Mengetahui Bagaimana Cara Membersihkan Tas Kulit dengan Benar

Cara membersihkan tas kulit itu penting kamu ketahui. Memang sebagian besar orang mengetahui jika bahan kulit lebih awet dan tahan lama, namun bukan berarti kamu tidak membersihkannya. Nah, bagaimana cara mencuci tas kulit? Langsung saja berikut ulasan selengkapnya.

Membersihkan Tas Kulit Patent

Tas dengan bahan kulit patent memang merupakan salah satu aksesoris menawan. Memiliki pori-pori yang rapat hingga tertutup membuat tas yang satu ini aman dan terlindung. Walaupun begitu, kamu juga perlu mengetahui bagaimana membersihkan tas kulit patent ini. Untuk lebih jelasnya, simak cara membersihkan bahan kulit paten di bawah ini.

-  Cobalah dengan menggunakan air terlebih dahulu

Terkadang kamu hanya membutuhkan sedikit air agar dapat membersihkan noda ringan, seperti sidik jari atau lecet. Untuk itu, kamu bisa membasahi kapas, cotton bud, hingga tisu dengan sedikit air, kemudian bersihkan nodanya.

- Pembersih jendela dalam mengatasi noda yang membandel

Jika noda di tas tidak bisa dibersihkan menggunakan air, maka cobalah untuk menggunakan pembersih jendela dengan bentuk semprot. Kamu bisa menyemprotkan nodanya dengan pembersih, kemudian seka menggunakan kain yang lembut atau tisu.

- Menggunakan petroleum jelly dalam mengatasi noda hingga warna kulit yang berubah

Kamu bisa mencelupkan tisu atau cotton bud ke dalam petroleum jelly, kemudian gosokkan pada noda dengan melakukan gerakan kecil dan melingkar. Tentunya bahan ini efektif dalam mengatasi noda berwarna. Dijamin tas kamu akan kembali menjadi baru sama halnya ketika kamu menggunakan laundry terkenal di Jakarta yang diperuntukkan untuk mencuci tas-tas bermerek.    

- Gunakan alkohol dalam mengatasi noda hingga perubahan warna yang membandel        

Celupkan cotton bud atau kapas ke dalam alkohol, lalu gosok noda tinta secara lembut dengan gerakan melingkar. Bagaimana jika nodanya tetap tidak hilang? Tenang, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba larutan penghilang cat kuku. Dan yang terpenting jangan lupa agar membersihkan penghilang cat kuku jika sudah selesai dilakukan. Penting kamu ingat bahwa penghilang cat kuku adalah bahan yang keras yang bisa merusak kulit. Untuk itu, selalu berhati-hati, ya!

- Jika nodanya menempel di permukaan tas, maka cobalah untuk menempelkan selotip

Untuk menghilangkannya, kamu bisa mengambil selembar selotip, lalu tempelkan, kemudian tekan pada noda, dan tariklah dengan cepat. Hal ini tentunya bisa digunakan pada noda lipstik, maskara, dan noda lecet.

Membersihkan Tas Kulit Suede

Bahan suede memang cantik digunakan sebagai pelengkap untuk dandanan kamu. Tampilannya yang cantik membuat siapa saja langsung terpesona dengan bahan ini. Maka dari itu, kamu bisa memilih tas kulit suede ini agar kamu bisa tampil semakin berkelas. Namun bagaimana membersihkan tas kulit jenis ini? Apakah sama seperti cara mencuci sepatu converse hitam atau cara mencuci sepatu wakai? Penasaran? Yuk langsung simak ulasannya di bawah ini.

- Siapkan sikat dengan bulu lembut

Nah, jenis sikat terbaik yang bisa digunakan untuk kulit suede yaitu sikat suede, yang dapat ditemukan pada peralatan yang ada pada tas suede kamu. Selain itu, kamu pun juga dapat menggunakan sikat manicure atau sikat gigi yang bersih. Namun jika kamu lebih memilih sikat gigi, gunakan sikat ini hanya untuk membersihkan tas suede saja, ya! Jangan digunakan untuk menyikat gigi juga, kan lucu jadinya!

- Menggunakan sikat untuk mengatasi tas yang terkena noda

Cara membersihkan tas kulit suede yang terkena noda bisa anda lakukan dengan cara melakukan gerakan pendek yang lembut. Gunakan selalu arah yang sama dan jangan menyikat tas secara bolak-balik. Hal ini tentunya dapat membantu dalam melonggarkan kotoran.

- Gosok area tas yang terkena noda dengan spons penghilang noda

Dimanakah mencari spons penghilang noda ini? Apakah di tempat cuci sepatu di Jogja atau di jasa cuci sepatu Semarang? Tentunya kamu bisa mendapatkan spons penghilang noda ini di toko kelontong terdekat dari rumah kamu, kok! Gosokkan spons secara lembut di area yang kotor secara bolak-balik sampai nodanya hilang.           

- Membersihkan tas dengan uap

Jika tas kulit sedikit kotor, maka cobalah untuk menggunakan uap. Cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggantungkan tas di kamar mandi sesudah kamu mandi air panas. Nah, udara yang lembab ini dapat melonggarkan noda, namun tidak akan membuat tas menjadi basah, kok! Jika sudah melakukan pembersihan menggunakan uap, maka biarkan tas kering dan gosoklah area tas yang terkena noda menggunakan sikat berbulu lembut.

- Bersihkan area tas yang terkena noda membandel dengan alkohol atau cuka

Basahi waslap terlebih dahulu dengan cuka putih atau alkohol, lalu gosok noda membandel dengan lembut. Kamu bisa membiarkan area tersebut hingga kering dan gosok kembali menggunakan sikat berbulu lembut. Jangan khawatir jika bau cukanya terlalu menyengat. Hal ini dikarenakan baunya akan hilang dengan sendirinya.

Membersihkan Bagian Dalam Tas Kulit

Jika pada pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui bagaimana cara membersihkan tas sesuai dengan jenis bahan yang digunakan, maka saatnya kamu mengetahui cara membersihkan di bagian dalam tas kulit. Nah, bagaimana caranya? Apakah cara membersihkannya sama seperti cara membersihkan dompet kulit? Dari pada membuatmu semakin penasaran, langsung saja simak pembahasannya di bawah ini.

- Kosongkan tas kulit

Keluarkan semua barang di dalam tas, lalu sisihkan. Tentunya hal ini adalah saat yang tepat memeriksa apakah ada pena di dalam tas yang tidak tertutup, dan menyisipkannya.

- Lalu balikkan, kemudian goncang-goncangkan tas

Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan kotoran dan debu yang ada di dalam tas. Jangan lupa untuk melakukannya di atas kotak sampah, ya!

- Bersihkan bagian dalam tas dengan rol pembersih (lint roller)

Terlebih dahulu letakkan tas dengan posisi menyamping. Kemudian tarik keluar bagian dalamnya. Lalu jalankan rol pembersih (lint roller) di lapisan tersebut, dan balikkan tas, selanjutnya lakukan di bagian lain. Jika tas kamu berukuran cukup besar, maka kamu dapat memasukkan rol pembersih (lint roller) ke dalam tas tanpa perlu membalikkan lapisan dalamnya. Bagaimana jika tidak memiliki rol pembersih (lint roller)? Kamu bisa menggunakan selotip, kok! Gunakan untuk menarik kotoran dan debu yang ada di dalamnya.

Bagaimana, mudah kan cara membersihkan beberapa jenis tas tersebut seperti halnya dengan cara membersihkan tas yang berjamur atau cara mencuci tas eiger? Namun untuk kamu yang masih ragu atau takut jika membersihkannya sendiri, maka kamu tidak perlu khawatir karena salah satu tempat yang bisa dipilih untuk mencuci tas, sepatu, hingga topi, adalah Shoes and Care. Segera buka https://shoesandcare.com/lokasi-workshop yang merupakan jasa perawatan premium hingga tempat untuk membeli alat pembersih sepatu, topi, dan tas terbaik.

Postingan terbaru