Mengenal Komponen Carbon Plate Pada Sepatu Lari

Jakarta, Shoes and Care - Olahraga berlari merupakan salah satu olahraga yang paling digemari saat ini. Selain bisa dilakukan dimana saja, olahraga lari merupakan kegiatan olahraga yang tidak memerlukan banyak peralatan, namun tetap bisa membakar kalori dengan efektif. Dalam melakukan olahraga lari, tentunya sepatu lari menjadi sahabat dalam melakukan kegiatan ini. Sepatu lari sendiri merupakan jenis sepatu khusus yang dirancang untuk digunakan saat berlari atau berlari jarak jauh dan didalamnya terdapat fitur-fitur untuk membuat kaki kita tetap nyaman dalam melakukan olahraga lari. Dewasa ini, sepatu lari mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam segi teknologi yang disematkan. Salah satu teknologi yang paling banyak digunakan ialah carbon plate. Komponen ini menjadi salah satu teknologi yang dapat membantu pelari merasa nyaman serta dapat meningkatkan kecepatan berlari dari pelari itu sendiri! Ingin tahu lebih lanjut seputar carbon plate? Mari simak artikel berikut ini!

Apa itu Carbon Plate?

Carbon plate pada sepatu lari adalah komponen inovatif yang telah diperkenalkan dalam desain sepatu lari modern untuk meningkatkan performa dan efisiensi para pelari. Carbon plate sendiri umumnya terletak di bagian tengah sol sepatu yang bertindak sebagai pelapis keras dan tipis yang terbuat dari bahan serat karbon. Carbon plate pada sepatu lari pertama kali muncul sekitar tahun 1990-an, brand pertama yang merilis sepatu ini adalah Reebok dengan artikel sepatu bernamana Graphlite Road. Awalnya, sepatu carbon plate didesain untuk meningkatkan stabilitas dan meningkatkan efektivitas penggunaan energi saat kita berlari. Menariknya, carbon plate ini bekerja secara bersamaan dengan sol sepatu dan berfungsi seperti papan lompat. Sehingga ketika kita lari, energi yang kita gunakan jadi lebih sedikit karena sepatu ini seakan-akan mendorong tubuh kita ke depan. Nah, daya dorong tambahan dari carbon plate ini pada akhirnya akan mempercepat speed lari kita tanpa menggunakan energi yang lebih banyak.

Pemakaian carbon plate pada sepatu lari mengalami peningkatan dari segi efek hingga kualitas, terkadang carbon plate juga dikombinasikan dengan teknologi-teknologi yang tidak kalah canggihnya. Sebagai contoh, pada tahun 2020 Nike merilis model terbaru dari seri Vaporfly, yaitu Nike ZoomX Vaporfly NEXT%. Sepatu ini juga menggunakan carbon plate, tetapi dengan tambahan teknologi dan material lain yang lebih canggih, seperti busa ZoomX yang ringan dan responsif. Sebelumnya, nike sudah pernah mengeluarkan sepatu lari dengan carbon plate pertama kali pada tahun 2016 dengan nama Nike Zoom Vaporfly 4%. Hingga kini, perkembangan teknologi sepatu lari dengan carbon plate terus berlanjut dan berbagai merek seperti Adidas, New Balance, dan Brooks juga telah mengeluarkan model-model sepatu dengan teknologi serupa.

Namun, penggunaan carbon plate dalam sepatu lari sempat memicu perdebatan di dunia atletik. Pasalnya beberapa orang menganggap carbon plate sebagai inovasi yang menguntungkan, sementara beberapa orang lainnya merasa bahwa teknologi ini dapat memberikan keuntungan yang tidak adil kepada para pelari dan merusak integritas kompetisi.

Efek Carbon Plate Bagi Pelari

Sepatu lari dengan carbon plate memang relatif nyaman dipakai dan tidak beda jauh feelnya dengan sepatu tanpa carbon plate. Selain itu, dibanding dengan sepatu lari biasa, sepatu dengan carbon plate memiliki fitur yang lebih membantu performa lari kita. Carbon plate memiliki beberapa efek yang menguntungkan bagi pelari, yaitu:

  1. Peningkatan energi kembali (Energy Return). Carbon plate dirancang untuk menyimpan dan melepaskan energi saat kaki mendarat dan mendorong ke depan. Ketika kaki mendarat, carbon plate akan sedikit melengkung dan menyimpan energi elastis. Saat kaki meluncur ke depan, plate akan kembali ke bentuk semula dan melepaskan energi tersebut, memberikan dorongan tambahan pada langkah berikutnya. Ini membantu pelari merasa lebih responsif dan ringan.
  2. Penghematan energi. Penggunaan carbon plate dapat membantu mengurangi konsumsi energi yang diperlukan selama berlari. Carbon plate membantu pelari untuk meluncur lebih efisien dengan sedikit usaha ekstra, dapat menghemat energi dan membantu pelari bertahan lebih lama.
  3. Penyempurnaan gaya lari. Carbon plate dapat mempengaruhi cara pelari melangkah dan mendorong. Beberapa pelari merasakan seperti "didorong maju" oleh sepatu dengan carbon plate yang dapat membantu dalam mengembangkan gaya lari yang lebih efisien.
  4. Peningkatan kecepatan. Banyak pelari juga merasakan peningkatan kecepatan mereka saat menggunakan sepatu lari dengan carbon plate. Efek dorongan dan penghematan energi dapat membantu pelari mencapai kecepatan yang lebih tinggi.
  5. Perlindungan dan Stabilitas. Meskipun carbon plate tidak secara langsung berhubungan dengan perlindungan fisik, struktur dan desain sol sepatu yang lebih kompleks sering kali ditemukan pada sepatu dengan carbon plate. Ini dapat memberikan dukungan tambahan kepada kaki dan membantu menjaga stabilitas saat berlari.

Itulah sedikit penjelasan mengenai carbon plate pada sepatu lari. Penting untuk kamu ingat bahwa manfaat yang diberikan oleh carbon plate dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor seperti gaya lari individu, jarak yang ditempuh, dan permukaan tempat berlari. Selain itu, tren penggunaan carbon plate dalam sepatu lari juga terus berkembang seiring waktu dan diikuti oleh brand-brand besar. Menariknya beberapa brand lokal juga sudah mulai berkembang pesat dalam membuat sepatu lari, bahkan ada yang juga telah menggunakan komponen carbon plate di produk mereka, contohnya seperti Ortuseight dan 910. Oleh karena itu, jika kamu tertarik untuk mencoba sepatu lari dengan carbon plate, disarankan untuk mencari merek dan model yang diakui serta melakukan uji coba sebelum memutuskan untuk menggunakannya dalam latihan atau perlombaan. Semangat olahraga!

 

Postingan terbaru