Kelebihan Tas Kulit Dan Cara Perawatannya

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara mencuci tas kulit yang benar. Padahal hal mendasar seperti ini cukup penting karena bisa berpengaruh terhadap awet tidaknya tas kulit tersebut.

Keunggulan Tas Kulit Dibanding Tas Bahan Lain

Tas berbahan dasar kulit memang sudah dikenal sejak dulu. Tas kulit dikenal unik dan elegan sehingga tak heran jika tas dengan bahan kulit ini sangat populer di seluruh dunia. Namun berbicara masalah tas kulit tentu ada pro dan kontranya.

Banyak yang mengatakan bahwa tas kulit merupakan bentuk eksploitasi hewan karena secara tidak langsung membunuh hewan tersebut demi diambil kulitnya. Namun tak usah khawatir, karena kini ada kulit sintetis yang mana secara kualitas hampir sama dengan kulit asli. 

Keunggulan yang dimiliki oleh tas kulit ini, antara lain :

1. Tahan Lama

Alasan pertama mengapa tas kulit banyak diminati adalah karena terkenal keawetannya. Namun tentu saja hal ini harus diimbangi dengan perawatan yang tepat.

2. Perawatan Mudah

Berbicara soal cara mencuci tas kulit rasanya kamu tak perlu khawatir karena perawatan tas kulit ini terbilang sangat simple. Tak perlu mencuci afau merendamnya karena kamu hanya perlu menggunakan lotion atau baby oil untuk membersihkan noda pada tas.

3. Unik

Tas kulit memang selalu diminati karena jika dilihat dari model maupun coraknya memang terlihat beda dan unik sehingga tak akan banyak yang menyamai model tas kulit tersebut.

4. Selalu Trend 

Meskipun tas kulit sudah ada sejak jaman dulu, namun hingga sekarang tas ini masih banyak diminati. Perkembangan zaman tak membuat tas kulit meredup karena modelnya memang mengikuti trend tas yang ada.

Cara Mencuci Tas Kulit yang Tepat

Jika sudah tahu apa saja keunggulan dari tas kulit, maka tentu saja selanjutnya kamu harus tahu tentang cara membersihkan tas kulit. Berikut adalah beberapa tips mudah dalam mencuci tas kulit agar tetap awet.

Gunakan Sabun Khusus

Mencuci tas kulit agar awet tak boleh sembarangan, terutama dalam hal pemilihan sabun. Sebisa mungkin gunakanlah sabun yang memang khusus untuk bahan kulit. Atau alternatifnya kamu bisa menggunakan sabun bayi.

Yang perlu diingat adalah, jangan menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin. Hal ini untuk menghindari agar sabun tidak merusak permukaan atau teksturs tas kulit tesebut.

Bersihkan Dengan Kain

Gunakan kain yang permukaannya halus agar tidak menciptakan goresan pada tas kulit. Sebagai alternatif pilihan, kamu bisa menggunakan kain berbahan microfiber. Basahi kain tersebut  namun jangan terlalu basah.

Lap secara merata pada seluruh bagian tas. Pastikan semua kotoran, debu dan noda dibersihkan. Usahakan melakukan gerakan yang halus agar tidak merusak kualitasnya. Setelah itu diamkan tas sampai kering.

Tambahkan Pelembab Khusus Tas Kulit

Setelah tas kering, jangan lupa tambahkan pelembab khusus untuk tas kulit. Usap perlahan ke seluruh bagian tas. Tujuannya adalah agar bahan kulit tetap mengkilat serta mencegah jamur. Sehingga nantinya cara mencuci tas kulit yang sudah kamu lakukan akan memberikan hasil yang lebih maksimal.

Postingan terbaru