Cara Mencuci Sepatu Sneakers dengan Benar supaya Tetap Awet

Bagaimana cara mencuci sepatu sneakers? Ya, seperti yang diketahui bahwa sepatu sneakers memang sangat identik dengan tampilan yang sporty, casual, dan pastinya nyaman. Bahkan sepatu ini sangat mudah dipadu-padankan dengan pakaian kamu, dari mulai dress, kemeja, hingga pakaian formal sekalipun seperti jas. Namun agar sepatu ini bisa tetap awet, berikut bagaimana cara mencuci sepatu sneakers.

Siapkan Peralatan

Kamu memiliki sepatu sneakers di rumah, dan seringkali digunakan hingga akhirnya kotor? Nah, supaya sepatu sneakers kesayangan kamu tetap awet, pastikan kamu memiliki berbagai peralatan pendukung untuk mencuci sepatu tersebut. Tentu saja, cara mencuci sepatu tidak sama dengan cara membersihkan tas longchamp atau cara mencuci tas carrier. Saat mencuci sepatu ini, kamu pun harus mengenal bahan apa yang digunakan oleh sepatu tersebut. Biasanya bagian-bagian sepatu direkatkan menggunakan lem khusus yang tentunya bisa dengan mudah rusak ketika terendam air, terlebih lagi menggunakan air sabun. Wah, bisa jadi sepatumu langsung tidak bisa digunakan lagi deh! Untuk itu, jika kamu tidak ingin hal ini terjadi, berikut adalah beberapa peralatan yang harus kamu persiapkan agar dapat mencuci sepatumu.

- Sikat

Tahukah kamu bahwa sikat yang digunakan dalam mencuci sepatu sneakers terdiri oleh beberapa macam, lho! Nah, untuk bagian bawah sepatu, maka kamu dapat memilih sikat yang kasar. Sedangkan untuk bagian lainnya, maka gunakan sikat yang tidak terlalu kasar.  Tentunya kamu bisa menggunakan sikat gigi bekas. Jika dirasa perlu, maka boleh saja untuk membeli sikat khusus yang digunakan dalam mencuci sepatu. Hal ini dikarenakan pemilihan sikat yang tepat dapat menjaga supaya bahan pembuat sepatu tidak mudah rusak atau koyak.  

- Kain microfiber

Nah, tidak seperti kain biasa atau handuk, tentunya kain yang satu ini terbuat dari serat khusus yang tidak akan mudah menggores permukaan sepatu. Kegunaannya adalah mengelap sepatu setelah disikat menggunakan larutan pembersih.

- Larutan pembersih

Tentunya menggunakan deterjen bubuk tidak disarankan untuk membersihkan sepatu sneakers. Karena ketika kamu mencucinya menggunakan deterjen bubuk, bisa saja butiran-butirannya tidak larut dengan maksimal, bahkan dapat merusak bahan sepatu kesayangan kamu. Maka dari itu, gunakan merek cairan pembersih yang dikhususkan untuk sepatu, dan ketahuilah cara mencucinya seperti kamu mengetahui cara membersihkan tas branded atau cara membersihkan tas kulit warna putih. Nah, tidak ada salahnya jika kamu bisa mengeluarkan sedikit modal supaya sepatu sneakers bisa terlihat awet dan kinclong.

- Air bersih

Tentunya air bersih dibutuhkan agar dapat membasuh sepatu yang sebelumnya telah disikat. Tidak hanya itu saja, air bersih pun dapat kamu jadikan sebagai campuran larutan pembersih jika dibutuhkan. Hal ini dikarenakan ada beberapa larutan pembersih sepatu yang terkadang harus diencerkan menggunakan air.

Jika kamu sudah mempersiapkan berbagai peralatan, maka di bawah ini merupakan cara untuk mencuci sepatu sneakers dengan benar, yang tentunya berbeda dengan cara mencuci topi putih hingga cara mencuci tas sekolah.

Lepaskan Tali Sepatu

Tentunya kebanyakan dari sepatu sneakers terdapat tali sepatu yang sekaligus bisa dijadikan sebagai aksesoris tambahan pada sepatu tersebut. Selain itu, tali sepatu juga digunakan untuk menyesuaikan sepatu supaya terasa nyaman dan pas ketika dikenakan. Nah, sebelum mempraktikkan cara mencuci sepatu sneakers, maka lepaskan dulu talinya, lalu rendam ke larutan pembersih. Sesekali jangan lupa diremas ya agar dapat menghilangkan kotoran yang menempel, lalu bilas kembali dengan air bersih. Tentunya dengan melepaskan tali sepatu, maka akan memudahkan kamu dalam membersihkan bagian-bagian yang tertutupi oleh tali, terlebih lagi di sekitar lubang tali dari sepatu sneakers tersebut.

Bersihkan Outsole Terlebih Dahulu

Tahukah kamu bahwa outsoler adalah bagian sepatu paling bawah dan biasanya menapak ke tanah. Tentu bagian ini adalah bagian yang paling kotor, dengan begitu wajib kamu bersihkan. Namun bagaimana cara membersihkan outsole? Apakah sama seperti cara menghilangkan noda di tas? Tentunya tidak, ya! Kamu bisa menggunakan sikat yang sebelumnya sudah dibasahi, lalu teteskan cairan pembersih, dan sikat bagian outsole. Jika sudah, tinggal di lap deh menggunakan kain microfiber agar dapat menghilangkan sisa-sisa dari larutan pembersih. Jika masih terlihat kotor, maka sikat kembali dan lap lagi menggunakan kain hingga segala bentuk kotoran dan debu benar-benar menghilang.

Gunakan air dan cairan pembersih untuk menyikat midsole

Jika sudah membersihkan outsole, maka jangan lupa juga untuk membersihkan bagian bawah sepatu atau midsole yang terlihat ketika dilihat dari sisi samping. Untuk beberapa sepatu sneakers, biasanya bagian ini berwarna putih, dengan begitu akan terlihat amat dekil jika terkena oleh kotoran dan lumpur. Sama seperti ketika membersihkan outsole atau cara mencuci sepatu basket, maka kamu bisa membasahi sikat menggunakan air, lalu teteskan larutan pembersih. Kamu boleh juga kok menggunakan sikat yang sama, namun pastikan sudah terlebih dahulu dibersihkan ya! Sikatlah secara melingkar, lalu lap sampai bersih.  

Di Bagian Upper Shoes Gunakan Medium Brush

Nah, istilah upper sendiri merujuk ke bagian sepatu yang menutupi seluruh kaki. Tentunya bagian ini bisa terbuat dari berbagai bahan, dari mulai suede, kulit sintetis, hingga kanvas. Untuk membersihkan bagian ini, maka kamu harus memilih sikat yang lebih halus guna menghindari kerusakan di serat-seratnya. Lalu sikatlah dengan larutan pembersih, dan keringkan menggunakan kain microfiber. Nah, jika ada bagian yang memang sulit untuk dijangkau, maka kamu bisa menyikatnya menggunakan sikat gigi. Dan yang paling penting adalah jangan lupa juga menyikat bagian tongue yang terkadang tertutup oleh tali sepatu. Perhatikan dengan baik bagian lipatan yang sering kali menjadi sarang tumpukan kotoran.

Bersihkan Insole

Apa itu insole? Insole merupakan alas kaki yang ada di bagian dalam sepatu. Walaupun tidak terlihat, namun bagian ini juga harus dibersihkan karena merupakan tempat penumpukan keringat dan bakteri yang berasal dari kaki. Nah, singkatnya insole adalah sumber bau pada sepatu kamu, dengan begitu juga penting sekali dijaga kebersihannya. Jika sepatu sudah bersih sempurna, maka tinggal dikeringkan deh! Namun hindarilah untuk mengeringkan sepatu langsung di bawah sinar matahari ya, agar warna sepatu tidak cepat memudar.

Nah, untuk kamu yang tidak memiliki waktu mencuci sepatu sneakers sendiri, atau kebingungan bagaimana cara menghitamkan sepatu kain yang pudar hingga cara menghilangkan bau tas, maka kamu tidak perlu khawatir karena kini sudah ada Shoes and Care yang merupakan tempat terbaik untuk mencuci sepatu, tas, topi, hingga membeli alat pembersih sepatu, tas dan topi. Untuk itu, segera buka https://shoesandcare.com/lokasi-workshop sekarang juga!

Postingan terbaru