatan yang Berbeda

Kain suede memiliki tekstur layaknya serat sutra asli. Sedangkan kain beludru memiliki permukaan titik-titik yang menjadi tekstur khasnya.

Postingan terbaru