Alasan Sepatu Lari Tidak Bisa Dipakai Saat Olahraga Bulu Tangkis

Jakarta, Shoes and Care - Bulu tangkis merupakan salah satu olahraga yang cukup popular di Indonesia. Banyak juara dunia bulu tangkis pun berasal dari Indonesia. Kecintaan orang Indonesia terhadap bulu tangkis dapat terlihat baik dari anak hingga dewasa mereka bermain bulu tangkis di mana saja. Baik di lapangan bulu tangkis atau pun hanya sekedar bermain di pekarangan rumah. 

Kebanyakan orang memiliki sneakers yang merupakan sepatu lari untuk mereka gunakan pada aktivitas harian. Dan tidak sedikit dari mereka yang menggunakan sepatu lari yang mereka miliki untuk melakukan olahraga selain olahraga lari. Contohnya, masih sering sekali kita melihat orang bermain bulu tangkis dengan menggunakan sepatu lari atau running shoes

Tau kah kalian mengapa sepatu lari tidak disarankan untuk digunakan disaat bermain bulu tangkis ?

Menurut https://bulu tangkisshoesnow.com/ Perbedaan terbesar antara sepatu lari dan sepatu bulu tangkis terletak pada sol sepatu, fleksibilitas sepatu dan titik berat gravitas sepatu yang dirancang untuk dapat menjaga keseimbangan tubuh disaat melakukan gerakan dalam berolahraga. Sepatu bulu tangkis dapat dikatakan lebih halus karena solnya dibuat lebih lembut sehingga solnya akan lebih cepat aus. Pada artikel ini dijelaskan bahwa menggunakan sepatu lari untuk berolahraga bulu tangkis dapat berbahaya. Walaupun tidak begitu berbahaya menggunakan sepatu bulu tangkis untuk olahraga lari namun hal tersebut pun sangat disarankan. 

Dikutip dari https://shoesmist.com/ berikut adalah beberapa alasan mengapa artikel pada website ini tidak merekomendasikan menggunakan sepatu lari sebagai sepatu bulu tangkis :

  • Marks On Court / Dapat Meninggalkan Tanda Pada Lapangan 

Lapangan bulu tangkis biasanya terbuat dari lembaran PVC. Pada sepatu selain sepatu bulu tangkis mereka dapat meninggalkan tanda pada lapangan karena mereka di desain tidak untuk mencegah adanya tanda pada lapangan bulu tangkis. Sedangkan pada sepatu bulu tangkis, lugs di bawah sepatu bulu tangkis terbuat dari rubber atau karet yang dibuat untuk mencegah sepatu meninggalkan tanda pada lapangan. Hal ini merupakan etika dan tugas profesional seorang pemain badminton yang harus dijaga dan dipatuhi.

  • Stability /Stabilitas

Sepatu bulu tangkis dibuat dengan tingkat stabilitas yang tinggi yang dapat menunjang gerakan pemain dalam bermain bulu tangkis. Tidak seperti pada sepatu lari.

  • The Wider Base / Alas Sepatu Yang Lebar

Alas sepatu yang lebar pada sepatu bulu tangkis secara spesifik didesain untuk mencegah pemain bulu tangkis terjatuh dan membungkuk. Alas sepatu yang lebar membuat pemain stabil dalam melakukan gerakan selama bermain bulu tangkis. Bibir sekitar sepatu bulu tangkis juga di desain untuk dapat stabil mempertahankan posisi  tubuh untuk tidak terlalu condong jatuh ke depan atau pun ke belakang. Sedangkan sepatu lari di desain memiliki alas yang kecil dan untuk menopang gerakan tubuh yang berlari mengarah ke depan secara berkelanjutan.

  • Sol Anti Slip

Sepatu bulu tangkis memiliki sol yang terbuat dari rubber yang berfungsi meningkatkan daya gesekan antara sepatu dan lapangan, sehingga dapat mengurangi resiko pemain terpeleset di lapangan. Sedangkan jika menggunakan sepatu lari pada lapangan bulu tangkis, sepatu lari akan terasa sangat licin disaat menginjak lapangan bulu tangkis, sehingga dapat sangat berbahaya.

  • The Mid-Sole

Permainan bulu tangkis bukanlah olahraga dengan satu gerakan seperti halnya lari. Bulu tangkis merupakan olahraga yang mengkombinasikan beberapa gerak seperti berlari dan melompat atau gerakan berpindah dari satu sisi ke sisi lainnya, baik kea rah depan mau pun belakang. Gerakan yang dilakukan dalam bermain bulu tangkis menciptakan daya tekanan tubuh secara tiba-tiba pada midsol sepatu. Sehingga membutuhkan sepatu dengan midsol yang dapat menyerap tekanan tersebut. Pada sepatu bulu tangkis teknologi gel pada midsolnya mampu menyerap tekanan tubuh pemain.

  • Protection

Sepatu bulu tangkis di desain dengan material keras pada bagian jari-jari kaki untuk dapat melindungi jari-jari kaki pemain. Sedangkan pada sepatu lari tidak.

Liam Walsh seorang pemain bulu tangkis dan sekaligus pelatih asal Manchester, Inggris menulis pada artikelnya di https://www.badmintonsbest.com/ “anda tidak dapat menggunakan sepatu lari untuk bermain bulu tangkis. Sepatu lari dirancang khusus untuk dapat dapat mencengkram dan sebagai penyangga tubuh disaat berlari maju atau mundur. Anda tidak mendapatkan perlindungan yang cukup pada pergelangan kaki anda disaat melakukan gerakan memutar, berputar dan melompat disaat bermain bulu tangkis”.

Maka gunakanlah sepatu bulu tangkis kalian disaat kalian berolahraga bulu tangkis dan gunakan sepatu lari kalian saat kalian berolahraga lari.

Postingan terbaru