8 Benda Rumahan yang Bisa Dipakai untuk Cara Mencuci Sepatu Putih

Apa kalian pernah mencoba cara mencuci sepatu putih? Bagaimana hasilnya?

Sekilas, membersihkan sepatu bersih terdengar mudah. Namun, ceritanya bakal berbeda kalau alas kaki tersebut digunakan untuk berbagai aktivitas luar ruangan. Ketika permukaannya terkena kotoran seperti lumpur, air kotor, atau kerikil, proses pencucian bakal lebih susah gara-gara nodanya yang membandel.

Kadang cara mencuci sepatu kulit terasa lebih mudah dibandingkan sepatu putih yang kadung menguning. Berkali-kali digosok atau dicuci dengan produk tertentu, warna sepatu tak putih seperti sedia kala. Kalian malah akan mendapati permukaan sepatu yang menipis, lecet, atau sobek kalau jenis bahan yang digunakan kurang kuat.

Bagaimana cara membersihkan sepatu putih yang tepat?

Kabar baik buat para penggemar sepatu putih: peralatan yang dipakai buat mencuci alas kaki ini ternyata bisa diperoleh di rumah. Lalu, apa saja item yang bisa dimanfaatkan untuk mengembalikan warna pada sepatu putih tanpa merusak teksturnya?

1. Semir Sepatu

Jika kotoran yang terdapat pada permukaan sepatu belum terlalu parah, kalian sebaiknya jangan langsung menerapkan cara mencuci sepatu sneakers. Ternyata dengan semir sepatu saja kalian bisa memoles sepatu, paling tidak untuk sementara waktu.

Ya, perlu kalian ingat kalau semir sepatu tak hanya berwarna hitam. Beberapa produsen merilis semir sepatu putih yang bisa dimanfaatkan buat menutupi kotoran. Gosokan perlahan dan merata supaya sepatu kesayangan kalian tak cepat rusak.

2. Sabun dan Air

Kalian pasti sudah familiar dengan dua pembersih ini. Membersihkan sepatu putih dengan sabun dan air adalah metode paling umum yang digunakan banyak orang. Walau demikian, kalian harus hati-hati untuk menjaga kualitas bahan maupun jahitan pada alas kaki.

Ketika menerapkan cara mencuci sepatu suede dengan sabun dan air, jangan lupakan bagian dalam sepatu yang kadang terlewat. Pasalnya di sana ada endapan kotoran dan keringat yang berpotensi jadi tempat berkembang biaknya jamur serta bakteri penyebab bau kaki.

3. Soda Kue dan Cuka

Bisa dikatakan soda kue adalah bahan serbaguna karena sering digunakan untuk mengangkat kotoran pada berbagai permukaan barang. Ternyata, kalian juga bisa mengandalkannya dengan menambahkan cuka putih dan air panas untuk kemudian dibuat menjadi pasta kental.

Selanjutnya, gosokan pasta tersebut ke permukaan sepatu secara merata memakai sikat gigi. Diamkan selama 3-4 jam dan simpan di bawah sinar matahari sampai mengeras. Cara berikutnya dalam cuci sepatu ini adalah mencungkil pasta yang sudah kering total.

4. Pasta Gigi dan Sikat

Tidak ada soda kue dan cuka di dapur? Kalian bisa memakai pasta gigi dan sikat sebagai opsi alternatif pembersihan sepatu. Bahan-bahan yang terkandung dalam komposisi pasta gigi bukan cuma bisa mengangkat kotoran dari gigi, melainkan juga benda seperti sepatu.

Bagaimana cara cuci sepatu Jakarta Barat dengan pasta gigi dan sikat? Cukup oleskan pasta gigi ke permukaan sepatu putih, lalu sikat secara perlahan sampai kotoran memudar. Jika dibutuhkan, pakai lap atau handuk yang sudah dibasahi untuk membasmi kotoran sampai benar-benar hilang.

5. Sampo atau Detergen

Kalau sepatu kesayangannya terbikin dari kanvas atau material sejenis, maka sampo dan detergen bisa dipakai sebagai bagian perawatannya. Namun, kalian juga harus memastikan bahan detergen tak terlalu keras untuk menghindari kerusakan bahan sepatu.

Cara mencuci sepatu putih dengan sampo dan detergen tak jauh berbeda dengan pasta gigi. Kalian oleskan detergen atau sampo pada bagian yang terkena kotoran, lalu sikat pelan-pelan. Tambahkan air sedikit saja untuk membuang residu sampo dan detergen dari sepatu.

6. Pemutih

Hati-hati saat kalian akan memakai pemutih untuk menumpas kotoran membandel pada sepatu putih. Seperti yang kalian tahu, produk ini terbuat dari bahan-bahan dengan zai bersifat korosif. Maka dari itu takaran yang digunakan biasanya sedikit.

Akan tetapi, kalau terdesak, pastikan kalian menyikatnya perlahan dengan sikat sampai kotoran terangkat dari alas kaki secara menyeluruh.

7. Alkohol

Seperti halnya pemutih, alkohol termasuk bahan keras yang takarannya tak boleh sembarangan. Penggunaan produk ini pun sebaiknya dilakukan kalau kalian kehabisan barang-barang sebelumnya atau sedang terburu-buru dan tak sempat datang ke tempat cuci sepatu.

Untuk mengaplikasikan alkohol pada sepatu putih, tuangkan secara merata pada bagian yang terkena kotoran atau noda. Kemudian, gosok memakai alat tertentu seperti sikat bekas supaya kalian tak terkena paparan alkohol yang berisiko menyebabkan pengelupasan kulit.

8. Penghapus

Kalian mungkin bertanya-tanya bagaimana penghapus bisa membantu dalam membersihkan sepatu putih? Walau terdengar mustahil, kenyataannya item ini dapat membantu kalau digunakan dengan tepat dan sesuai dengan bahan sepatu.

Pemakaian penghapus akan lebih efektif saat kalian menerapkannya untuk sepatu berbahan suede. Gosokan penghapus dari arah berlawanan sampai noda benar-benar hilang. Bersihkan dengan lap atau handuk untuk mengangkat residu.

Simpan sepatu putih kesayangan baik-baik!

Entah dengan enam metode di atas atau memakai jasa laundry terbaik di Jakarta, sepatu putih kesayangan kalian harus disimpan baik-baik sebagai bagian dari perawatan dengan memperhatikan hal-hal berikut ini:

· Pilih tempat yang sesuai. Beberapa orang memilih menyimpan sepatu putihnya di rak, tetapi akan lebih baik kalau kalian menaruhnya kembali di dalam kotak. Langkah ini bertujuan untuk menjaga sepatu kering dan terhindar dari kelembaban tinggi;

· Letakan dalam arah yang berbeda. Kalau tempat yang kalian pakai terbilang kecil, siasati dengan meletakkan sepatu dalam arah berlawanan. Hal ini juga akan menjaga kotak dari kerusakan;

· Kelompokkan sesuai waktu pemakaian. Setelah diambil dari tempat cuci sepatu, tempatkan sepatu berdasarkan waktu pemakaiannya. Pastikan juga posisi rak atau lemari yang dipakai mudah kalian jangkau;

· Jangan menelantarkannya di lantai. Salah satu kebiasaan yang masih dilakukan banyak orang adalah membiarkan sepatu tergeletak di lantai setelah dipakai. Padahal kebiasaan ini hanya akan membuat permukaan sepatu cepat kotor dan rusak;

· Gunakan rak sepatu miring. Tip selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kualitas dan kebersihan sepatu putih adalah menatanya dalam rak sepatu miring. Dengan begitu, alas kaki bisa ‘bernafas’ sejenak.

Satu lagi langkah yang bisa kalian lakukan buat menjaga sepatu putih supaya awet dipakai adalah membawanya ke tempat cuci sepatu di Surabaya secara berkala. Apalagi sekarang ada banyak jasa pembersihan sepatu profesional seperti Shoes and Care.

Melayani sejak Oktober 2013, Shoes and Care sudah ada dilebih 20 kota di Indonesia menawarkan layanan pembersihan sepatu, tas, hingga topi. Kami juga menyediakan peralatan dan produk pembersih berkualitas tinggi buat cara mencuci sepatu bersih. Nah, buat kalian yang membutuhkan jasa Shoes and Care, cek workshop kami di https://shoesandcare.com/lokasi-workshop!

Postingan terbaru