7 Tips Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat

Jakarta, Shoes and Care - Di sekitar kita sering sekali kita dengar banyak orang berbicara menggunakan istilah-istilah bahasa Inggris yang digabungkan dengan bahasa Indonesia. Bagi kalian yang belum memiliki berbahasa Inggris dengan baik dan benar jangan berkecil hati. Asalkan kalian memiliki motivasi yang tinggi untuk dapat menguasai bahasa Inggris maka kalian akan dapat cepat bisa.

Ada beberapa cara mudah untuk dapat belajar bahasa Inggris dengan cepat, berikut 7 tipsnya :

  • Belajar Melalui Teks Pada Film

Jika kalian punya hobi atau kegemaran menonton film, kalian dapat belajar bahasa Inggris melalui teks bahasa Indonesia yang tertera pada film berbahasa Inggris tersebut. Dengan mencoba melafalkan suatu kata atau kalimat dalam bahasa Inggris secara berulang-ulang. Coba ikuti sesuai dengan bagaimana aktor pada film itu ucapkan. Lalu kalian coba tuliskan pada sebuah buku atau kertas. Tulis juga arti dalam bahasa Indonesianya. Usahakan untuk mencari tahu pada kamus bahasa Inggris apakah kata per kata yang kalian tulis sudah benar. Cari tahu juga arti perkatanya. Karena dalam bahasa Inggris arti per kata dapat berbeda dengan arti di dalam sebuah kalimat. Dengan cara tersebut secara tidak langsung kalian telah belajar terkait dengan vocabulary, frase dan pronounciation atau pelafalan. 

  • Belajar Melalui Musik

Untuk kalian yang gemar mendengarkan musik. Kalian juga dapat mempelajari bahasa Inggris dengan mendengarkannya. Jika kalian mendengar suatu lagu berbahasa Inggris, coba untuk mencermati kata per kata pada lagu tersebut lalu tulis sesuai dengan yang kalian dengar. Coba untuk menyanyikannya kembali sesuai dengan yang kalian dengar. Jangan dulu mencari liriknya. Setelah kalian merasa satu lagu itu telah sempurna kalian nyanyikan kembali. Baru setelah itu kalian cocokkan lirik yang kalian tulis dengan lirik sebenarnya. Sehingga kalian dapat mengetahui yang mana yang salah dan yang mana yang benar. Tidak sampai di situ, kalian harus mencari tahu artinya dan makna dari lagu tersebut.  

  • Belajar Melalui Lirik Lagu

Metode satu ini kebalikan dari metode sebelumnya. Dalam metode ini, setelah kalian menyukai sebuah lagu. Kalian mencari lirik lagu tersebut, lalu setelah itu mencoba mengucapkan secara benar kata per kata pada lirik tersebut seperti layaknya penyanyi yang menyanyikannya. Setelah itu kalian mencari tahu arti kata per kata dan makna dari kalimat-kalimat pada lirik tersebut. 

  • Belajar Melalui Menulis

Jika kalian lebih menyukai menulis. Coba tulis sebuah cerita dalam bahasa Indonesia atau menulis sesuatu dalam bahasa Indonesia. Lalu sambil membuka kamus kalian ubah tulisan kalian ke dalam bahasa Inggris. Setelah itu coba untuk membacanya. Cek pada aplikasi suara pada google translate apakah cara menyebutkan suatu kata telah benar.

  • Belajar Melalui Membaca

Bagi kalian yang gemar membaca beli buku berbahasa Inggris dengan tema yang kalian sukai. Coba untuk memahami kata per kata, kalimat per kalimat dibantu dengan kamus. Lalu jika kalian memiliki waktu cobalah membaca dengan suara untuk mengetahui apakah kalian telah mengucapkannya dengan benar.

  • Belajar Melalui Benda-Benda Sekitar 

Cara satu ini sebenarnya tahapan belajar untuk lebih memiliki banyak bank kata dalam bahasa Inggris. Picu diri kalian untuk menyebutkan benda-benda yang ada di sekitar kalian dalam bahasa Inggris. Jika kalian tidak mengetahuinya, buka kamus dan cari tahu serta coba ucapkan dengan baik dan benar. 

  • Selalu Melatih Dengan Cara Mengobrol

Pupuk kepercayaan diri kalian untuk mencoba berbicara dalam bahasa Inggris dengan teman atau orang yang kalian kenal namun mereka memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, sehingga mereka bisa mengoreksi jika kalian membuat kesalahan dalam pelafalan atau pun penyusunan struktur kalimat. Tentunya kalian dapat melakukan metode ini disaat kalian sudah memiliki cukup bank kata dalam bahasa Inggris.

Kesimpulannya jika kalian memiliki keinginan besar untuk belajar maka akan ada banyak cara untuk menguasai apa yang kalian inginkan. Jangan mudah menyerah dan konsisten dalam proses belajar maka kalian akan menuai hasil yang luar biasa. 

Postingan terbaru