7 Tips Memilih Jurusan Kuliah

Jakarta, Shoes and Care - Daftar kuliah besok ambil jurusan apa ya? pertanyaan semacam ini sering muncul di benak kita, para pelajar yang baru lulus SMA dan ingin meneruskan ke jenjang kuliah. Memilih jurusan kuliah bisa sangat membingungkan. Berapa banyak jurusan yang ada di perguruan tinggi? Bagaimana menentukan jurusan perguruan tinggi yang tepat? 

Ada yang sudah menentukan pilihan jurusan kuliah, namun ada juga yang masih bingung menentukan jurusan apa yang diambil. Bahkan ada yang tidak tahu apa saja jurusan kuliah. Selain itu, beberapa orang bingung memilih jurusan di universitas yang dipilih oleh orang tuanya atau dipilih sendiri.

Jika saat ini kalian masih bingung, kami akan memberitahu kalian 7 Tips Memilih Jurusan Kuliah

  • Cari Tahu Berbagai Jurusan Kuliah 

Jika kamu masih awam banget dan kurang mengerti banyaknya jurusan kuliah di berbagai Universitas, cari tahu berapa banyak jurusan perguruan tinggi yang ada. Pelajari tentang setiap bidang pengetahuan, prospek alumni, dan apa lagi yang perlu kalian ketahui.

  • Ketahui Passion

Cara pertama untuk memilih jurusan kuliah adalah dengan mengetahui passion atau kegemaranmu. Pertimbangkan passion yang kalian punya dengan jurusan kuliah yang ingin kalian pilih. Karena jika sesuai dengan passion biasanya kita akan lebih mudah dan senang menjalaninya.

  • Pahami Minat dan Bakat

Tips ketiga memilih jurusan kuliah yaitu mengenal minat dan bakat dalam diri kita masing-masing. Selama menempuh pendidikan hingga saat ini hal apa yang kalian peroleh, bakat apa yang sudah kalian temukan dan tertarik di bidang yang seperti apa. Jika sudah yakin maka putuskan jurusan kuliah yang menurut kalian sesuai dengan potensi diri kamu.

  • Ketahui Peluang Kerja

Selain potensi diri, tips memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah dengan memperhatikan peluang kerja jurusan tersebut saat memilih jurusan. Untuk mengetahui jurusan mana yang memiliki peluang kerja paling banyak, kita perlu mengikuti perkembangan dunia dan selalu belajar hal-hal baru.

  • Konsultasi dengan Orang Dekat yang Berpengalaman

Diskusikan dan meminta pendapat untuk berbagai pilihan jurusan kuliah yang ada saat ini dengan ahlinya, berkonsultasi dengan individu yang lebih berpengalaman atau seseorang yang profesional di dunia kerja. 

Orang yang berpengalaman dan memiliki kapasitas dapat memberi kita sudut pandang dan pengetahuan baru yang fresh.

  • Cari tahu dan Hitung Biaya yang Diperlukan

Tips yang tak kalah penting untuk memilih bidang studi adalah mencari tahu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk lulus nanti. Beberapa Universitas memiliki kebutuhan biaya yang berbeda tergantung jurusan yang dipilih. 

Mengetahui berapa banyak yang kalian butuhkan juga sangat penting. Jangan putus kuliah sebelum waktunya karena tidak punya uang untuk melanjutkan studi.

  • Memilih Jurusan Jangan Ikut-ikutan Temen

Setiap orang memiliki kemungkinan dan impian yang berbeda. Sesuaikan dengan minat bakat yang kalian punya. Ikuti kata hati kalian masing-masing. Kebutuhan dan ketertarikan setiap individu berbeda-beda jadi hindari mengikuti jurusan orang lain.

Apakah sudah tercerahkan teman-teman? Setelah mengetahui 7 tips diatas tadi, semoga kamu bisa meyakinkan diri kalian masing-masing ya, dan jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha.

Postingan terbaru