Kesalahan dalam Merawat Sepatu yang Perlu Kamu Waspadai!

Jakarta, Shoes and Care - Sepatu merupakan alat penunjang fashion yang bisa membuat kamu merasa pede saat melakukan aktivitas sehari-hari. Selain sebagai alas perlindungan kaki, sepatu juga menjadi barang lifestyle yang bisa kamu padukan dengan item fashion lainnya. Banyak brand-brand sepatu yang bukan hanya sebagai alas kaki, namun menjadi simbol status bagi penggunanya. Contohnya seperti Nike, Adidas, Puma, hingga brand kelas wahid seperti Gucci dan Raf Simons. Adapula brand lokal yang mampu bersaing dengan brand luar secara kualitas seperti Piero, Compass, Sepatu Kanky dan Saint Barkley. Jika ingin sepatu tetap awet dan keren, kita harus sering dan memperhatikan cara perawatannya tergantung dari bahan sepatu itu sendiri. Namun, ada beberapa kesalahan umum yang biasanya dilakukan pada saat kita melakukan perawatan sepatu. Artikel ini akan membahas kesalahan-kesalahan umum dalam merawat sepatu serta solusi terbaik untuk merawat sepatu agar tetap keren dan kece. 

Mencuci Menggunakan Detergen

Hal pertama yang harus kamu hindari saat sedang mencuci sepatu kesayanganmu adalah mencuci sepatu menggunakan bahan detergen. Bagi orang awam yang belum tahu, detergen pakaian biasanya mengandung bahan-bahan kimia yang keras serta sifat senyawanya yang panas. Meskipun tidak terlalu terlihat efeknya, apabila dilakukan secara berulang tidak akan baik untuk keawetan dan kualitas bahan sepatu kamu terutama yg menggunakan bahan kanvas dan suede. Solusi yang paling tepat adalah menggunakan cleaning kit khusus untuk sepatu, alternatif lainnya adalah menggunakan pasta gigi. Teknik mencuci juga perlu diperhatikan ya! Jangan menggosok terlalu keras dan dua arah, sebaiknya kamu mencuci secara lembut dan menggunakan teknik menggosok secara memutar layaknya menggosok gigi. Gunakan pula sikat gigi bekas dan jangan gunakan sikat yang kaku agar lapisan sepatu tetap terjaga dan mulus.

Menjemur Langsung Di Bawah Sinar Matahari

Panas matahari memang bisa membuat sepatu yang sudah dicuci menjadi lebih cepat kering. Tapi, menjemur langsung dibawah terik sinar matahari bisa membuat material sepatu mu cepat rusak lho! Sepatu yang terpapar langsung sinar matahari akan mengalami oksidasi sehingga menimbulkan yellowing pada sepatu putih dan warna sepatu akan cepat memudar. Nah, ada baiknya setelah sepatu dicuci cukup diangin-anginkan saja di tempat tidak terlalu terpapar oleh sinar matahari. Pastinya sepatu akan kering tanpa adanya kerusakan dari material sepatu kesayanganmu.

Dibungkus Dengan Plastik

Jika ingin menyimpan sepatu dalam waktu yang cukup lama, jangan dibungkus menggunakan plastik ya! Pasalnya, membungkus sepatu dengan plastik dapat menyebabkan sepatu tidak mendapatkan asupan udara yang cukup sehingga sirkulasi udara tidak lancar. Selain itu, udara didalam plastik akan menimbulkan bau yang tidak sedap ketika nanti dibuka. Sebenarnya tetap boleh disimpan didalam plastik, namun jangan terlalu lama. Selain membuat kamu tidak pede karena sepatu yang bau, sepatu juga akan lebih sulit dibersihkan. Solusinya, kamu bisa menyimpan sepatu dalam box sepatu yang kamu dapatkan saat membeli sepatu itu. Bisa juga kamu membeli rak khusus sepatu yang memang sudah teruji kualitasnya untuk menjaga sepatu dari kerusakan dan bau tidak sedap. Kotak sepatu bisa memberi jarak antar sepatu agar tidak mudah rusak. Namun, jika ingin menyimpan sepatu di rak yang terbuka, pisahkan setiap jenis sepatu untuk menghindari sentuhan jenis sepatu yang berbeda.

Sepatu Jarang Digunakan

Mungkin kamu terlalu sayang dengan sepatu mu, jadinya seringkali sepatu hanya menjadi pajangan dan jarang digunakan bahkan tidak pernah digunakan sama sekali? Perilaku ini bisa membuat sepatu mengalami kerusakan. Sepatu yang jarang atau bahkan tidak pernah dipakai mengakibatkan lem pada sepatu berpotensi kering dan merenggang lho. Outsole pada sepatu dan badan sepatu biasanya diberikan lem khusus agar kedua bagian sepatu bisa merekat dengan baik, dan jika menggunakan sepatu dengan sewajarnya maka daya tahan lem yang ada pada sepatu dapat bertahan hingga penggunaan dengan jangka waktu yang lama.

Terlalu Sering atau Jarang Dicuci

Sepatu yang terlalu sering dicuci juga tidak bagus, begitu juga kalau sepatu jarang dicuci. Sepatu yang jarang dibersihkan akan membuat kotoran menjadi plak dan akhirnya sulit untuk dibersihkan. Sepatu yang terlalu sering dicuci sedikit demi sedikit lapisannya akan mengalami pengelupasan dan kerusakan yang akan bertambah seiring waktu. Ada baiknya sepatu dicuci satu hingga dua minggu sekali, apabila sepatu nya jarang dipakai cukup gunakan tissue basah atau lap khusus sepatu untuk tetap menjaga kebersihannya agar tetap kinclong dan awet. 

 

Nah, itulah beberapa kesalahan umum yang terjadi dalam merawat sepatu kesayangan beserta tips dan solusinya. Buat kamu yang tidak ingin ribet atau tidak ada waktu yang cukup untuk merawat sepatu kesayangan kamu, Shoes and Care hadir dan berdiri paling depan untuk urusan merawat sepatu-sepatu kamu! Berdiri lebih dari 8 tahun, Shoes and Care memiliki lebih dari 50 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Jadi, tunggu apa lagi? Segera bawa sepatu kesayangan kamu dan serahkan perawatan dan kebersihannya pada Shoes and Care. Dijamin, sepatu kamu akan selalu seperti baru!

 

Postingan terbaru